Riusmawati Putri 41219120025
(@T21-PUTRI)
Sudah sepatutnya setiap wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya
memiliki panduan atau tuntunan bagaimana perusahaan yang dibangunnya
menjalankan kegiatan usahanya. Hal ini menjadi penting supaya setiap keputusan
bisnis yang diambil hendaknya tidak merusak etika bisnis dan tanggung jawab
sosial perusahaan.Secara istilah, pengertian etika bisnis adalah kode etik yang
diterapkan sebuah entitas bisnis atau perusahaan untuk melakukan kegiatan
bisnisnya. Etika bisnis ini diterapkan agar usaha yang dibangun memiliki
pondasi yang kuat dan menciptakan value yang tinggi. Sementara, tanggung jawab
sosial perusahaan adalah wujud kepedulian suatu usaha pada masyarakat dan
lingkungan disekitar. Sasaran Dan Lingkup Etika Bisnis
Etika bisnis bertujuan untuk menghimbau pelaku bisnis agar menjalankan
bisnisnya secara baik dan etis. Untuk menyadarkan masyarakat khususnya
konsumen, buruh atau karyawan dan masyarakat luas akan hak dan kepentingan
mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun juga. Etika
bisnis juga berbicara mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukan etis
tidaknya suatu praktek bisnis.
Prinsip Otonomi Sikap dan kemampuan
manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya
tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Prinsip Kejujuran Terdapat
tiga lingkup kegiatan bisnis yang bisa ditunjukkan secara jelas bahwa bisnis
tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas
kejujuran. Pertama, jujur dalam pemenuhan syarat- syarat perjanjian dan
kontrak. Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan
harga yang sebanding. Ketiga, jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu
perusahaan. Prinsip Keadilan Menuntut agar setiap orang diperlakukan secara
sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai criteria yang rasional obyektif,
serta dapat dipertanggung jawabkan. Prinsip Saling Menguntungkan (Mutual
Benefit Principle) Menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga
menguntungkan semua pihak. Prinsip Integritas Moral Terutama dihayati sebagai
tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu
menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan atau orang-orangnya
maupun perusahaannya.
Perusahaan
mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Perusahaan yang jujur akan menciptakan
konsumen yang loyal. Bahkan konsumen akan merekomendasikan kepada orang lain
untuk menggunakan produk tersebut. Citra perusahaan di mata konsumen baik.
Dengan citra yang baik maka perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat dan
produknya pun dapat mengalami peningkatan penjualan. Meningkatkan motivasi
pekerja. Karyawan akan bekerja dengan giat apabila perusahaan tersebut memiliki
citra yang baik dimata perusahaan. Keuntungan perusahaan dapat di peroleh.
Etika adalah berkenaan dengan bagaimana kita hidup pada saat ini dan
mempersiapkan diri untuk masa depan. Bisnis yang tidak punya rencana untuk
menghasilkan keuntungan bukanlah perusahaan yang beretik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar