Rohmah Fitriani @S14-ROHMAH
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini sangat berkembang pesat walaupun diera pandemi yang serba susah. UMKM tetap betahan dengan segala inovasi dan kreativitas yang dimiliki agar tetap memiliki konsumen dan produk yang dijual tetap memiliki peminat. Sebagai penyumbang PDP terbesar, UMKM memiliki peranan sangat penting bagi negara.
Salah
satu strategi yang dimiliki oleh UMKM di era pandemi agar dapat menjangkau
khalayak ramai diberbagai penjuru kota adalah salah satunya dengan melakukan
pemasaran secara digital. Pemasaran digital ini biasanya melewati website atau
sejumlah platform belanja seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Dengan
adanya pemasaran digital diharapkan pembeli dapat membeli dengan mudah tanpa
perlu pergi berbelanja secara langsung.
1.2 Rumusan
Masalah
a.
Apa yang dimaksud dengan pemasaran digital?
b.
Mengapa harus menggunakan pemasaran digital?
c.
Apa saja pilar pemasaran digital?
1.3 Tujuan
a.
Mengetahui apa yang dimaksud dengan pemasaran
digital.
b.
Mengetahui mengapa harus menggunakan pemasaran
digital untuk UMKM.
c.
Mengetahui
apa saja pilar dalam pemasaran digital
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pemasaran Digital
Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan
dengan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon
seluler, atau media digital lainnya. Ini juga merupakan istilah umum yang
mencakup berbagai strategi pemasaran seperti Pemasaran Media Sosial,
Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO), dan Pemasaran Email. Dibandingkan dengan
metode pemasaran tradisional seperti media cetak, papan reklame, dan TV,
pemasaran digital pada dasarnya didorong oleh data.
Banyak platform periklanan digital populer saat ini
menyediakan akses ke laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif.
Dengan kekuatan gabungan dari internet dan teknologi, Pemasar Digital saat ini
dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari perilaku pelanggan yang berbeda
atau keterlibatan pengguna, memungkinkan mereka untuk memfasilitasi konten dan
iklan yang lebih dipersonalisasi ke arah audiens yang ditentukan dengan jelas
untuk keterlibatan dan hasil yang lebih baik.
2.2 Manfaat
Menggunakan Pemasaran Digital
Pemasaran
digital menawarkan banyak sekali keunggulan yang berfungsi memudahkan pelaku
usaha dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Berikut manfaat
pemasaran digital yang dapat dirasakan
- Dapat dipantau dan
terukur. Dengan kemajuan teknologi untuk mengukur keefektifan pemasaran
dapat dilakukan melalui Google analytic, Google
Data Studio, atau Adobe Analytics. Melalui penerapan analitik digital,
data yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu bisa diakses kapanpun
dan dimanapun.
- Efisiensi dalam
optimasi. Munculnya platform media online telah
memungkinkan pemasar untuk membeli ruang iklan di berbagai situs web dan
aplikasi seluler dan meninjau laporan langsung dalam beberapa jam.
- Jangkauan luas dan
tertarget. Dengan banyaknya jumlah pemakai media sosial di dunia saat ini,
banyak dari platform media sosial ini juga memungkinkan untuk menargetkan
iklan ke audiens tertentu, misalnya menurut demografi, dan minat, dan pola
perilaku.
2.3 3 Pilar Pemasaran Digital
a. User Journey
User journey adalah
pertemuan dan interaksi pelanggan dengan merek Anda di semua saluran digital
dan non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang merek Anda. Ini
biasanya dimulai dari tahap kesadaran dan berakhir pada tahap pembelian atau
advokasi (loyalitas):
- Kesadaran: Pelanggan pertama
kali menyadari merek.
- Pertimbangan (minat /
evaluasi): Pelanggan perlu mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan
merek lain.
- Pembelian (Keinginan /
tindakan): Pelanggan siap untuk melakukan pembelian.
- Advocacy (Loyalty): Pelanggan
menyebarkan dari mulut ke mulut dan merekomendasikan merek tersebut kepada
teman-temannya.
Pelanggan biasanya
berinteraksi dengan materi iklan atau konten Anda di berbagai saluran digital
(media sosial, pencarian, iklan bergambar) dan masuk ke situs web Anda.
b.
Saluran Pemasaran Digital
Saluran pemasaran adalah
media yang digunakan organisasi atau bisnis untuk mengkomunikasikan atau
menyampaikan pesan kepada konsumen. Dalam digital marketing, saluran digital
adalah jalan di mana pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang
ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal. Contoh saluran
pemasaran digital meliputi:
- Pencarian
Organik (misalnya Google)
- Penelusuran
Berbayar
- Display
ads
- Email
- Media
sosial
- Refferal
(mis. Lalu Lintas melalui situs web lain)
c.
Materi Konten Yang Kreatif
Ini adalah konten
dalam bentuk grafik visual, teks, dan video yang dibuat dan dipasarkan oleh
merek Anda yang berinteraksi dan dicerna oleh pelanggan Anda, juga disebut
sebagai content marketing. Dibuat dengan se kreatif
mungkin agar target pasar dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.
2.4 Kelebihan Pemasaran
Digital
Digital marketing dapat menargetkan pasar secara
global karena pengguna dari sosial media itu sendiri sangat banyak. Dengan
kemudahan yang ada saat ini, berikut kelebihan pemasaran digital yaitu:
a. Biaya jauh lebih rendah
untuk jangkauan yang sama
b. Mempermudah komunikasi
berkala
c. Mudah dalam memilih target
spesifik
d. Mudah diukur
efektivitasnya
e. Mudah disesuaikan
Affinity Category (reach)
2.5 Cara Memulai Pemasaran Digital Bagi UMKM
Dalam memulai menggunakan pemasaran digital pihak
UMKM harus menyiapkan hal-hal berikut yaitu:
a.
Siapkan alat yang digunakan untuk
melakukan pemasaran. Alat bantu yang digunakan seperti: website, akun media
sosial, brand dan produk, unggahan blog dan jejak online (review, feedback dari
pelanggan, dll).
b.
Siapkan konten yang menarik perhatian,
konten dapat berupa foto, video, tulisan,dll
c.
Mulai mengunggah dan selanjutnya
evaluasi untuk memberikan feedback
d.
Bergabung dengan forum marketplace
public. Usahakan memiliki profil bisnis yang bagus karena akan berpengaruh
terhadap citra brand.
BAB III
KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan
Bisnis model canvas merupakan teknik yang efektif
untuk diterapkan di dalam perusahaan karena dapat membantu memetakan bisnis
secara terstruktur. Pelaku usaha dapat
menggunakan bisnis model ini untuk mewujudkan ide-ide
bisnis
menjadi hal yang konkret.
Dengan menggunakan model bisnis canva dapat memberikan manfaat berupa
mempersingkat penulisan perencanaan bisnis, meningkatkan fokus perusahaan
terhadap poin penting perencanaan bisnis, mengurangi resiko kekeliruan dalam
eksekusi bisnis. Tujuan pembuatan BMC adalah membantu perusahaan merancang
perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam
bisnis seperti: umber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak
terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.
DAFTAR PUSAKA
Gie.
2020. Pengertian Pemasaran Digital dan Bermacam Strateginya. Dalam: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-pemasaran-digital-dan-strateginya/
(Diakses 1 November 2021)
Digital, Sasana. 2021. Apa Itu Digital
Marketing. Dalam: https://sasanadigital.com/apa-yang-dimaksud-dengan-digital-marketing/ (Diakses 1 November 2021)
Entrepreneur,
Jurnal. 2021. Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing.
Dalam: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
(Diakses 1 November 2021)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar