Oleh : Hamid Afifudin (@S10-HAMID)
Bootstrapping adalah jalur atau strategi pengembangan usaha
dimana pendiri (founder) atau
pemilik (owner) usaha
memilih untuk mengandalkan kekuatan internal. Bagaimana maksudnya? Jadi, pelaku
usaha yang memilih untuk bootstrapping adalah
yang umumnya memulai bisnis baru dengan modal seadanya dari kantong atau
simpanan sendiri dan kemudian mengandalkan perputaran pendapatan dalam
mengembangkan usahanya. Kalau dalam konteks Indonesia, bisa dibilang bootstrapping ini
adalah strategi memulai usaha dengan modal
dengkul. Pelaku usaha yang memulai dengan strategi bootstrapping ini
umumnya memulai usaha dengan modal kecil, bahkan bisa dengan tanpa modal uang
sama sekali. Ide untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan anggaran
rendah dan bootstrap adalah
topik yang sangat hangat, dan bukan hanya untuk pemilik bisnis yang sangat hemat. Kabar
baiknya adalah tidak perlu membayar
utang satu dekade untuk memulai bisnis , jika bersedia meluangkan sedikit waktu
dan minyak siku. Faktanya, sangat mungkin untuk tidak hanya memulai bisnis
dengan anggaran terbatas tetapi juga mengembangkan bisnis dengan investasi minimal.
Pemasaran
adalah salah satu area paling fleksibel dan berpotensi tinggi di mana dapat
memaksimalkan anggaran bootstrap. Ada begitu banyak cara untuk menyebarkan
berita tentang bisnis tersebut , tanpa menghabiskan banyak uang. Berikut
adalah lima teknik pemasaran bootstrap yang dapat diintegrasikan ke dalam rencana
pemasaran.
Buat Daftar Email
Pemasaran
email adalah cara ekonomis untuk tetap berhubungan dengan
pelanggan, mempromosikan produk, dan meningkatkan pengenalan merek. Ini
adalah aktivitas jangka panjang yang mungkin tidak akan menghasilkan penjualan
instan, tetapi membangun daftar email adalah salah satu tujuan bisnis
yang harus dimiliki setiap pemilik bisnis kecil.
Langkah
pertama adalah mendaftar ke layanan
pemasaran email yang memungkinkan untuk mengumpulkan alamat email dengan mudah,
mengirim pesan yang ditargetkan, dan melacak responsnya.
Setelah
memiliki sistem, dorong pelanggan dan calon pelanggan untuk mendaftar dengan:
·
Menawarkan unduhan gratis sebagai imbalan
untuk mendaftar
·
Menjanjikan penawaran khusus dan diskon untuk
pelanggan
·
Meluncurkan buletin email bulanan
·
Memberikan tips, saran, dan informasi
eksklusif lainnya kepada pelanggan
Hal
terpenting untuk diingat dengan kampanye pemasaran email apa pun adalah harus
menjelaskan dengan jelas untuk apa orang mendaftar, berjanji untuk tidak
menjual atau membagikan alamat email mereka, dan memberi pelanggan cara mudah
untuk berhenti berlangganan jika mereka memutuskan tidak mau untuk menerima
pesan di lain waktu.
Kenali Pelanggan
Bagian
utama dari rencana pemasaran yang efektif adalah pemahaman menyeluruh tentang
target pasar. Semakin mengenal dan memahami pelanggan , semakin mudah
untuk menjual apa yang mereka butuhkan dan inginkan.
Dan
semakin bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, semakin mereka akan membeli dari
kita dan merujuk ke orang
lain. Inilah sebabnya mengapa meluangkan waktu untuk mengenal pelanggan
adalah teknik pemasaran bootstrap yang kuat. Ada banyak cara untuk mengenal
pelanggan dan menunjukkan kepada mereka betapa berartinya mereka bagi usaha
kita:
·
Mintalah testimonial klien dan gunakan dalam
materi pemasaran
·
Kirim sampel gratis kepada pelanggan
sebelumnya dan insentif lainnya untuk mendapatkan kembali bisnis mereka
·
Buat survei kepuasan pelanggan dan
lacak hasilnya sehingga Anda dapat terus meningkatkan bisnis
·
Kirim hadiah liburan ke klien terpenting
·
Kumpulkan ulang tahun pelanggan dan kirim
kupon atau penawaran khusus setiap tahun
·
Buat program hadiah "pembeli yang sering"
Meskipun
kita mungkin memasarkan ke grup besar, jika ingin memikirkan setiap pelanggan
secara individual. Pertimbangkan kebutuhan individunya, dan
personalisasikan pesan dan pendekatan pemasaran Anda untuk memenuhi kebutuhan
tersebut. Dengan membuat pelanggan merasa dihargai, kita sedang menyiapkan
panggung untuk hubungan jangka panjang.
Gunakan Media Sosial
Jika
belum mulai menggunakan media
sosial untuk bisnis ,kita berpotensi kehilangan cara yang
sangat mudah dan hemat biaya untuk menjangkau audiens target pasar atau
konsumen. Tidak hanya media sosial menjadi bentuk pemasaran online yang
paling umum digunakan, tetapi pelanggan kita sekarang mengharapkannya. Jika
perusahaan tidak memiliki halaman
Facebook bisnis , misalnya, kemungkinan bisa kehilangan banyak bisnis karena pesaing yang
melakukannya.
Kita
mungkin sangat menyadari situs sosial seperti Twitter dan Facebook dan telah
melihat bisnis menggunakan situs ini untuk menyebarkan berita tentang produk
dan layanan mereka. Tetapi media sosial lebih dari sekadar Twitter atau
Facebook. Ada ratusan cara dapat menggunakan media sosial untuk
mempromosikan bisnis termasuk:
·
Mulai blog
untuk bisnis
·
Berlangganan ke blog lain yang terkait dengan
topik Anda dan komentari posting blog secara konsisten
·
Rekam video untuk bisnis Anda dan unggah ke
saluran YouTube bermerek
·
Daftarkan bisnis Anda di Google Places
·
Mulai bookmark sosial konten online
·
Buat akun Pinterest untuk bisnis yang menyoroti produk, layanan, atau sumber
daya lainnya
Dengan
aktivitas pemasaran media sosial apa pun, pastikan kita meluangkan waktu untuk
menguraikan tujuan dan membuat rencana sebelum terjun ke dalamnya. Ini mungkin
media yang cepat dan mudah, tetapi tidak ingin mengambil jalan pintas dalam hal
pemasaran yang baik. terorganisir, pendekatan strategis.
Berikan Sesuatu
Semua
orang suka mendapatkan sesuatu secara gratis, jadi menawarkan sampel atau
barang gratis bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik
pelanggan baru . Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
·
Memberikan kupon atau sampel sebagai ucapan
terima kasih saat pelanggan mendaftar ke daftar email
·
Menjalankan kontes yang memberikan produk
kepada pemenang
·
Merancang telekonferensi, webinar, atau
lokakarya lokal gratis untuk target pasar
Satu
hal yang perlu diingat adalah nilai barang atau sampel yang berikan. Jika ingin memberikan representasi
yang baik dari bisnis sehingga anda ingin item gratis berkualitas tinggi,
relevan dan berguna, tidak murah. Tnetu juga harus memastikan bahwa anda
tidak memberikan terlalu banyak; bertujuan untuk "rasa" yang
membuat pelanggan/customer menginginkan lebih.
Jika
gratisan tidak tepat untuk bisnis , bisa juga dapat memberikan waktu dengan cara yang mempromosikan merek. Pertimbangkan
untuk menyelenggarakan acara amal, menyumbangkan waktu dan keahlian Anda secara
pro bono ke lembaga nonprofit, atau bahkan mensponsori tim olahraga lokal.
Pergi ke akar
Terkadang,
tidak ada cara yang lebih baik untuk mempromosikan bisnis dengan anggaran terbatas selain cara kuno --
turun ke jalan dan berbicara dengan orang-orang. Bahkan jika bisnis anda
terutama online, anda masih memiliki komunitas lokal dengan bisnis lokal
lainnya, dan memperluas
aktivitas pemasaran anda untuk memasukkan bisnis tersebut dapat
menjadi cara yang bagus untuk membangun dukungan.
Beberapa
cara yang paling jelas untuk memaksimalkan komunitas lokal anda adalah dengan
bergabung dengan Kamar Dagang atau organisasi profesional lokal
lainnya. Kemudian, setelah anda melakukannya, Anda ingin bersiap
dengan elevator
pitch dan kartu
nama yang efektif sebelum Anda memulai jaringan.
Berikut
adalah beberapa ide pemasaran bootstrap akar rumput lainnya untuk dijelajahi:
·
Luncurkan kemitraan strategis dengan bisnis
pelengkap
·
Co-sponsor sebuah acara dengan bisnis lokal
lainnya
·
Gunakan pemasaran yang dapat dikenakan
(kemeja, topi, tas) untuk promosi pasif "on-the-street"
·
Gunakan tanda trotoar untuk mempromosikan
produk dan layanan Anda
Seperti
halnya teknik pemasaran lainnya, meluangkan waktu untuk membuat rencana
pemasaran dan mengembangkan strategi akan
meningkatkan peluang keberhasilan. Dan ini sangat penting ketika bekerja
dengan anggaran kecil karena setiap tindakan yang diambil harus
diperhitungkan. Gunakan tutorial rencana pemasaran langkah demi langkah
ini untuk memasukkan salah satu atau semua teknik pemasaran bootstrap ini ke
dalam bisnis yang dijalankan.
Daftar Pustaka
https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/68
https://www.investopedia.com/terms/b/bootstrapping.asp#:~:text=Bootstrapping%20describes%20a%20situation%20in,revenues%20of%20the%20new%20company.
https://accurate.id/bisnis-ukm/bootstrapping-adalah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar