Nama : Alfian Adhar
Kode
Pebisnis : @S22-ALFIAN
Strategi Pemasaran
Dalam perkembangan ekonomi di zaman modern
ini, pengertian pemasaran menjadi sangat penting dan merupakan salah satu
kegiatan-kegiatan utama dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya,
mempertahankan kelangsungan hidup usaha atau bisnis dan untuk mendapatkan
keuntungan.
Maka
dari itu kegiatan pemasaran yang dilakukan pelaku usaha harus dapat memberikan
kepuasan terhadap konsumen, hal tersebut dapat dilakukan dengan menjual produk
yang berkualitas serta menentukan cara-cara agar menarik minat masyarakat atau
calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.
Namun
untuk melakukan sebuah pemasaran, terlebih dahulu Anda harus membuat sebuah
strategi dalam memulainya. Pengertian strategi pemasaran menurut para ahli Tull
dan Keble menyampaikan dengan pengertian tujuan strategi pemasaran sebagai alat
yang fundamaental yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi atau
lembaga dengan mengembangkan keunggulan yang berkesinambungan melalui pasar
yang dimasuki dan program-program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar
sasaran tersebut.
Namun
secara umum, Pengertian strategi pemasaran merupakan salah satu cara dalam
mengenalkan produk kepada konsumen, dan hal ini menjadi penting karena akan
berhubungan dengan laba yang akan dicapai oleh perusahaan. Dan strategi
pemasaran akan berguna secara optimal bila didukung oleh perencanaan yang
terstruktur baik dalam segi internal maupun eksternal perusahaan.
Dan
sebelum melakukan berbagai macam promosi atau pendekatan pemasaran lainnya,
perusahaan harus terlebih dahulu membidik pasar atau segmen secara jelas.
Sebagian besar kegagalan usaha yang terjadi disebabkan oleh gagal nya
perusahaan mendefenisikan pasar yang dituju dan bagaimana potensinya.
Dengan
banyaknya jumlah konsumen dan keanekaragaman keinginan pembelian menyebabkan
perusahaan tidak dapat memasuki semua segmen pasar, perusahaan harus dapat
mengidentifikasi segmen pasar yang dapat dilayani paling efektif, yaitu dengan
melakukan sebuah pengertian strategi pemasaran tersebut.
Fungsi Strategi Pemasaran
adapun
fungsi yang terdapat dalam strategi pemasaran. Berikut beberapa fungsi yang
Anda dapatkan jika menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis Anda :
1.
Meningkatkan Koordinasi Pemasaran
2.
Menentukan Tujuan Perusahaan
3.
Distribusi Menjadi Lebih Efesien
Tujuan Strategi
Pemasaran
Dalam
melakukan sebuah strategi pemasaran, adapun tujuan-tujuan yang di dapat ketika
Anda melakukan strategi pemasaran, dan berikut beberapa tujuannya :
4.
Tujuan
strategi pemasaran adalah untuk Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim
pemasaran, hal ini dilakukan agar setiap anggota tim dapat bekerjasama dengan
baik, efektif dan efisien.
5.
Dilakukan
nya strategi pemasaran agar dapat mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard
prestasi yang berlaku, tanpa adanya pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak
bisa mengukur nilai penjualan apakah naik atau turun.
6.
Tujuan selanjutnya ialah
untuk memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan, dengan
data hasil penjualan maka perusahaan dapat menetapkan strategi yang akan
ditetapkan. Apakah akan menambah atau mengurangi produksi, atau keputusan
strategis lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar