Oleh : Alwan
Nurfadli @S13-ALWAN
Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli
Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki
definisi masing-masing. Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli adalah
sebagai berikut, apa saja itu?
1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital marketing adalah
kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan
berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media
sosial.
2. Kleindl dan Burrow (2005)
Pengertian digital marketing adalah suatu proses
perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.
Secara sederhana dapat diartikan
sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara
konsumen dan produsen.
3. Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing menggunakan
perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak
digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat
berpengaruh.
Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan
Traditional Marketing
Sebelum masuk ke dalam kelebihan digital marketing, sebenarnya apa
saja medium pemasaran untuk digital marketing dan juga traditional marketing?
Untuk digital marketing sendiri, ada:
·
Search Engine Optimization (SEO): memanfaatkan
search engine untuk marketing dan promosi.
·
Iklan online: memasang iklan di
beberapa media sosial dan platform lainnya, seperti Google,
Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya.
·
Email marketing: memanfaatkan
email blasting untuk melakukan promosi.
Sedangkan
untuk traditional marketing, ada:
·
Memasang iklan di media cetak, seperti koran,
majalah, brosur.
·
Memasang iklan di billboard.
·
Menghubungi pelanggan via telepon atau SMS.
·
Menggunakan media promosi seperti katalog dan
kartu pos
Dari perbedaan di antara keduanya, sudah terlihat jelas bahwa digital
marketing sudah berhasil memanfaatkan teknologi terbaru pada saat ini untuk
promosi. Selain itu, masih ada lagi kelebihan digital marketing dibandingkan
traditional marketing. Diantaranya adalah :
1.
Menjangkau banyak orang
Dengan menggunakan teknologi internet, digital marketing memberikan akses
luas kepada perusahaanmu dalam memilih target konsumen. Tidak hanya menargetkan
orang-orang lokal, namun kamu juga bisa melebarkan target konsumen kamu
se-Internasional. Karena internet menghubungkan dan dapat diakses semua orang
dari seluruh belahan dunia, maka pesan yang kamu sampaikan dapat menjangkau
orang banyak dalam waktu yang bersamaan.
2. Hemat biaya
Digital marketing memiliki biaya yang jauh lebih murah daripada
traditional marketing. Hal ini dikarenakan kamu dapat memasarkan produk kepada
orang banyak sekaligus. Kalau kamu menggunakan traditional media, untuk
menjangkau orang banyak, kamu harus siap membayar mahal, seperti beriklan di tv
atau memasang billboard di jalan. Sedangkan melalui digital marketing, kamu
dapat menggunakan social media. Meskipun berbayar, tapi prosesnya akan lebih
efektif dan efisien, dan hasilnya juga memuaskan.
3.
Adanya interaksi dengan konsumen
Masalah interaksi antar perusahaan dan konsumen ini telah dipecahkan oleh
kemunculan digital marketing. Media seperti social media memungkinkan kamu
untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Mereka bisa memberikan feedback
terhadap informasi yang kamu sajikan, dan sebaliknya, kamu juga bisa memberikan
solusi langsung terhadap masalah yang mereka ungkapkan.
4. Branding
Dengan mengoptimalkan konten marketingmu, kamu bisa melakukan branding
melalui digital marketing. Channel seperti website, social media, dan email juga
Greader bisa manfaatkan untuk membangun identitas brand kamu secara personal.
5.
Biaya
Pemasaran Lebih Murah
Digital marketing lebih murah ketika sudah diterapkan. Dengan pemanfaatan
teknologi yang ada, sudah pasti tidak memakan biaya sebesar traditional
marketing. Apalagi jangkauannya lebih besar dan lebih cepat juga. Inilah
mengapa digital marketing lebih baik digunakan sejak dini. Semua perusahaan
bisa menggunakan digital marketing tanpa terkecuali.
Strategi Digital Marketing
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan
peringkat teratas dari hasil pencarian.
Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem
mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2. Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal
tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk
menjadi pembeli.
Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media
sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara
berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta
laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital
seperti email dan media sosial.
4. Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda
dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu
mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap
kliknya.
5. Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki
kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan
berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted
Post di Instagram dan Facebook.
6. Affiliate Marketing
Affiliate
Marketing adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs
orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke
bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
7. Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial
seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan
sarana untuk membesar-besarkan brand.
Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial
untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan
kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi
formal.
Mengapa
Digital Marketing Penting Bagi Bisnis/Usaha
Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital
marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam
memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.
Digital marketing dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan
reputasi suatu bisnis secara online di semua platform digital.
Dengan semakin mudahnya akses internet saat ini, jumlah pengguna internet
pun semakin meningkat setiap harinya. Orang-orang lebih sering menghabiskan
waktu di internet.
Kegiatan berbelanja pun kini lebih banyak dilakukan secara online, ini
berarti pemasaran offline tidak seefektif dulu.
Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens
daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak
audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur.
Referensi:
·
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
·
https://toffeedev.com/blog/kelebihan-digital-marketing-dibanding-traditional-marketing/
·
https://garudacyber.co.id/artikel/1078-5-kelebihan-digital-marketing-dibanding-traditional-marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar