Oleh : Elsania
(@T04-Elsania)
Goal
setting adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses. Goal setting
dapat memberi fokus yang jelas, memotivasi karyawan, dan menetapkan target
untuk bisnis. Goal setting juga dapat memberikan seperangkat kriteria untuk
melihat apakah bisnis berhasil.
PENDAHULUAN
Goal setting (penetapan tujuan) adalah proses memutuskan apa yang ingin dicapai dan menyusun rencana untuk mencapai hasil yang diinginkan. Untuk penetapan tujuan yang efektif, seorang pengusaha perlu melakukan lebih dari sekadar memutuskan apa yang ingin di lakukan; wirausahawan juga harus bekerja untuk mencapai tujuan apa pun yang telah ditetapkan.
PEMBAHASAN
Goal
setting adalah resolusi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Baik jangka
pendek atau jangka panjang, tujuan memberikan pemahaman yang jelas tentang apa
yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Goal
setting (penetapan tujuan) adalah proses memutuskan apa yang ingin dicapai dan
menyusun rencana untuk mencapai hasil yang diinginkan. Bagi pengusaha, goal
setting adalah bagian penting dari perencanaan bisnis.
Untuk
penetapan tujuan yang efektif, pengusaha perlu melakukan lebih dari sekadar
memutuskan apa yang ingin dilakukan; pengusaha juga harus bekerja untuk
mencapai tujuan apa pun yang telah ditetapkan. Bagi banyak orang, itu adalah
bagian kedua dari definisi penetapan tujuan yang bermasalah. Mereka tahu apa
yang ingin mereka lakukan dan mereka sangat bersedia untuk mengerjakannya,
tetapi mereka kesulitan membuat rencana untuk mencapainya.
1.
Setting Personal and
Business Goals
Formula
dan strategi goal setting yang sama yang bekerja untuk tujuan bisnis juga akan
bekerja untuk tujuan pribadi. Bonusnya adalah menerapkan strategi yang
digunakan untuk menetapkan tujuan bisnis akan memberi kesuksesan yang lebih
besar dalam mencapai tujuan pribadi.
Tujuan
bisnis biasanya ditetapkan setiap tahun dan harus selaras dengan tujuan jangka
panjang. Sasaran-sasaran ini harus dimasukkan ke dalam rencana bisnis dan, bila
perlu, bidang-bidang tertentu seperti prakiraan penjualan.
Sepanjang
tahun, pengusaha mungkin memiliki weekly, monthly, atau quarterly di mana pengusaha
meninjau kemajuannya menuju tujuan tahunan (annual goal). Memeriksa hasil
sangat penting untuk tetap berada di jalur saat bekerja untuk mencapai tujuan.
2.
Daily Planning
Di
setiap akhir hari, pengusaha harus meninjau apa yang telah dicapai untuk hari
itu dan memikirkan apa yang ingin dicapai pada hari berikutnya. Mempersiapkan
daftar tugas untuk hari berikutnya setiap malam adalah praktik yang sangat baik
yang akan membantu pengusaha tetap di jalur. Daily planning adalah cara yang
sangat disarankan untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Secara teratur meninjau
tujuan dan kemajuan dalam mencapainya membuat seorang pengusaha tetap fokus dan
termotivasi.
3.
Goals You Can Track
Salah
satu cara mudah untuk memastikan pengusaha mencapai tujuannya adalah dengan
mengikuti akronim SMART, yang merupakan singkatan dari:
a. Specific
Saat
menetapkan tujuan, seorang pengusaha harus spesifik tentang apa yang ingin dicapai.
Tujuan tertentu memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dicapai. Tanyakan pada
diri sendiri:
Apa
yang ingin saya capai?
Mengapa
tujuan itu penting?
Siapa
yang terlibat?
Di
manakah lokasi tujuan ini?
b. Measurable
Penting
bagi pengusaha untuk mengukur kemajuannya. Dengan menilai kemajuab, pengusaha dapat
terus melacak dan mengukur apakah telah berhasil. Metode pengukuran dapat
berbasis data, seperti uang yang dihemat dan jumlah pelanggan yang dilayani,
atau dapat didasarkan pada hal-hal seperti umpan balik dan survei pelanggan.
Bertanya pada diri sendiri:
Bagaimana
saya tahu bahwa saya telah mencapai tujuan?
Berapa
banyak/banyak?
Sumber
informasi apa yang dapat saya gunakan untuk menentukan apakah saya telah
memenuhi tujuan?
c. Achievable
Goal
harus membuat pengusaha tertantang, tetapi cukup didefinisikan untuk dapat
dicapai. Periksa apakah tujuan Anda adalah sesuatu yang Anda punya waktu, uang,
dan sumber daya untuk dilakukan. Bertanya pada diri sendiri:
Bagaimana
tujuan ini tercapai?
Sumber
daya apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, dan apakah kita memilikinya?
Jika
tidak, bagaimana kita bisa mencapainya?
d. Relevant
Sasaran
harus selaras dengan rencana jangka panjang Anda. Jika rencana jangka panjang
Anda adalah agar bisnis Anda mencapai $200,000 per tahun dalam penjualan,
tujuan jangka pendek Anda harus berhubungan langsung dengan pencapaian ini.
e. Time-bound
Tanpa kerangka waktu tertentu untuk tujuan, mereka tidak dapat diukur dengan benar. Sasaran harus berisi batas waktu (misalnya, "pada akhir tahun saya ingin meningkatkan penjualan sebesar 20%").
KESIMPULAN
Penetapan
tujuan yang efektif dimulai dengan pemahaman yang jelas tentang apa tujuan
SMART dan kesadaran akan proses yang diperlukan untuk mencapainya. Itu lah penjelan SMART goal dan cara
menerapkannya agar target bisnis bisa dicapai dengan sukses. Metode ini sangat
cocok bagi wirausahawan yang saat ini sedang ingin punya tujuan hidup dan ingin
mewujudkannya.
Penetapan sasaran juga dapat memberikan seperangkat kriteria untuk melihat apakah bisnis berhasil. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefinisi dengan baik dapat membantu seorang wirausaha mengendalikan arah bisnis nya dan meningkatkan peluang untuk mencapai target bisnis yang lebih besar.
DAFTAR
PUSTAKA
https://www.thebalancesmb.com/goal-setting-2948135
https://business.gov.au/planning/business-plans/set-goals-for-your-business
Tidak ada komentar:
Posting Komentar