RAJIB FAHMI (@V27-Rajib)
ABSTRAK:
Pada era digital
saat ini banyak
sekali persaingan pada dunia bisnis,kepuasan konsumen merupakan salah
satu modal utama
dalam memulai suatu bisnis.
dalam satu istilah
terdapat sebutan bahwa pelanggan
adalah raja. karena dengan adanya
konsumen,suatu bisnis dapat berkembang dan
bertahan. kepuasan konsumen adalah suatu indikator yang menunjukkan respon
kualitas suatu produk
yang dibuat dan
suatu pelayanan yang sudah
diberikan.Apabila respon
yang mereka berikan
bagus, maka mereka
akan loyal terhadap pruduk
yang kita buat.
maksud dari konsumen yang
loyalitas ialah bahwa konsumen tersebutakan
membeli produk kita secara
berulang dan tidak
memilih merek merek yang
menjadi pesaing dalam
bisnis kita. Maka dengan
adanya hubungan yang
positif dengan Kepuasan konsumen
kita maka hal
tersebut akan meningkatkan profit
bagi usaha kita
setiap bulannya.
Kata Kunci: Kepuasan konsumen,
Loyalitas Pelanggan, Bisnis
PENDAHULUAN
Pada era digital
saat ini banyak
sekali persaingan pada
dunia bisnis,kepuasan
pelanggan adalah salah
satu kunci utama. Mengapa kepuasan konsumen dapat disebut sebagai hal yang
penting dalam berbisnis? Karena apabila
tingkat kepuasan konsumen kita tinggi,maka konsumen tersebut
bepotensi memiliki loyalitas untuk membeli Kembali barang tersebut. Kemudian
karena hal tersebut bisnis yang kita buat maka dapat bertahan lama dan
terus meningkatkan omzet
yang kita peroleh
pada setiap bulannya.
Selain dengan keuntungan tersebut apabila bisnis kita sudah terkenal
dengan pelayanan terhadap konsumen,maka
hal tersebut juga
akan membuat konsumenkita semakin
banyak dari hari ke hari.kepuasan
konsumendapat menunjukan bahwa bisnis yang dijalankan tersebut akan berjalan
dengan baik atau tidak. Jika tingkat kepuasannya tinggi maka bisnis yang
dijalankan akan semakin
baik sedangkan apabila
tingkat kepuasan konsumen rendah
maka bisnis yang
kita jalankan akan
tidak berjalan dengan
baik bahkan lama-kelamaan akan mengalami bangkrut. Kepuasan
pelanggan merupakan suatu tanggapan dari konsumen atas kinerja yang telah
diberikan sesuai dengan harapan pelanggan. Menurut Band (1991) dalam
(Setiyawati,2009) kepuasan pelanggan merupakan suatu tingkatan dimana
kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang akan
mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut.
Pentingnya kepuasan pelanggan bagi pebisnis yaitu demi mempertahankan
kelangsungan hidup bisnis tersebut dalam jangka panjang.
PEMBAHASAN
Pelanggan adalah raja. Artinya, kepuasan pelanggan menjadi nomor
satu dalam bisnis. Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh
suatu bisnis memengaruhi keputusan pembelian mereka. Bukan hanya pelayanan
kepada calon pelanggan, hal yang sama juga berlaku untuk pelanggan tetap, jika
pelayanan memuaskan, maka mereka akan memberikan kepercayaan lebih. Tidak
jarang, seseorang batal membeli barang, karena mereka tidak dilayani dengan
baik, atau karena pertanyaan yang tidak dijawab. Bisnis yang mementingkan
pelanggan di atas keuntungan adalah bisnis yang mampu bertahan dalam persaingan
yang ada.Memberikan pelayanan terbaik bukan tentang anggapan bahwa pelanggan
selalu benar, tapi mengenai kemampuan memberikan pelayanan yang terbaik kepada
pelanggan. Apabila perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik, maka pelanggan
akan memberikan kepercayaan yang setara dengan pelayanan yang didapatkan.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
Hal terpenting yang wajib diperhatikan setiap perusahaan untuk
menciptakan kepuasan pelanggan adalah mutu dari produk yang digunakan. Beberapa
macam faktor-faktor yang dinilai sebagai konsumen untuk tetap bertahan pada salah
satu perusahaan, diantaranya
1. Pelayanan
Pelayanan merupakan pilar utama yang bersifat jasa yang bertujuan
memelihara hubungan baik dan meningkatkan hubungan antara produsen dan
pelanggan. Ada hal yang tak kalah penting dalam pelayanan yaitu untuk
mendengarkan berbagai keluhan atau masukan pelanggan supaya memberi jalan
keluar yang tertuju dan produk semakin baik dan diminati para pelanggan.
2. Kualitas Produk
Setelah menampung masukan yang terbaik, kualitas produk sangat
penting, karena kualitas produk merupakan representasi (ekspektasi) konsumen
dengan apa yang produsen buat. Beberapa hal agar kualitas produk dipercaya
dengan memperhatikan kesesuain yang dibutuhkan, rentan waktu daya tahan produk
yang harus diperhatikan, kelebihan produk yang telah dibuat, dan keandalan
suatu produk pembuatan akan mempengaruhi minat konsumen. Dari sinilah
kepercayaan (loyalitas) datang untuk tetap membeli produk produsen yang dibuat.
3. Harga
Patokan harga menjadi sangat penting di setiap bisnis, karena
setiap harga yang ditawarkan perusahaan pada konsumen merupakan tolak ukur
produk itu sendiri. Harga akan berpengaruh terhadap permintaan produk pasar.
Sebab itu pilihlah harga sebagaimana tingkat bahan baku, alat yang digunakan
dan skill kesulitan menjadikan tolak ukur menjadi nilai harga produk.
4. Promosi dan Strategi Pemasaran yang Tepat
Promosi merupakan bagaimana kita memberi informasi untuk menawarkan, meningkatkan penjualan lebih tinggi dari biasanya dan menciptakan loyalitas suatu produk kepada konsumen. Kegiatan ini berfungsi untuk mempengaruhi konsumen menggunakan jasa atau produk yang akan konsumen merasa puas dengan produk tersebut.
Cara Mengukur Indikator Kepuasan Pelanggan
Menurut Kotler ada beberapa cara untuk bagaimana produsen mengukur
kepuasan pelanggan dalam suatu produk, diantaranya:
1. Kritik dan Saran
Ini wajib produsen pahami akan menerima kritik dan saran, supaya
perusahaan lebih berkembang maju untuk selalu menerima saran yang baik dari
pelanggan, untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan suatu masalah dalam produk
maupun jasa.Di Beberapa tempat biasanya telah menyiapkan kotak saran yang dapat
diisi langsung ataupun bisa melalui telepon yang dapat dihubungi sebagai
layanan pelanggan atau call center.Sekarang semakin berkembangnya informasi,
untuk memberi kritik, saran dan ide-ide baru lebih mudah, seperti memberikan
saran melalui email perusahaan, akun sosial media yang terhubung dan sudah
pasti lebih mudah untuk saling berinteraksi sesama pelanggan.
2. Menyewa Jasa Ghost Shopper
Ghost shopper merupakan salah satu strategi perusahaan untuk
mengetahui kualitas pelayanan karyawan kepada konsumen dengan cara seseorang
berpura-pura menjadi salah satu konsumen. Ghost shopper telah mempunyai info
pelayanan sesuai ilmu yang dibekali. Layananan ini biasanya ditemui dalam
perusahaan besar seperti penyedia jasa kesehatan, perbankan, perusahaan layanan
lainnya.Selain itu berfungsi mengamati dan mengevaluasi karyawan supaya lebih
baik menghadapi konsumen dalam sikap. Selain untuk mengevaluasi kinerja
karyawan, ghost shopper dapat meningkatkan dan menjadikan tolak ukur bisnis.
3. Mencari tahu Alasan Pelanggan
Mungkin sebagian pebisnis pernah mendapati pelanggan yang loyal
namun beberapa saat ternyata mereka beralih ke perusahaan lain. Ada baiknya
gunakan hal ini sebagai peluang untuk lebih mengetahui seberapa puas tingkat
pelanggan yang tidak terpenuhi.Dalam hal ini cobalah perusahaan untuk menelpon
atau berkomunikasi pada konsumen dan dapat memahami kebutuhan pelanggan supaya
perusahaan dapat menyempurnakan kekurangan yang ada. Selalu jadikan evaluasi
memperbaiki produk sehingga menjadi lebih baik dan menjangkau kembali para
pelanggan.
4. Survey Kepuasan Pelanggan
Survey merupakan mengumpulkan informasi secara rinci sesuai
kebutuhan produsen yang diinginkan. Selain mencari tahu mengapa pelanggan
berhenti memilih produk, gunakanlah cara Survey Kepuasan Pelanggan karena ini
akan lebih efektif mengetahui daerah pasar yang akan dilampaui. Selain itu akan
bermanfaat untuk meningkatkan antusias pelanggan terhadap pada kualitas jasa
maupun produk perusahaan.Semakin maju era digital ini perusahaan lebih mudah
membuat atau membuka forum saran atau pertanyaan kuesioner kepuasan pelanggan
yang tepat sasaran.
KESIMPULAN
Pelayanan yang memuaskan, maka mereka para konsumen akan memberikan kepercayaan lebih. Jika tingkat kepuasannya tinggi maka bisnis yang dijalankan akan semakin baik sedangkan apabila tingkat kepuasan konsumen rendah maka bisnis yang kita jalankan akan tidak berjalan dengan baik bahkan lama-kelamaan akan mengalami bangkrut. Kepuasan pelanggan merupakan suatu tanggapan dari konsumen atas kinerja yang telah diberikan sesuai dengan harapan pelanggan.
REFRENSI
https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/265/157
https://eprints.umm.ac.id/33559/2/jiptummpp-gdl-efiepuspit-44539-2-babi.pdf
https://blog.mtarget.co/pentingnya-customer-service-dalam-mailtarget/
https://www.gramedia.com/literasi/kepuasan-pelanggan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar