Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya(@V29-VANIE)
ABSTRAK
Strategi marketing yang tepat sangat
diperlukan untuk bisa mengubah target pasar menjadi konsumen. Strategi
pemasaran sendiri ada banyak jenisnya dan yang paling pesat
perkembangannya adalah pada strategi pemasaran online. Strategi
pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang
diandalkan dalam bisnis.
PENDAHULUAN
Apapun bisnis yang akan dijalani, tentu harus terus mencari cara untuk
menarik konsumen. Dalam hal ini, strategi pemasaran yang tepat adalah solusi
yang paling butuhkan. Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan
untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen. di
era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi.
Pada era digital di mana media yang ada bukan sekadar koran, radio atau televisi
yang di mana media sekarang sangat bervariasi. Tentunya akan lebih
banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan.
PEMBAHASAN
Strategi marketing yang tepat sangat
diperlukan untuk bisa mengubah target pasar menjadi konsumen. Strategi
pemasaran sendiri ada banyak jenisnya dan yang paling pesat
perkembangannya adalah pada strategi pemasaran online.
Berikut beberapa fungsi strategi pemasaran yang perlu diketahui:
- Mempercepat pertumbuhan perusahaan;
- Membangun reputasi;
- Meningkatkan brand awareness;
- Membidik pangsa pasar yang tepat;
- Memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya
yang dimiliki.
Di era digital
ini, strategi pemasaran yang efektif dapat membantu menjangkau calon konsumen di
seluruh Indonesia. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat, dapat
memberi manfaat pada bisnis yaitu:
1. Menjangkau lebih banyak konsumen
2. Mudah dipraktikkan
3. Bisa menargetkan konsumen secara lebih spesifik
4. Hasilnya terukur
5. Biaya relative minim
Setelah mengetahui beragam strategi pemasaran yang baik, Anda perlu menerapkan
strategi tersebut dengan tepat dengan:
1. Melakukan segmentasi pasar
2. Menentukan target pasar
3. Market positioning
Pemasaran atau promosi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan
perencanaan strategi yang matang agar mendapatkan hasil yang maksimal.
KESIMPULAN
Pastikan perusahaan memiliki perencanaan yang matang untuk
penganggaran biaya pemasaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Di
era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas
online atau internet, oleh karena itu strategi pemasaran online atau strategi
marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis.
DAFTAR PUSTAKA
https://koinworks.com/blog/macam-macam-strategi-pemasaran-online/
https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar