Memahami
Strategi Pengembangan
Orientasi Bisnis di Pasar Global
Putri Virginia Valensi (@V26-Virginia)
Abstrak
Perkembangan usaha
di Indonesia khususnya dalam wilayah industry kecil mengaharuskan seorang pembisnis
harus memiliki oreintasi bisnis dan strategi yang baik. selain itu seorang
pengusaha harus memiliki strategi bisnis yang tinggi, tingginya strategi bisnis
akan membuat perusahaan dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan bisnis.
Kata Kunci : Orientasi Bisnis, Strategi bisnis.
Abstract
Business development in Indonesia, especially in the
small industry area, requires a businessman to have a good business orientation
and strategy. besides that an entrepreneur must have a high business strategy,
the high business strategy will make the company survive and compete in
business competition.
Keywords:
Business Orientation, Business Strategy.
Pendahuluan
Perkembangan
bisnis yang semakin ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan menghadapi
persaingan yang sangat ketat, apapun jenis bisnis yang mereka jalankan.
Persaingan di antara perusahaan tersebut akan menghasilkan tarik menarik
konsumen agar bisnisnya semakin maju. Untuk menarik konsumen setiap perusahaan
harus memiliki strategi yang tepat untuk memasarkan produknya. Setiap
perusahaan tentu mempunyai cara yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen. Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma
lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Pemasaran
mengambil peranan penting dalam setiap persaingan bisnis yang terjadi. Adanya
persaingan bisnis memang sangatlah wajar, namun sebaiknya disikapi positif oleh
para pebisnis.
Permasalahan
Pada era
globalisasi sekarang , semua pembisnis
di tuntut untuk bersaing dalam bisnis
yang sangat ketat di pasar global ini. Selain itu kualitas peningkatan kinerja
dalam kesusksesan perkembangan bisnis yang ada.
Pembahasan
Pengembangan
kewirausahaan dilakukan dengan cara mengembangkan pelaku usaha (entrepreneur)
yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan atau kemampuan
dan mental dengan harapan akan menciptakan kemandirian dalam berusaha dan
berbisnis. Hal ini dipandang sangat penting apalagi jika usaha yang digeluti
berhubungan dengan kegiatan sosial kemasyarakatan dan berdampak positif
terhadap lingkungan. Pelaku usaha konvensional memiliki kemiripan dengan pelaku
usaha sosial hanya saja pelaku usaha sosial merupakan aset dan unsur utama
kewirausahaan sosial di masyarakat dan penentu tumbuhnya suatu wilayah dalam
pengembangan kewirausahaan berbasis kemasyarakatan. Tentunya tidak semua pelaku
usaha bisa berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kecuali pelaku usaha
sosial yang aktifitasnya melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Orientasi
kewirausahaan menurut Muchtolifah (2005) merupakan kapabilitas organisasi
memberikan kontribusi penciptaan sumber daya organisasi yang unik, keunggulan
yang posisional yang berpengaruh terhadap kinerja.
Menurut
Arthur A. Thompson and Strickland dalam bukunya yang bertajuk Strategic
Management: Concepts and Cases, terdapat sejumlah faktor yang perlu
diperhatikan ketika kita melakukan proses penyusunan strategi perusahaan.
Faktor-faktor itu adalah sbb:
·
Pertimbangan Regulasi dan Kebijakan Pemerintah
·
Kondisi Persaingan dan Daya Tarik Industri
Secara Keseluruhan
·
Peluang Pasar dan Ancaman Eksternal Perusahaan
·
Kekuatan Sumber Daya Perusahaan, Kompetensi,
dan Kemampuan Kompetitif
·
Ambisi Pribadi, Filsafat Perusahaan, dan
Kepercayaan Etis Manajer
· Pengaruh Shared Values dan
Company Culture dalam Strategi
Menguji Strategi Bisnis Terbaik
Tiga pengujian dapat digunakan untuk mengevaluasi pilihan strategi terbaik,
yakni :
1.
Goodness of Fit Test— Strategi
yang baik harus benar-benar cocok terhadap kondisi industri dan kompetisi,
peluang dan ancaman pasar, dan aspek lain dari lingkungan eksternal perusahaan.
2. . Competitive Advantage Test— Strategi yang baik harus mampu menigkatkan daya saing
perusahaan.
3. Performance Test— Strategi yang baik harus mampu meningkatkan kinerja
perusahaan.
Strategi Memasuki Pasar Global
1.
Ekspor
Dan Impor
Ekspor adalah
salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara penjualan atau
mengeluarkan barang dari dalam negeri dan di kirimkan ke negara lain. Impor
adalah kegiatan pembelian jasa atau barang dari satu negara di kirim ke negara
lain. Tujuan diadakan kegiatan ekspor dan impor adalah upaya memenuhi kebutuhan
masyarakat dan menambah pendapatan devisi bagi negara dalam mensejahterakan
kehidupan masyarakat.
2.
Perusahan
Cabang Atau Perwakilan
Pendirian/pembentukan
kantor cabang atau kantor perwakilan didasarkan pada ketentuan anggaran dasar
yang memperbolehkan perusahaan tersebut untuk mendirikan kantor cabang atau
kantor perwakilan. Pendirian kantor cabang atau kantor perwakilan tidak harus
dalam akta notaris namun untuk kebutuhan pengurusan izin-izin biasanya
pendirian/ pembentukan dilakukan dalam akta notaris.
3.
Lisensi
Asing dan Alih Teknologi
Lisensi merupakan
cara untuk ahli teknologi perjanjian lisensi merupakan perjanjian antara
pemilik teknologi dengan negara berkembang dalam memproduksi suatu produk.
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/11/strategi-pengembangan-usaha
4.
Franchising
Franchise
merupakan konsep pemasaran untuk memperluas jaringan dengan cepat. Sistem ini
dianggap memiliki beberapa keunggulan yang terkait dengan pendanaan, sumber
daya manusia dan manajemen, kecuali kerelaan pemilik merek berbagai dengan
pihak lain. Franchise juga dianggap sebagai jalur distribusi yang efektif untuk
mendekatkan produk kepada konsumen melalui jaringan franchisee.
5.
Joint
Ventura
Joint venture
adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kerjasama antara dua atau lebih
perusahaan dalam bidang bisnis. Perusahaan yang melakukan kerjasama biasanya
perusahaan lokal dan luar negeri, yang tujuannya untuk membangun sebuah
hubungan yang menguntungkan kedua pihak.
6.
Akuisisi
akuisisi bisnis
adalah mengambil alih kepemilikan suatu perusahaan dari perusahaan lain.
Pengambilalihan itu dapat berupa kepemilikan saham maupun aset.
Kesimpulan
DI perkembangan
bisnis era globalisasi sekarang, pembisnis harus memahami strategi yang baik
dalam berbisnis karena persaingan bisnis yang sangat ketat dan juga pembisnis
harus memahami pasar global untuk perkembangan bisnis.
Daftar Pustaka
Modul 4 pembelajaran kwh 3. Strategies For Going Global and Barrier to
International Trade
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/11/strategi-pengembangan-usaha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar