OLEH
:
ANNISA
SUCI KURNIAWATI
(@S08-ANNISA)
ABSTRAK
Pemasaran produk
adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Ada banyak strategi pemasaran
produk yang dapat diterapkan oleh para pengusaha maupun perusahaan di jaman
yang serba canggih seperti sekarang ini. Meski demikian, beda perusahaan, beda
juga cara memasarkan produk yang bisa diterapkan. Untuk itu, penting untuk
membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perusahaan.
Penetapan strategi pemasaran digunakan untuk mencapai
sasaran-sasaran pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan
keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan
alokasi pemasaran.[2] Perencanaan strategi pemasaran dilakukan
dengan mengembangkan keunggulan bersaing dan program pemasaran yang digunakan
untuk melayani pasar sasaran
Kata kunci : Strategi pemasaran,fungsi dan tujuan
PENDAHULUAN
Pemasaran produk merupakan kunci utama, untuk menjadi adaptasi para pelaku usaha akan persaingan yang sedang dihadapi. Dengan pemasaran produk,para pelaku usaha dapat membaca peluang usaha yang ada,cara untuk menjangkau customer , bahkan tau kekurangan dan kelebihan terhadap produk yang diciptakan dengan produk sebelumnya.
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran adalah tujuan dan sasaran pemasaran
perusahaan yang digabungkan menjadi satu rencana yang komprehensif. strategi
pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa
sehingga akan menghasilkan keuntungan. Dalam konteks ini, kata 'barang' berarti
sama dengan 'produk'
B.
FUNGSI STRATEGI PEMASARAN
Terdapat empat garis besar yang dapat
menjelaskan tentang fungsi strategi pemasaran. Berikut ulasannya:
- Terdapat standar penilaian prestasi kerja
anggota pada bidang usaha maupun perusahaan. Dengan standar ini, maka
pengawasan kualitas dan mutu bisa menjadi semakin efektif.
- Sebagai alat bantu dalam meraih berbagai
tujuan perusahaan dalam jangka waktu panjang dan pendek.
- Untuk mengatur jalannya bisnis. Sehingga,
koordinasi tim pemasaran bisa berjalan secara efektif dan sesuai dengan
target.
- Akan meningkatkan motivasi pada bisnis yang
tengah dilakukan. Strategi pemasaran mengharuskan para pelaku bisnis agar
bisa memperkirakan jalannya bisnis pada masa yang akan datang. Serta bisa
memberi semangat usaha sehingga bisnis bisa berjalan optimal.
C.
TUJUAN STRATEGI PEMASARAN
1.
Menjadi kegiatan dalam pengembangan
kemampuan bisnis agar bisa melakukan adaptasi.
2.
Untuk dasar pemikiran dalam
pengambilan keputusan pemasaran.
3.
Dipakai untuk media ukur dari hasil
pemasaran berdasar pada standar prestasi yang telah ditentukan.
4.
Supaya tim pemasaran bisa
meningkatkan kualitas koordinasi diantara individu-individu di dalamnya.
D. KONSEP STRATEGI PEMASARAN
Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran
produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah.
Berikut konsep khusus strategi pemasaran.
a.
Segmentasi Pasar
Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih
dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.
Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi
satuan pasar yang bersifat homogen.
b.
Positioning Market
Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan
konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda.Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi
kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis.Hal ini dilakukan
karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.
c.
Market Entry Strategy
Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan
jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah market
entry strategy.Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika
perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu.
Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu
·
Membeli perusahaan lain
·
Internal Development
·
Kerjasama dengan perusahaan lain
d.
Marketing Mix Strategy
Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel
yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.Berikut
variabel yang terdapat pada marketing mix.
·
Product
·
Price
·
Place
·
Promotion
·
Participant
·
Process
·
People Physical Evidence
e.
Timing Strategy
Disini perusahaan perlu melakukan berbagai
persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk
mendistribusikan produk ke pasar.Ini adalah merupakan penjabaran dari timing
strategy pada konsep strategi pemasaran.Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda
dapat melakukan beberapa persiapan konsep strategi pemasaran di bidang
produksi.Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk
mendistribusikan produk ke pasar.
Bagaimana Cara
Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif?
Untuk bisa memiliki strategi
pemasaran yang efektif, Anda perlu mengetahui pesaing Anda dan mengetahui bahwa
apa yang Anda tawarkan kepada klien memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki
oleh pesaing (FAB ANALYSIS- fitur, keunggulan, dan manfaat).Setelah itu,
tentukan target pasar Anda dengan cara menentukan demografis dan psikografis
karena ini akan membantu untuk mengetahui mengapa mereka perlu membeli produk
atau layanan dari Anda.
Tetapkan tujuan dan proses seperti ini:
• Analisis posisi di pasar: identifikasi target audiens,
persaingan dan apa yang terjadi di perusahaan. Selain itu, tentukan aspek mana
yang kuat dan mana yang harus Anda optimalkan.
• Tetapkan tujuan: buat merek dan tujuan penjualan yang
dapat dicapai, kemudian tentukan jangka waktu untuk mencapainya.
• Rancang taktik: setelah Anda memeriksa lanskapnya, buat
garis tindakan berdasarkan strategi yang Anda ketahui.
• Menerapkan kontrol: tentukan bagaimana Anda akan mengukur
pencapaian tujuan dan bagaimana Anda mengharapkan kinerja tersebut meningkat
secara bertahap.
MIND MAPPING
SUMBER REFERENSI
https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-tepat/
https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran
https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran
https://www.kuncie.com/posts/strategi-pemasaran-produk
https://www.wartaekonomi.co.id/read340149/apa-itu-strategi-pemasaran?page=2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar