Oleh : Dikar Ardiyanto (@U50-DIKAR)
Pendahuluan
Kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang penting menjalankan sebuah
bisnis, seiringnya banyak kesuksesan yang didapat oleh pembisnis diawali dengan
kreativitasnya menemukan inovasi perngembangan seperti produk bisnisnya. Daya
kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berfikir yang maju, ide
baru, dan berbeda di bandingkan dengan produk - produk yang telah ada. Jika
pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka
pembisnis juga akan mampu pula tampil berbeda dengan bisnis yang serupa
lainnya.
Seiringnya
orang keliru memahami arti kreatif dan inovatif. Dua hal ini cukup berbeda
walaupun saling berkaitan, Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan
ide-ide baru untuk menemukan cara baru dalam masalah ataupun peluang
bisnis, untuk meningkatkan atau untuk
memperkaya kehidupan orang-orang. Jadi kreatif adalah sifat yang selalu mencari
cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif.
Kreatif tapi tidak inovatif menjadi sia-sia karena ide hanyasebatas
pemikiran tanpa ada tindakan nyata.
Pembahasan
Berkreativitas tentunya tahapan
mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah denganmengumpulankan data atau
informasi , agar menjadi sebuah output yangbaik,seperti mempelajari pola
berfikir orang lain dan kita olah kembali menjadi sebuah pengumpulan informasi
dan dibentuk menjadi kreativitas, atau daya pemikiran dan gagasan seseorang
dalam melihat peluang yang ada di dalamkehidupan sehari-hari.
Graham Wallas, dalam
bukunya "The Art of Thoughts" menyatakan bahwa sebelum terciptanya
sebuah inovasi, ada proses kreatif yang harus dilakukan, yaitu:
Tahap Persiapan
Ini adalah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan
mengumpulkan data atau informasi, mempelajari pola berpikir dari orang lain,
dan bertanya pada orang lain.
Tahap Inkubasi
Pada tahap ini pengumpulan informasi dihentikan, individu
melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut. Masalah tersebut
diendapkan dulu.
Tahap Iluminasi
Tahap ini merupakan tahap munculnya inspirasi atau gagasan baru.
Tahap Verifikasi
Ini adalah tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap
realitas. Di sini diperlukan pemikiran yang meliputi proses divergensi
(pemikiran kreatif) dan proses konvergensi (pemikiran kritis).
sejumlah
hal juga mempunyai definisi sendiri mengenai kreativitas. Berikut beberapa
pendapat ahli tentang kreativitas.
1) James J. Gallagher
(1985)
Kreativitas adalah suatu
proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau
mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.
2) Chaplin (1989)
Menurutnya kreativitas
adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru menggunakan metode-metode baru.
3) Supriadi (1994)
Kreativitas adalah
kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun
karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.
4) Semiawan (1997)
Kreativitas adalah
kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
Kreativitas seringkali diidentifikasikan sebagai suatu sifat dalam diri
seseorang. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan
seseorang mempunyai kreativitas dalam dirinya. Adapun beberapa ciri-ciri
kreativitas adalah sebagai berikut.
1) Menciptakan berbagai
ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan.
2) Menunjukkan rasa
ingin tahu yang luar biasa.
3) Sering mengajukan
tanggapan yang unik dan pintar.
4) Merumuskan dan
mendefinisikan masalah.
5) Memainkan peran yang
positif berpikir kreatif.
6) Suka mencoba.
7) Berani mengambil
risiko.
8) Peka terhadap
keindahan dan segi estetika dari lingkungan
Sebagai Pembeda atau
Ciri Khas Bisnis
Salah
satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang
berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Jika ingin berinovasi pada produk,
maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus
yang tidak ada di pasaran. Dengan begitu, suatu bisnis bisa memiliki pembeda
atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.
Tahapan Persiapan Inovasi Seperti menciptakan pasar baru di tengah
masyarakat untuk memberikan fitur dan pengembangan terbaru yang akan menarik
minat masyarakat, sehingga masyarakt lebih tertarik untuk membeli produk
tersebut, Inovasi tidak selamanya memberikan perkembangan. Akan tetapi kadang
juga memberikan hal menurun seperti fitur yang telah kita kembangkan akan
menjadi penguran fitur tersebut, Setelah melakukan
inovasi dalam bisnis, kamu nantinya berpeluang besar untuk menarik banyak
konsumen lebih banyak dari sebelumnya. Konsumen memang menyukai hal-hal yang
baru dan cenderung lebih unik dan yang memang mereka sukai.
Contoh
dari inovasi ini dapat Anda temukan dalam berbagai penemuan di seluruh dunia.
Salah satunya adalah mengenai penemuan pesawat terbang. Proses inovasi tidak
hanya ketika pertama kali pesawat terbang berhasil diciptakan.Seiring
perkembangan zaman, inovasi mengenai pesawat terbang pun terus dilakukan. Oleh
karena itu, terdapat perbedaan yang cukup banyak antara pesawat terbang zaman
dahulu dan juga pesawat terbang di zaman modern ini.Selain itu, penemuan
telepon juga dapat menjadi contoh. Ketika awalnya hanya sebagai sarana
komunikasi biasa, kini telepon telah berubah menjadi multifungsi. Telepon bisa
digunakan untuk mendengarkan musik, mengetik dokumen, dan lain-lain. Dalam
lingkungan bisnis, dari seratus ide brilian, mungkin hanya satu ide saja yang
akan menjadi suatu inovasi.
Referensi
https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1317018-4-proses-kreatif-bagi-pelaku-bisnis
https://jurnal.iainponorogo.ac.id ›
https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=166511&forceview=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar