41219120025
(@T21-PUTRI)
Kreativitas dan inovasi dalam berbisnis adalah dua
hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri pelaku bisnis demi
kemajuan dan kesuksesan. Keduanya sering kali dipandang saling berkaitan
dan tak dapat dipisahkan, karena lahirnya sebuah inovasi tak bisa tidak adalah
dari bentuk kreativitas itu sendiri. Kreativitas dapat dipandang sebagai
kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara
baru dalam melihat masalah serta peluang. Sedangkan inovasi adalah
kemampuan untuk menerapkan solusi hasil dari pemikiran kreatif terhadap
masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperbaiki sesuatu.
Hakikatnya, kreativitas menghasilkan sudut pandang baru oleh seseorang
terhadap suatu masalah. Pola pikir dari seorang dengan kepribadian kreatif
adalah terbuka dan luas, atau sering kali disebut ‘out of the box’. Perlu kita ketahui, pola pikir yang
demikian itu tidaklah datang secara instan, melainkan melalui suatu proses yang
berkesinambungan. Graham Wallas, dalam bukunya “The Art of Thought” menyatakan bahwa proses kreatif
meliputi 4 tahap:
1. Tahap Persiapan, mempersiapkan diri
untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data/informasi, mempelajari pola
berpikir dari orang lain, dan bertanya pada orang lain.
2. Tahap Inkubasi, pada tahap ini
pengumpulan informasi dihentikan, individu melepaskan diri untuk sementara dari
masalah tersebut. Ia tidak memikirkan masalah tersebut secara sadar, tetapi
“mengeramkannya” dalam alam pra sadar.
3. Tahap Iluminasi, tahap ini merupakan
tahap timbulnya “insight” atau “Aha Erlebnis”, yaitu saat munculnya inspirasi atau
gagasan baru.
4. Tahap Verifikasi, tahap ini merupakan
tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap realitas. Di sini
diperlukan pemikiran kritis dan konvergen. Proses divergensi (pemikiran
kreatif) harus diikuti proses konvergensi (pemikiran kritis).
Setelah berhasil melewati proses tersebut, maka lahirlah sebuah inovasi.
Inovasi adalah tentang bagaimana seseorang mengimplementasikan
kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat
menghasilkan pemecahan masalah. Definisi ‘baru’ di sini tidak
selalu berarti original, melainkan ‘kebaruan’ atau ‘diperbaharui’, yang
berarti juga adalah improvement, karena
inovasi tidak harus selalu berwujud barang atau jasa baru, melainkan juga
perbaikan atau pengembangan dari barang atau jasa yang telah ada.
Peran Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis
Kreativitas dan inovasi memegang peranan yang
sangat penting dalam berbisnis. Berbagai kesuksesan pebisnis di dunia diawali
dengan kreativitasnya dalam menemukan inovasi pengembangan produk, baik barang
maupun jasa. Persaingan yang ketat dalam berbisnis dan menjalankan usaha
mendorong para pebisnis untuk memiliki kreativitas tinggi. Daya kreativitas
tersebut harus dilandasi dengan cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan
baru, dan berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada sebelumnya.
Dengan memaksimalkan kreativitas dan cara pandang untuk melahirkan suatu
inovasi ini, bisnis yang dikelola akan mampu tampil outstanding dibandingkan dengan bisnis serupa yang
telah ada. Hal inilah yang disebut dengan ‘kebaruan’ seperti yang telah
disebutkan sebelumnya. Dari bahasan tentang kreativitas yang melahirkan suatu
inovasi dan kebaruan itulah muncul . Yaitu satu startup karya anak bangsa yang menghadirkan sebuah
aplikasi pembukuan online, dan
siap membantu Anda dalam mengelola keuangan, baik keuangan pribadi, organisasi,
maupun bisnis Anda.
Kreativitas dan inovasi mempunyai
peranan yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Seringnya banyak
kesuksesan yang didapat oleh pebisnis diawali dengan kreativitasnya menemukan
inovasi pengembangan produk bisnisnya. Daya kreativitas tersebut selayaknya
dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide baru, dan berbeda dibandingkan
produk-produk yang telah ada. Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas
untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula
tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya.
Seringnya orang keliru memahami arti
kreatif dan inovatif. Dua hal ini cukup berbeda walau saling berkaitan.
Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk
menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Sedangkan inovasi
adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang
untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Jadi kreatif
adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang
menerapkan solusi kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif menjadi sia-sia
karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada tindakan nyata.
Graham Wallas, dalam bukunya "The
Art of Thoughts" menyatakan bahwa sebelum terciptanya sebuah inovasi, ada
proses kreatif yang harus dilakukan, yaitu:
1. Tahap Persiapan
Tahap Ini adalah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah
dengan mengumpulkan data atau informasi, mempelajari pola berpikir dari orang
lain, dan bertanya pada orang lain.
2. Tahap Inkubasi
Pada tahap ini pengumpulan informasi dihentikan, individu melepaskan diri
untuk sementara dari masalah tersebut. Masalah tersebut diendapkan dulu.
3. Tahap Iluminasi
Tahap ini merupakan tahap munculnya
inspirasi atau gagasan baru.
4. Tahap Verifikasi
Ini adalah tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap
realitas. Di sini diperlukan pemikiran yang meliputi proses divergensi (pemikiran
kreatif) dan proses konvergensi (pemikiran kritis).
Para pebisnis dituntut untuk terus mengembangkan
kreativitas dan berinovasi antara lain untuk:
1. Meningkatkan Efisiensi Produk
Inovasi pada sebuah produk bertujuan
untuk meningkatkan efisiensinya. Barang yang mengalami inovasi akan dapat
melakukan tugasnya dengan tepat sasaran tanpa perlu membuang waktu lebih
banyak. Contohnya pada jasa layanan pengiriman makanan di sebuah
rumah makan. Bila dulunya hanya bisa melayani makan di tempat, maka inovasinya
bisa dengan memberikan layanan jasa antar/delivery. Contoh lainnya, jika dahulu semua
transaksi dicatat secara manual, kamu bisa membuat inovasi untuk meningkatkan
efisiensi operasional usahamu dengan mengimplementasiakan aplikasi online
2. Sebagai Pembeda atau Ciri Khas Bisnis
Salah satu tujuan utama dari inovasi
adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di
bidang sama. Jika ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu
hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada di pasaran.
Dengan begitu, suatu bisnis bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri,
baik dalam hal produk maupun identitas. Contohnya
produk kue brownies. Bila biasanya brownies menggunakan bahan baku standar
yaitu tepung terigu, maka kali ini diciptakan brownies dengan bahan baku wortel
atau ubi.
3. Menarik Lebih Banyak Konsumen
Setelah melakukan inovasi dalam
bisnis, kamu nantinya berpeluang besar untuk menarik banyak konsumen lebih
banyak dari sebelumnya. Konsumen memang menyukai hal-hal yang baru dan
cenderung lebih unik dan yang memang mereka sukai. Contohnya pada bisnis alat tulis. Pulpen berwarna-warni
dengan bentuk yang menarik akan lebih disukai oleh konsumen daripada pulpen dengan
model standar.
4. Menciptakan Pasar Baru di Tengah Masyarakat
Tujuan lain inovasi dalam bisnis adalah
untuk menciptakan pasar baru di masyarakat. Produk yang diberi inovasi
memberikan fitur dan perkembangan terbaru yang akan menarik minat masyarakat.
Sehingga masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut. Inovasi tidak
selamanya memberikan perkembangan tetapi kadang juga melakukan pengurangan
fitur.
Contohnya produk telepon pintar. Beberapa fitur seperti
kualitas kamera atau kapasitas memori dikurangi sehingga hadirlah sebuah produk
baru dengan harga yang lebih murah. Produk baru ini nantinya akan menciptakan
pasar baru yang mengincar harga yang lebih murah dengan produk yang tidak jauh
berbeda kualitasnya. Inti dari semuanya adalah sebagai pebisnis
kamu memang sepatutnya selalu tahu dan paham apa yang sedang terjadi di pasar,
agar bisa menentukan kreativitas dan inovasi apa yang cocok untuk bisnismu
dalam upaya untuk terus mampu memenuhi kebutuhan pasar.
DAFTAR
PUSTAKA\
https://www.akun.biz/tips-bisnis/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-berbisnis/
https://majoo.id/blog/detail/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-memenuhi-kebutuhan-pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar