INOVASI DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM
PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA
Oleh : Andi Apriansah Polii ( @U33-Andi )
PENDAHULUAN
Dalam perkembangan zaman yang begitu cepat, dunia
bergerak begitu sangat cepat dan dinamis, dunia menuntut kita untuk terus
bergerak memberikan perubahan perubahan kecil dan berdampak besar bagi kita
maupun di lingkungan kita sendiri. Sekarang manusia dengan mudah dapat
mengakses berbagai kebutuhan yang diinginkan tanpa harus melewati prosedur yang
panjang dan berbelit[1]belit.
Di era milenial ini kegiatan manusia dipenuhi oleh akses yang cepat dan saling
terhubung dimulai dari akses komunikasi yang tak terbatas yang saling terhubung
dan sekarang juga manusia dengan sangat dimudahkan oleh beberapa kemudahan yang
dihadirkan oleh perkembangan zaman yang begitu cepat ini, manusia sekarang
dengan mudah dapat mengakses hampir semua kebutuhannya, sekarang hadir pasar
pasar online yang dulu kita kenal dengan pasar tradisional atau pasar swalayan
maupun pasar yang langsung bertatap muka antara penjual dan pembeli tetapi pada
era ini kita mengetahui dengan seksama bahwa manusia dimudahkan dengan hadirnya
toko online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya ditambah lagi
kehadiran alat transportasi modern yang milenial dan serba terhubung dan
terkoneksi seperti Go-jek, Grab dan lain sebagainya dan juga manusia juga
semakin mudah dalam mengakses makanan siap saji seperti Go-food dan beberapa
jenis yang lainnya. Pada zaman sekarang, betapa beruntungnya manusia memiliki
teknologi yang begitu cerdas yang memudahkan seluruh aktivitas manusia itu sendiri.
Hadirnya beberapa perusahaan-perusahaan tersebut diatas merupakan hasil kerja
keras inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang selalu menggali potensi
dalam dirinya. Perusahaan-perusahaan di atas merupakan perusahaan yang sudah
lama ada di tengah-tengah masyarakat tetapi dengan
ilmu pengetahuan dan pembaharuan, perusahaan perusahaan tersebut atau
usaha-usaha tersebut diubah fungsinya dan diubah mekanismenya untuk lebih
mendekatkan diri kepada konsumen sehingga konsumen dengan nyaman dan dengan mudah
dapat mengakses kebutuhannya setiap hari.
PEMBAHASAN
Peran inovasi dalam kewirausahaan sangatlah penting.
Tanpa adanya inovasi, suatu usaha bisnis tidak akan bisa berjalan ketika
menghadapi tantangan. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu upaya
atau kegiatan mengembangkan atau memaksimalkan sumber daya yang ada. Sumber
daya tersebut bisa berupa modal, pemikiran bahkan hubungan kerja sama dengan
orang lain. Dengan adanya inovasi, seorang usahawan dapat memaksimalkan
usahanya. Selain inovasi, dalam berwirausaha juga diperlukan adanya sifat
kreatif. Sifat kreatif ini memiliki pengertian yang hampir sama dengan inovasi.
Namun pada sifat kreatif, pengusaha menggunakan sumber daya yang belum ada atau
menemukan cara baru. Sedangkan pada inovasi sudah ada sumber daya, tinggal
memaksimalkan atau menggunakan sumber daya tersebut secara maksimal. Kunci
utama seseorang setelah memutuskan untuk menjadi entrepreneur ialah berpikir
kreatif. Tanpa kreatifitas mimpi anda hanyalah angan-angan saja. Anda akan
menemui banyak kendala ketika memulai menjadi entrepreneur, bahkan ketika anda
belum mulai memutuskan untuk menjadi entrepreneur.
Berpikir kreatif harus memiliki dasar pola pikir
kreatif. Hal ini dapat membantu memecahkan permasalahan guna menemukan solusinya.
Berpikir kreatif memiliki banyak manfaatbagi kita atau dalam berwirausaha.
Kegunaan Pola Pikir Kreatif Menurut Hendro, (2011:105),
kegunaan pola pikir kreatif yaitu : 1. Menemukan
gagasan, ide, peluang, dan inspirasi baru. 2. Mengubah masalah atau kesulitan
dan kegagalan menjadi sebuah pemikiran yang cemerlang untuk langkah
selanjutnya. 3. Menemukan solusi yang inovatif. 4. Menemukan suatu kejadian
yang belum pernah dialami atau yang pernah ada hingga menjadi sebuah penemuan
baru. 5. Menemukan teknologi baru. 6. Mengubah keterbatan yang ada sebelumnya
menjadi sebuah kekuatan atau keunggulan. Dalam perkembangan usaha yang begitu
pesat, para entrepreneur dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif dalam
memunculkan ide-ide baru dalam suatu produk yang ingin dihasilkan, permintaan
konsumen yang banyak serta unik membuat entrepreneur harus mampu menjawab
kebutuhan tersebut.
Jadi dalam hal tersebut para entrepreneur harus
memiliki inovasi dan kreativitas dalam dirinya sehingga sesuatu yang dihasilkan
dapat menjawab kebutuhan konsumen. Peran inovasi dan kreativitas telah banyak
meramba dunia usaha saat ini, seperti halnya usaha transportasi, dahulu kita
mengenal jasa transportasi dengan sebutan “Ojek Pangkalan”, dengan kesusahan dan
keresahan yang dialami oleh Nadiem Makarim (Mantan CEO Go-Jek) dalam mengakses
jasa ojek pangkalan, maka Nadiem mulai berpikir sesuatu yang baru yang belum
pernah ada sebelumnya, yakni menciptakan aplikasi berbasis online untuk
mengakses jasa ojek, lalu dengan kemampuan dan tekad yang besar mantan CEO
gojek tersebut berhasil menciptakan suatu hal baru dalam dunia usaha jasa
transportasi yakni “GO-JEK”. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menjawab
permintaan konsumen yang dapat mengakses jasa ojek dengan mudah dan cepat. Dari
hal tersebut Inovasi timbul dari permasalahan mengakses ojek pangkalan yang
begitu sulit dikarenakan kita harus ke pangkalan ojek untuk mendapatkan jasa
transportasi. Dari permasalahan tersebut dibuatlah suatu aplikasi On-line yakni
Go-jek untuk kebutuhan konsumen sehingga mudah dan cepat untuk mengakses jasa
ojek tanpa tidak harus ke pangkalan ojek lagi, tinggal pesan melalui aplikasi
dan menunggu di tempat beberapa saat, hingga tukang ojek datang dan diantar
sesuai aplikasi tujuan. Kreativitas yang timbul yaitu penggunaan alat teknologi
yakni memanfaatkan Hp (smart phone) untuk mengakses jasa transportasi on[1]line.
Kreativitas lainnya yang timbul yakni membuka lapangan pekerjaan, banyak
masyarakat yang dulunya tak mempunyai pekerjaan merasa terbantu dengan hadirnya
Go-jek, karena memiliki pendapatan yang tetap tiap bulannya dan ditambah lagi
bonus yang diberikan selama bekerja. Jadi peran inovasi dan kreativitas
sangatlah penting dan menjadi kunci dalam pengembangan berwirausaha karena mampu
menjawab permasalahan yang ada, mengubah suatu masalah menjadi pemikiran yang
cemerlang, hadirnya terobosan-terobosan baru, serta mampu mengubah keterbatasan
yang ada, sesuatu yang tak mungkin menjadi sesuatu kekuatan dan keunggulan.
Faktor-faktor Pendukung Keberhasilan Inovasi Menurut
James Brian Quinn Hendro, (2011:122)
faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan
penerapan kemampuan inovatif adalah sebagai berikut: a. Harus Berorientasi
Pasar Banyak inovasi yang sekedar pemecahan masalah kreatif tetapi tidak
bersifat dan mempunyai keunggulan bersaing di pasar. Hubungan inovasi dengan
pasar yang didalamnya ada 5C, yaitu Competitor (pesaing), Competition
(persaingan), Change of Competition “perubahan persaingan”, Change Drive
(penentuan arah perubahan), dan Customer Behavior (perilaku konsumen). b. Mampu
Meningkatkan Nilai Tambahan Perusahaan Ada nilai tambah (value added) sehingga
bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. c. Punya
Unsur Efisiensi Dan Efektivitas Tanpa 2E yaitu faktor fisiensi dan faktor
efektivitas dari sebuah inovasi yang ditemukan maka inovasi tersebut tidak
mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi kemajuan perusahaan d. Harus
Sejalan Dengan Visi Dan Misi Perusahaan Inovasi harus sejalan dengan visi dan
misi perusahaan agar tidak menyimpang
dari arah pertumbuhan usaha. e. Harus Bisa Ditingkatkan Lagi Inovasi harus bisa
di inovasikan lagi sehingga terjadi inovasi yang berkelanjutan hingga
menumbuhkan perusahaan menjadi lebih baik dan lebih berkembang. Dari kelima
faktor-faktor pendukung keberhasilan Inovasi tersebut kunci utama dipegang oleh
seorang Entrepreneur yang harus berani mengambil suatu tindakan untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan memanejerialkan para bawahan untuk
memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka sehingga pelaksanaan suatu
pemecahan masalah dapat berlangsung dengan baik.
Kesimpulan
Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat para
entrepreneur dituntut untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik, terus untuk
menggali potensi dan terus untuk memunculkan ide-ide dan gagasan yang baru dan
unik. Aktivitas usaha sangat memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan
cepat tanggap terhadap setiap perubahan. Inovasi dan kreativitas sangat
berperan penting dan telah banyak merubah wajah perindustrian dan usaha di
tanah air maupun di manca negara. Inovasi hadir untuk menjawab setiap
permasalahan yang ada sehingga mampu memberikan terobosan-terobosan baru di
dalam perusahaan, dan perindustrian, dan kreativitas hadir dengan menjawab
permasalahan yang ada dengan memberikan pikiran-pikiran baru, terampil,
berorintasi berbeda dari orang lain. Inovasi dan kreativitas hendak dan harus
dimiliki oleh setiap entrepreneur agar mampu bersaing dengan pesaing yang lain,
dan juga mampu menjawab setiap permintaan konsumen yang unik dan beragam. Jika
ingin bertahan di pasar, seorang entrepreneur harus mampu memunculkan produk
yang baru disertai sentuhan yang unik di dalam produknya tersebut dan itu tidak
terlepas dari kemampuan inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh setiap
entrepreneur dalam memunculkan ide, pemikiran, gagasan, terobosan serta
orientasi yang berbeda dibanding orang lain. Oleh karena itu Inovasi dan
Kreativitas dalam pengembangan berwirausaha sangatlah penting.
DAFTAR
PUSTAKA
Hadiyati, Ernani. 2012. Kreativitas Dan Inovasi
Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil, Vol. 1, No. 3,
September, 135-151. Malang : Universitas Gajayana.
Ir. Hendro M.M. 2011. Dasar-dasasr Kewirausahaan.
Jakarta, Erlangga.
Ramdhan, Hendry E. 2012. Bisnis Kreatif di Rumah.
Jakarta : Penebar Plus* (Penebar Swadaya Grup)
Redaksi Indonesia Cerdas. 2009. Untung Besar Modal 2
Juta. Indonesia Cerdas (Anggota Ikapi). Yogyakarta
Sa’ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan.
Bandung : Alfabeta
Suryana, 2003.
Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Salemba empat.
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar