Nur Aziz Taufikurohman 41419010020, @U14-Aziz
Bagi setiap
wirausahawan kreativitas dan inovasi adalah salah satu hal yang wajib dimiliki.
Agar usahanya dapat meningkat dan memakmurkan pekerjanya. Dibalik susksesnya
suatu usaha terdapat kreativitas dan inovasi yang selalu hadir. Dibalik kreativitas
dan inovasi juga terdapat usaha untuk belajar, riset, melakukan dan evaluasi. Tanpa
adanya usaha tersebut tidak akan ada hal baru dan unik agar usahanya dapat
tumbuh dan berkembang.
Kreativitas
adalah inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang bermanfaat, benar,
tepat, dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic yaitu sesuatu
yang merupakan pedoman, petunjuk, atau panduan yang tidak lengkap yang akan
menuntun kita untuk mengerti, mempelajari, atau menemukan sesuatu yang baru. Atribut
orang yang kreatif yaitu:
-suka memperhatikan melihat
sesuatu dengan cara yang tidak biasa,
-menerima dan merekonsiliasi
sesuatu yang bertentangan,
-memerlukan dan mengasumsikan
otonomi,
-tidak menjadi subjek dari standar
dan kendali kelompok,
-fleksibel keaslian
-terbuka terhadap fenomena yang
belum jelas
-bebas dari rasa takut gagal,
Inovasi Larsen,
P and Lewis, A, (2007) menyatakan bahwa salah satu karakter yang sangat penting
dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Tanpa adanya inovasi
perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan kebutuhan,
keinginan, dan permintaan pelanggan berbah-ubah. Konsumen tidak selalu
menggunakan produk yang sama dan akan mencari produk lain untuk memenuhi
keinginan atau kebutuhan mereka.
Inovasi yang
dapat dilakukan seperti Inovasi produk (barang, jasa, ide dan tempat). b.
Inovasi manajemen (proses kerja, proses produksi, keuangan pemasaran, dll). Prinsipnya
yaitu Menganalisi peluang, apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang,
sederhana dan terarah, dimulai dari yang kecil, dan kepemimpinan. Keeh, et.al (2007)
menjelaskan inovasi sangat penting karena:
1. Teknologi berubah sangat cepat
seiring adanya produk baru, proses dan layanan baru dari pesaing, dan ini
mendorong usaha entrepreneurial untuk bersaing dan sukses. Yang harus dilakukan
adalah menyesuaikan diri dengan inovasi teknologi baru.
2. Efek perubahan lingkungan
terhadap siklus hidup produk semakin pendek, yang artinya bahwa produk atau
layanan lama harus digantikan dengan yang baru dalam waktu cepat, dan ini bisa terjadi
karena ada pemikiran kreatif yang menimbulkan inovasi.
3. Konsumen saat ini lebih pintar
dan menuntut pemenuhan kebutuhan. Harapan dalam pemenuhan kebutuhan mengharap
lebih dalam hal kualitas, pembaruan, dan harga. Oleh karena itu skill inovatif
dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sekaligus mempertahankan konsumen
sebagai pelanggan.
4. Dengan pasar dan teknologi
yang berubah sangat cepat, ide yang bagus dapat semakin mudah ditiru, dan ini
membutuhkan metode penggunaan produk, proses yang baru dan lebih baik, dan
layanan yang lebih cepat secara kontinyu.
Seluruh kreativitas dan inovasi
dapat dilakukan dengan adanya keinginan untuk tumbuh dan berkembang dari segala
pihak yang terlibat dalam wirausaha ini. Tidak hanya mengandalkan peran bawahan
atau atasan saja. Semua yang terlibat adalah pelaku usaha tersebut.
Daftar Pustaka:
Larsen, P. & A. Lewis. 2007.
“How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity
and Innovation Management, page: 141-151.
Keeh, Hean Tat, Mai Nguyen &
Ping. 2007. “The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Informationon
the Performance of SMEs”, Journal of Business Venturing, page: 592-611.
Hadiyati,
E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha
kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar