Seberapa
pentingnya digital marketing
Disusun
Radius
bagas yoga (@S12-RADIUS)
Pendahuluan
Marketing adalah upaya untuk
memperkenalkan produk kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan
beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi
pengembangan produk.
Marketing berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bisa dikatakan tidak ada bisnis yang sukses tanpa upaya marketing yang baik
Digital marketing berasal dari dua kata yaitu 'digital' dan 'marketing' yang artinya pemasaran digital. Atau dapat juga diartikan sebagai sistem pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet, dalam hal ini bisa berupa website, sosial media, ataupun platform lainnya.
Pembahasan
Heidrick & Struggles (2009)
Menurut
Heidrick dan Struggles, digital marketing memanfaatkan perkembangan dunia
digital untuk periklanan yang tidak terlalu digembar-gemborkan namun memilki
efek yang sangat besar.
Kleindl dan Burrow (2005)
Menurut
Kliendl dam Burrow, arti dari digital marketing adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Atau bisa
juga diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling
menguntungkan antara konsumen dan produsen.
Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang
yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh
transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar
yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran
tradisional.
Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga
dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi
pasif.
Manfaat dari digital marketing
1. Mudah menemukan konsumen sesuai
dengan target yang direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis
yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari
produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan
konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.
Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien
2. Meningkatkan profit bisnis yang
dijalankan
Salah
satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi
berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian
banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu
jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing
membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu
akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan
pemasaran offline.
3.
Menghemat Biaya
Pemasaran
Manfaat yang paling dinikmati oleh para pebisnis adalah biaya jauh lebih murah dibandingkan pemasaran yang dilakukan secara konvensional atau tradisonal. Jika sebelumnya kita mengeluarkan biaya untuk brosur, baliho atau buat iklan di radio maupun televisi, digital marketing dapat menghemat biaya promosi tersebut.
4.
Sarana Penghubung yang
Baik
Digital marketing telah menciptakan beragam cara untuk tetap
terhubung seara langsung dengan konsumen. Walaupun belum mengenal satu sama
lainnya, dengan digital marketing ini bisa melakukan engangement atau meraih
konsumen dengan membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen. Oleh sebab
itu, digital marketing menjadi sangat diminati karena bisa lebih dekat dengan
konsumen.
Tujuan dari digital
marketing adalah
1.
Engagement
Media digital saat sudah semakin canggih, kita bisa mengukur engagement audiens di semua platform media untuk mengetahui sejauh mana kegiatan promosi yang dilakukan. Platform digital marketing seperti email, media sosial, dan website semuanya bisa mengukur engagement.
2.
Awareness
Awareness merupakan salah satu kunci agar bisnis dikenal banyak orang, jika bisnis sudah dikenal oleh khalayak umum maka tak menutup kemungkinan angka penjualan akan naik. Tujuan digital marketing kali ini bisa digunakan oleh semua perusahaan, dari besar hingga skala ukm sekalipun.
3.
Publikasi Konten atau Edukasi
Kadang, perusahaan harus memastikan penyebaran informasi
kepada khalayak ramai. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap
stakeholder. Tujuan publikasi konten ini untuk memastikan jumlah konten dan
sebaran audiens yang menerima konten tersebut.
4. Relasi
Pelanggan
Tujuan digital marketing selanjutnya yaitu menawarkan cara
yang efisien agar selalu bisa hadir untuk konsumen. Banyak perusahaan sudah
mencoba relasi pelanggan, contohnya seperti membalas pertanyaan umum, komplain,
dan lain sebagainya.
5. Penjualan
Tujuan utama dari digital marketing tak lain adalah untuk meningkatkan penjualan, dengan promosi yang dilakukan, harapannya banyak audiens yang tertarik dan beralih menjadi pembeli, dan pembeli beralih menjadi konsumen tetap.
Refrensi
1. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-marketing/
2. https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/
3. https://dosenekonomi.com/bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar