Abstrak
Artikel
ini membahas tentang pentingnya layanan pelanggan untuk kesuksesan sebuah
bisnis atau usaha. Latar belakang dari artikel ini sendiri adalah masih
kurangnya pelayanan pelanggan yang baik. Hal ini menyebabkan sebagian bisnis
atau usaha menganggap pelanggan sebagai pembeli produk atau jasa saja. Artikel ini
disusun bertujuan agar pelaku bisnis atau usaha mengetahui bahwa layanan
pelanggan yang baik dapat memberikan kesuksesan untuk bisnis atau usahanya. Pelaku
usaha juga harus mulai memikirkan cara untuk memenuhi keinginan serta harapan
pelanggan, salah satunya yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang lebih baik
dibanding pesaing.
Keywords:
Layanan pelanggan, bisnis, usaha, pelanggan.
Pendahuluan
Dalam
era perdagangan bebas, setiap bisnis akan menghadapi persaingan yang ketat.
Meningkatnya intensitas persaingan menuntut suatu bisnis untuk selalu
memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta berusaha untuk memenuhi
harapan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari
pada yang dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian, hanya bisnis yang
berkualitas yang mampu bersaing dan menguasai pasar. Setiap bisnis dituntut
untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan
yang lebih baik, mengingat setiap bisnis harus mampu untuk mempertahankan
posisi pasarnya di tengah persaingan yang semakin katat untuk memenangkan
persaingan yang dimana suatu bisnis harus mampu memberikan kepuasan pada
pelanggan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh setiap bisnis untuk memuaskan pelanggan
dalam pelayanan kebutuhan konsumen dengan berbagai strategi dan berbagai cara
dengan harapan agar pelanggan merasa puas dan selanjutnya untuk datang kembali.
Upaya memberikan pelayanan adalah melayani pelanggan dengan baik, memenuhi
kebutuhan yang diinginkan pelanggan, bangun hubungan kerja sama dengan baik
agar pelanggan percaya dan terus bekerja sama.
Permasalahan
Bagi
pemilik usaha, pelanggan mungkin dianggap sebagai pihak yang membeli produk
atau jasa. Namun, sebenarnya peran pelanggan bagi kelangsungan sebuah usaha
jauh lebih besar dari itu. Mau sebesar apapun sebuah usaha, jika tidak memiliki
pelanggan tetap usahanya tidak akan berjalan. Tanpa adanya pelanggan, usaha
tidak dapat menjual produknya. Saat produk tidak terjual, maka usaha pun akan
kesulitan untuk mendapatkan pemasukan, ini artinya biaya produksi pun tidak
akan terpenuhi. Hal inilah yang mengakibatkan kegiatan produksi tidak bisa
berjalan dan usaha terancam gulung tikar atau mengalami kebangkrutan.
Pembahasan
Hubungan
antara perusahaan dan pelanggan adalah saling membutuhkan atau simbiosis
mutualisme. Pelanggan membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan dan
begitupun sebaliknya. Sebagai pemilik bisnis atau usaha juga membutuhkan
pemasukan dari pelanggan agar kegiatan produksi perusahaan dapat tetap
berjalan. Layanan pelanggan menjadi aspek terpenting dari sebuah bisnis atau
usaha. Karena faktanya pelanggan akan beralih ke pesaing hanya karena satu
pengalaman layanan pelanggan yang buruk. Berikut merupakan alasan mengapa
layanan pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis atau usaha, yaitu:
1. Reputasi
Kesan
pertama dan terakhir ini tidak diragukan lagi, saat berusaha memberikan
pengalaman yang baik dan positif kepada pelanggan itu akan mempengaruhi
pandangan mereka terhadap bisnis yang dimiliki dengan cara yang positif. Dan
ketika berulang kali memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, mereka
akan membantu penyebaran berita tentang bisnis atau usaha tersebut. Baik dari
mulut ke mulut atau dari media sosial, yang nantinya publik akan belajar
tentang tingkat layanan pelanggan yang diberikan dan akan lebih cenderung
memilih usaha anda daripada usaha pesaing.
2. Customer
Relationship
Sebenarnya
layanan pelanggan adalah tentang membangun hubungan dengan pelanggan. Ini
merupakan jenis hubungan antara bisnis dengan pelanggannya yang membuat mereka
merasa diperhatikan dan didengarkan. Ini memiliki arti bahwa layanan pelanggan
yang tepat tidak hanya tentang menjual produk atau layanan pelanggan, tetapi
juga memenuhi kebutuhan pelanggan sebelum, selama dan setelah pembelian untuk
memberikan mereka kesan dan pengalaman terbaik dengan bisnis atau usaha yang
dimiliki.
3. Membantu
Efisiensi Bisnis
Peran
pentingnya pelanggan bagi perusahaan berikutnya adalah pelanggan terbukti dapat
membantu efisiensi perusahaan. Jika perusahaan memiliki sekelompok pelanggan
yang loyal, maka tingkat retensi pelanggan pun cenderung tinggi. Dengan begitu,
tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk strategi mempertahankan
pelanggan. Efisiensi perusahaan pun dapat dicapai karena dapat menekan
pengeluaran.
4. Berdampak
Seluruh Bisnis
Segala bentuk sikap dan perbuatan akan mencerminkan bisnis yang dijalankan, jika memberikan pelayanan dengan baik, orang secara natural akan berasumsi produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya jika memberikan pelayanan yang buruk, orang juga akan berasumsi produk yang dijual tidak jauh lebih baik. Sehingga pelayanan yang diberikan akan berdampak besar ke seluruh bisnis.
Kesimpulan
Dapat
disimpulkan bahwa peran pelayanan pelanggan terhadap bisnis atau usaha menjadi
sangat vital. Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan mendapatkan
keuntungan yang luar biasa untuk bisnis yang dijalankan. Karena pelanggan tidak
hanya melihat kualitas produk yang ditawarkan, namun mereka juga melihat cara
bersikap kepada mereka tentan baik atau buruk. Maka dari itu, tingkatkan terus
pelayanan terhadap pelanggan demi kelancaran dan kesuksesan bisnis yang
dimiliki.
Daftar
Pustaka
Setiowati,
Restia. (2020). Mengapa Layanan Pelanggan Sangat Penting Bagi Bisnis Anda. Qiwii.
Turboly.
(2017). Penting Pelayanan Terhadap Konsumen. Dalam https://turboly.com/blog/2017/04/MENGAPA-CUSTOMER-SERVICE-BEGITU-PENTING.html
Sodexo.
(2020). Pentingnya Pelanggan bagi Perusahaan. Dalam https://www.sodexo.co.id/pentingnya-pelanggan-bagi-perusahaan/
Sahabat
UMKM. Pentingnya Kepuasan Pelanggan untuk Menciptakan Konsumen Loyal. Dalam https://sahabatumkm.id/galeri/pentingnya-kepuasaan-pelanggan-untuk-menciptakan-konsumen-loyal
Modul Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar