Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha
Oleh : Najla Nur Atikah (@T23-Najla)
A.
Pengertian Kreativitas
Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang
baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang
diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan
menjadikannya suatu hal baru. Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang
membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan
ide-ide cemerlang kita. Kreativitas seperti yang diungkapkan oleh Rhodes yang menyebut hal ini
sebagai "Four P's of Creativity: Person, Process, Press, Product".
Keempat P ini saling berkaitan: Pribadi yang kreatif yang melibatkan diri dalam
proses kreatif dan dengan dukungan dan dorongan (press) dan lingkungan, akan
menghasilkan produk kreatif. inilah pengertian kreativitas menurut para ahli
James J. Gallagher (1985) “Creativity is a mental process by which an
individual creates new ideas or products, or recombines existing ideas and
product, in fashion that is novel to him or her.”Pengertian kreativitas adalah
suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru,
atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada
dirinya.
B. Pengertian Inovasi
Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan
sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda
bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh
seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang meruapakan
lama bagi orang lain dalam konteks lain). Inovasi ialah sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan
untuk memprakarsai atau memperbarui suatu produk atau proses dan jasa. Menurut para ahli pengertian Inovasi
ialah sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima
sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk
diaplikasikan atau pun diadopsi (Everett
M. Rogers). Adapun ciri-ciri dari inovasi yaitu :
a. Baru
Ciri-ciri inovasi yang pertama yaitu selalu bersifat
baru. Artinya, gagasan yang benar-benar murni dan belum pernah digunakan oleh
siapapun. Dapat pula diartikan sesuatu yang sudah pernah digunakan orang lain,
tetapi ingin diadopsi lantaran dirasa cocok dijadikan solusi.
b. Khas
Ciri-ciri inovasi berikutnya yaitu memiliki ciri
khas. Inovasi akan selalu bersifat khas walaupun berawal dari pengadopsian. Ini
bisa diartikan, dengan segala pengadopsian yang dipraktikkan di tempat baru
akan memunculkan ciri khas tersendiri.
c. Terencana
Inovasi merupakan suatu hal yang terencana
karena termasuk sengaja dibuat. Artinya, inovasi dilakukan melalui proses yang
dipersiapkan dengan matang, jelas, tidak tergesa-gesa dan sudah direncanakan
terlebih dulu.
d.
Memiliki tujuan yang jelas
Suatu inovasi pasti memiliki tujuan yang
jelas. Ini berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang digunakan.Ilmu pengetahuan
pasti menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan. Jika tidak
menentukan objek dan subjek yang jelas, maka inovasi tidak akan tepat sasaran
bahkan gagal diterapkan.
C. Manfaat Inovasi
a.
Memecahkan Masalah
Inovasi ialah ide dan gagasan baru yang dapat digunakan dalam
penyelesaian masalah. Masalah baru tentunya harus diselesaikan dengan ide baru
juga.
b.
Menciptakan Kualitas Unik
Manfaat inovasi berikutnya yaitu menciptakan kualitas yang unik.
Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki
kualitas yang unik.Dan apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, maka
perbedaannya pun akan terlihat. Itu artinya, inovasi akan menonjolkan diri dan
terlihat memiliki kualitas yang unik.
c.
Meningkatkan Produktivitas
Berinovasi juga akan berdampak baik bagi produktivitas. Mulai dari
karyawan, bos, atau bahkan mahasiswa akan mendapat dampak ini jika melakoninya.
d.
Tangguh
Seseorang yang pintar dalam berinovasi ialah sosok yang tangguh. Hal ini
berarti penyesuaian diri dengan masalah baru dan penyelesaiannya bisa
dilakukannya dengan baik.
Referensi
[1] di Kabupaten
Grobogan, S. U. B. Pemahaman Pengertian Kreativitas, Inovasi Kewirausahaan Dan
Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar