Laykha Fitriani Az Zahra (@V12-LAYKHA)
ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang pengertian kewirausahaan,
strategi, pengembangan, dan usaha. Tentang apa saja jenis-jenis strategi
pengembangan usaha. Serta tahapan pengembangan usaha. Wirausaha merupakan
sarana untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Sebagian besar
kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat banyak. Dengan menumbuhkan wirausaha muda dapat menjadi salah satu
cara untuk membantu ekonomi keluarga dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sebagai
jalan keluar untuk mengurangi tngkat pengangguran karena para pemuda di
harapkan dapat menjadi wirausaha pemuda terdidik yang mampu merintis usahanya
sendiri. Untuk mengembangkan suatu usaha, para wirausaha harus menjalankan
strategi secara penuh seperti menjalankan strategi pemasaran dan manajemen yang
tepat sasaran.
Kata kunci: Kewirausahaan, strategi, pengembangan usaha
PENDAHULUAN
Banyaknya jumlah pengangguran terutama pada umur
produktif tak lepas dari paradigma berpikir (mindset) generasi muda yang
rata-rata ingin menjadi pegawai di suatu perusahaan, sementara ketersediaan
lapangan kerja di sektor formal sangat terbatas. Hal ini sangat disayangkan,
mengingat kemampuan dan kreativitas generasi muda saat ini sangat tinggi dan memiliki
potensi untuk dikembangkan. Permasalahan utama dalam pengembangan kewirausahaan
pemuda yakni karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjadi pemuda yang
mandiri dan berwirausaha. Pengembangan kewirausahaan pemuda adalah suatu proses
yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkesinambungan
Akibat semakin banyaknya pengangguran, semakin
dirasakan pentingnya dunia usaha. Pembangunan akan lebih mantap jika ditunjang
oleh wirausahawan karena kemampuan pemerintah sangat terbatas dalam penyediaan
lapangan pekerjaan. Pemerintah tidak mampu menggarap semua aspek pembangunan
karena sangat membutuhkan anggaran belanja, personalia, dan pengawasannya. Oleh
karena itu, wirausaha merupakan potensi pembangunan baik dalam jumlah maupun
dalam mutu wirausaha itu sendiri. Realitasnya jumlah wirausaha Indonesia masih
sedikit dan mutunya masih rendah, sehingga pembangunan wirausaha merupakan
persoalan yang mendesak bagi suksesnya pembangunan.
Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi
meningkatnya jumlah pengangguran selain menguntungkan dari segi ekonomi,
sebagian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi
kebutuhan masyarakat banyak. Baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan
menumbuhkan wirausahawan muda mandiri dapat menjadi salah satu cara untuk
membantu ekonomi keluarga. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada pemuda di percaya
merupakan alternative jalan keluar untuk mengurangi tingkat pengangguran karena
para pemuda di harapkan dapat menjadi wirausaha pemuda terdidik yang mampu
merintis usahanya sendiri.
PEMBAHASAN
Pengertian
Strategi merupakan rencana tindakan (rangkaian
kegiatan perusahaan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber
daya atau kekuatan. Dengan demikian strategi merupakan proses penyusunan
rencana kerja, belum sampai pada tindakan. Strategi dicapai untuk mencapai
tujuan tertrntu, artinya arah dari semua keputusan strategi adalah pencapaian
tujuan. Oleh sebab itu sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan
yang jelas serta dapat diukur keberhasilanya.
Pengembangan artinya proses, cara, perbuatan
mengembangkan. Pada hakikatnya pengembangan adalah upaya pendidikan baik formalmaupun
non formal yang dilaksanakan secara sadar, berencana, terarah, teratur dan
bertanggung jawab dalam rangka memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing, mengembangkan
suatu dasar kepribadian yang seimbang, utuh, selaras, pengetahuan, keterampilan
sesuai dengan bakat, keinginan serta kemampuan - kemampuan, sebagai bekal atas prakarsa
sendiri untuk menambah, meningkatkan, mengembangkan dirike arah tercapainya
martabat, mutu dan kemampuan manusiawi yang optimal serta pribadi mandiri.
Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira
berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani
dan berwatak agung. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat
Sesuatu. Usaha adalah perbuatan amal, bekerja, dan berbuat sesuatu.
Jenis-Jenis Strategi
Pengembangan Usaha
Menurut Fred R.David, strategi dapat dikelompokkan atas
empat kelompok strategi, yaitu :
a)
Strategi
Integrasi Vertikal (Vertical Integration Strategy)
Strategi ini menghendaki agar perusahaan melakukan
pengawasan yang lebih terhadap distributor, pemasok dan para pesaingnya,
misalnya melalui merger, akuisisi atau membuat perusahaan sendiri.
b)
Strategi
Intensif (Intensif Strategy)
Strategi ini memerlukan usaha-usaha yang intensif
untuk meningkatkan posisi persaingan perusahaan melalui produk yang ada.
c)
Strategi
Diversifikasi (Diversification Strategy)
Strategi ini dimaksudkan untuk menambah produk-produk
baru. Strategi ini makin kurang popular, paling tidak ditinjau dari sisi
tingginya tingkat kesulitan manajemen dalam mengendalikan aktivitas perusahaan
yang berbeda-beda.
d)
Strategi
Bertahan (Devensive Strategy)
Strategi ini
bermaksud agar perusahaan melakukan tindakan-tindakan penyelamatan agar terlepas
dari kerugian yang lebih besar, yang pada ujung-ujungnya adalah kebangkrutan.
Tahapan pengembangan Usaha
Dalam melakukan kegiatan pengembangan usaha, seseorang wirausaha pada
umumnya melakukan pengembangan kegiatan usaha tersebut melalui tahap-tahap
pengembangan usaha sebagai berikut:
a.
Memiliki
Ide Usaha
Awal usaha seorang wirausaha berasal dari suatu ide
usaha. Ide usaha yang dimiliki seorang wirausaha dapat berasal dari berbagai
sumber. Ide usaha dapat muncul setelah melihat keberhasilan bisnis orang lain
dengan pengamatan. Selain itu ide usaha juga dapat timbul karena adanya sense
of bisiness yang kuat dari seorang wirausaha.
b.
Penyaringan
Ide/Konsep Usaha
Pada tahap selanjutnya, wirausahawan akan menuangkan
ide usaha ke dalam konsep usaha yang merupakan tahap lanjut ide usaha ke dalam
bagian bisnis yang lebih spesifik. Penyaringan ide-ide usaha akan dilakukan
melalui suatu aktifitas penilaian kelayakan ide usaha secara formal maupun yang
dilakukan secara informal.
c.
Pengembangan
Rencana Usaha (Business Plan)
Wirausaha adalah orang yang melakukan penggunaan
sumber daya ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Maka komponen utama dari
perencanaan usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausaha adalah
perhitungan proyeksi rugi-laba dari bisnis yang dijalankan. Proyeksi laba-rugi
merupakan muara dari berbagai komponen perencanaan bisnis lainnya yaitu
perencanaan bisnis yang bersifat operasional. Dalam menyusun rencana usaha
(business plan), para wirausahawan memiliki perbedaan yang dalam membuat
rincian rencana usaha.
d.
Implementasi
Rencana Usaha dan Pengendalian Usaha
Rencana usaha yang telah dibuat baik secara rinci
maupun global, tertulis maupun tidak tertulis selanjutnya akan
diimplementasikan dalam pelaksanaan usaha. Rencana usana akan menjadi panduan
bagi dalam pelaksanaan usaha yang akan dilakukan seorang wirausaha. Dalam
kegiatan implementasi rencana usaha, seorang wirausaha akan mengarahkan
berbagai sumber daya yang dibutuhkan seperti modal, material, dan tenaga kerja
untuk menjalankan kegiatan usaha.
KESIMPULAN
Banyak orang mungkin melakukan kewirausahaan atas berbagai alasan.
Banyak wirausahawan ingin meluncurkan bisnis baru dengan tujuan kemandirian, bebas
dari bekerja untuk orang lain serta jaminan financial yang cukup. Wirausahawan
demikian ingin mencapai masa depan financial yang aman dan terjamin bagi mereka
dan keluarga tetapi tidak berkeinginan untuk mengembangkan bisnis mereka lebih
jauh lagi. Akan tetapi wirausahawan melahirkan bisnis baru dengan tujuan
pertumbuhan dan ekspensi, yaitu mengubah lahan bisnis mereka menjadi bisnis
besar tujuan seorang wirausahawan mungkin tidak begitu jelas pada tahap
perkembangan awal bisnis. Dalam melakukan kegiatan pengembangan usaha,
seseorang wirausaha pada umumnya melakukan pengembangan kegiatan usaha tersebut
melalui tahap-tahap pengembangan usaha seperti memiliki ide usaha, penyaringan
ide/konsep usaha, pengembangan rencana usaha (business plan), implementasi
rencana usaha dan pengendalian usaha.
DAFTAR PUSTAKA
Arif Yusuf Hamali.
Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu
Buana. Jakarta.
Tejo Nurseto,
2014, Strategi menumbuhkan wirausaha kecil dan menengah yang tangguh” jurnal
Ekonomi dan Pendidikan, Vol 1. No 1, h.95
Tidak ada komentar:
Posting Komentar