Oleh: Seisha Milanisti (@V32-SEISHA)
ABSTRAK
Electronic
Commerce adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, layanan dan
informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari
e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya komersial tetapi
juga mencakup mitra bisnis, layanan pelanggan, lowongan pekerjaan, produk,
informasi, dan lain-lain. Dengan adanya electronic commerce (e-commerce) ini
maka pelanggan dapat mengakses dan melakukan pemesanan dari berbagai tempat
atau negara. Mengingat era teknologi yang maju saat ini pelanggan yang ingin
mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal ini dikarenakan di
kota-kota besar di Indonesia sudah banyak sekali tempat yang menyediakan
fasilitas akses internet menggunakan handphone dan laptop/notebook menggunakan
teknologi wifi. Dengan demikian saat ini sangat diperlukan dan diinginkan
perusahaan untuk mengimplementasikan layanan e-commerce. Penggunaan e-commerce
di Indonesia masih sangat terbatas. Ke depan, Indonesia akan menjadi negara
terbaik untuk penggunaan sistem e-commerce.
Kata kunci: E-Commerce, Usaha, Teknologi.
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi
yang cepat membuat
para pelaku usaha
juga harus cepat
untuk menyesuaikan dengan
perubahan tersebut. Salah satu bentuk teknologi adalah media sosial.
Indonesia merupakan salah
satu negara dengan tingkat pengguna media sosial terbesar di
dunia. Indonesia juga merupakan
salah satu negara
dengan jumlah sektor
UMKM terbesar. Kementerian Koperasi
dan Usaha Kecil
dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop/UKM RI)
mencatat ada 59,2 juta atau berkisar 8%
dari pelaku UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam
memasarkan produknya. Selanjutnya, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM
Provisinsi Banten pada 2018, di Kota Tangerang Selatan terdapat 9.582 pelaku
UMKM.
Pemasaran adalah salah satu bagian penting dalam menjalankan suatu usaha. Perlu adanya pengelolaan yang baik agar usaha tersebut dapat tumbuh dan berkembang lebih baik, sehingga mampu bersaing dengan para pesaingnya. Salah satu elemen yang penting dalam pemasaran adalah strategi pemasaran dan bauran pemasaran (marketing mix). Strategi pemasaran diperlukan agar segmen pasar, penentuan pasar sasaran, dan penentuan posisi pasar dapat dengan tepat dipilih. Website dan media sosial telah memberikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan pasar mereka terutama dalam hal promosi untuk menarik sasaran pasar yang mereka tuju.
PERMASALAHAN
Dengan meningkatnya penggunaan internet, para wirausahawan semakin banyak memanfaatkan sosial media untuk melakukan pemasaran. Maka dari itu, artikel ini ingin melakukan analisis strategi pemasaran yang dilakukan wirausahawan dalam pengembangannya usahanya.
PEMBAHASAN
Electronic Commerce
(e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa
dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari
e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain-lain. Menurut Rahmati (2009) E-commerce
singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau
dengan media elektronik. E-Commerce ini mencakup distribusi, penjualan,
pembelian, marketing dan service dari sebuah produk yang dilakukan dalam sebuah
system elektronika seperti internet atau bentuk jaringan komputer yang lain.
E-commerce bukan sebuah jasa atau sebuah barang, tetapi merupakan perpaduan
antara jasa dan barang.
Dalam
mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari
infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Pertama, insfrastruktur sistem
distribusi (flow of good); kedua, insfrastrukturpembayaran (flow of money); dan
ketiga, infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar dapat
terintegrasinya sistem rantai suplai dari 145 supplier, ke pabrik, ke gudang,
distribusi, jasa transportasi, hingga ke pelanggan maka diperlukan integrasi
enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility. Ada tiga faktor
yang faktor dicermati oleh kita jika ingin membangun toko e-commerce yaitu:
variability, visibility, dan velocity (Sukmajati, 2009).
Aktivitas – aktivitas
perdagangan secara online yang ada baik itu produk berupa barang ataupun jasa
dibagi kedalam dua jenis ecommerce yaitu business to customer (B2C) dan
business to business (B2B) melalui media internet. Dengan adanya perkembangan
yang ada, dua jenis e-commerce tersebut berkembang menjadi beberapa macam
diantaranya customer to customer (C2C), government to nation (G2N) dan lainnya.
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut:
1. Presentasi elektronis (pembuatan website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
3. Otomatisasi akun pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
4. Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.
KESIMPULAN
Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis pada umumnya agar lebih kompetitif. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam usahanya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan adanya 156 layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat dan kapanpun.
DAFTAR PUSTAKA
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran
Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal
Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170.
https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132
Hidayat, A. A. (2022). Strategies For Going Global and Barrier to International Trade. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Tetap, D., & Cki, S. (2014). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 4(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v4i1.81
Tidak ada komentar:
Posting Komentar