Oleh Diran (@S06-DIRAN)
Dengan banyaknya toko busana yang menyebar di berbagai tempat meyebabkan ketatnya perasaingan dalam usaha tersebut. Persaingan ini membuat Griya Kalmbie harus mmebuat strategi pemasaran agar bisa meningkatkan omset penjualan dari hari ke hari. Selain itu strategi yang di susun bertujuan untuk mendapat gambara meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan total penjualan setiap bulannya dan ini juga sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antara toko pakaian yang lain.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Meningkatkan Omset
PENDAHULUAN
Strategi
pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang
berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa.
Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam
menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya
permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka diperlukan adanya perencanaan yang
menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi segmen perusahaan dalam menjalankan
kegiatannya, alasan lain yang menunjukkan pentingnya strategi pemasaran adalah
semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya.
Menurut
Assauri (2013), setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mengembangkan usahanya.
Tujuan tersebut dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan
laba perusahaan dengan cara meningkatkan penjualan produknya. Pemasaran
merupakan konsep kunci keberhasilan suatu bisnis dimana pemasaran dengan
memperhatikan keinginan dan kebutuhan pemenuhan pelanggan untuk tercapainya
kepuasan yang memberi dampak positif bagi perusahaan. Pemasaran juga merupakan
salah satu bidang fungsional yang sangat penting dalam suatu organisasi bisnis
sebagai penunjang bagi kelangsungan hidup suatu dunia usaha. Dalam usaha
penjualan busana, pemasaran merupakan salah satu fungsi yang sangat penting,
yang saat ini dipertimbangkan sebagai bagian dari manajemen karena meningkatnya
persaingan usaha toko-toko baru akan mendorong berkembangnya usaha pemasaran
toko pakain.
Menurut
Chandra (2002:93), strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan
ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program
pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran
tertentu. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat
mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya dalam hal mengubah harga,
memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan pilihan
saluran distribusi, dan sebagainya.
PEMBAHASAN
Berikut ini adalah strategi pemasaran yang di lakukan oleh Griya Klambie:
1. Strategi Segmentasi Pasar (Segmentation)
Strategi Segmentasi pasar yang di lakukan oleh Griya Klambie yaitu sebuah strategi yang dilakukan untuk membagi kelompok konsumen ke beberapa kategori seperti kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Strategi ini juga sebagia proses identifikasi juga sebagai analisis pembeli terhadap produk dan keterkaitannya antara disparitas cirri konsumen yang ad adi pasar.
Kriteria
yang dibutuhkan dalam segmentasi pasar yang di lakukan oleh Griya Kalmbie
antara lain:
a. Segmentasi
geografis, secara geografis tidak ada pengkhususan
b. Segmentasi
demografis, secara demografis segmentasi pasarnya adalah konsumen yang dari
segala umur, pria / wanita dewasa, remaja dan anak-anak dan juga kelompok
tertentu.
c. Segmentasi
psikologis: konsumen yang dibidik yaitu konsumen yang ingin berpenampilan
santai pada setiap harinya dan juga konsumen yang ingin mencari seragam olah
raga maupun seragam untuk touring.
d. Segmentasi perilaku: secara perilaku tidak ada segmentasi, namun profil resiko konsumen dalam pembelian akan ditentukan sendiri yang sesuai.
2. Strategi Penentuan Pasar Sasaran (Targeting):
Setelah melakukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya
yang di lakukan oleh Griya Kalmbie adalah menjalankan strategi penentuan pasar
sasaran (Targeting). Strategi ini di
lakukan bertujuan untuk mempermudah mencapai segmen pasar yang ingin diraih
tepat sasaran,dengan cara menjual pakaian yang berkualitas, harga terjangkau sehingga
konsumen merasa puas dengan pelayanan Griya Klambie.
Griya
Klambie menentukan posisi pasar berfokus pada
penciptaan citra atau persepsi unik dari produk yang di jual kepada pelanggan. Beberapa
hal yang di lakakuan oleh Griya Klambie dalam menjalankan strategi pasar antara
lain, Berinovasi membuat design khusus yang disesuikan dengan konsep Griya Klambie,
Memperbaiki
produk dan juga pelayanannya . Keuntungan Griya Klambie dalam menjalankan
Strategi posisi pasar antara lain:
a. Mendapatkan
peningkatan omset
b. Mendapatkan
keunggulan yang kompetitif
c. Mudah
menjual produk-produk baru
4. Bauran Pemasaran Pakaian (Marketing Mix):
Marketing Mix atau bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan
dalam mengejar profit atau keuntungan maksimal. ... Strtegi Bauran yang di
jalankan oleh Griya Kalmbie terdiri dari 4 P, yaitu:
Ø Produk (product) ,
Ø Harga (price),
Ø Tempat (place),
Ø Promosi (promotion)
- Dalam menjalankan bauran pemasaran Griya Klambie menentukan, Produk yang tepat sasaran, harga yang layak dan terjangkau, saluran distribusi yang baik, serta promosi yang efektif. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat serta promosi ditetapkan dengan cermat, agar kepuasan konsumen serta keberlanjutan usaha dapat terwujud.
- Produk Produk pakain yang di jual oleh Griya Klambie merupakan design yang ngetrend dan di gandrungi oleh para konsumen dan sudah disesuaikan dengan melakukan survey pasar, baik dari Celana, kemeja, kaos dll.
- Griya Klambie menetapkan harga, penetapan harga ini merupakan salah satu elemen penting. Harga ditetapkan berdasarkan perhitungan besarnya biaya yang dibutuhkan (biaya bahan baku, harga pokok produksi, biaya promosi) ditambah dengan presentase keuntungan yang diinginkan. Harga yang ditentukan beragam sesuai dengan desain, bahan dan tingkat kesulitan produksi produk yang diinginkan konsumen.
KESIMPULAN
Dalam
usahnya dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan omset penjulan, Griya Kalmbie di Sawangan Depok melakukannya
dengan menggunakan strategi pemasaran.
- Griya Kalmbie memiliki segmentasi secara yang luas, yaitu konsumen Pria / Wanita Dewasa, Remaja dan Anak-anak serta group/kelompok.
- Target pasar produk Batik Diajeng Solo
adalah konsumen batik seragam dan kombinasi bagi perusahaan, event organizer,
pabrik, hotel, instansi pemerintah maupun sekolah.
- Posisi pasar Pakain yang di jual oleh
Griya Kalmbie tetap memfokuskan disesuikan dengan
konsep Griya Klambie, dengan design yang elegan dan menarik konsumen, juga
menyajikan pakaian seragam olagraga dan juga selalu memperbaiki produk
serta pelayanannya .
- Dari segi bauran pemasaran, yang di
lakukan oleh Griya Kalmbie yaitu membuat produk sesuai keinginan dan kebutuhan
konsumen. Strategi harga yang di berikan bervariasi,artinya ada yang murah dan
ada yang mahal sesusai dengan kualitas bahan yang di gunakan. Griya Klambie selalu
berinovasi kreatif dalam meluncurkan produk-produk yang di jualnya.
SARAN
Kedepannya Griya
Klambie diharapkan juga menjalankan program loyalitas pelanggan untuk menjaga
membuat para pelanggan selalu puas dan selalu ingin balik lagi, selain itu juga
melakukan pemasaran dengan cara selalu memperbaiki produk-produk yang inovatif
dan di sesuikan dengankebutuhan konsumen dan mampu bersaing di pasar. Penjualan
offline maupun online juga di sesuikan dengan trend pemasara yang ada saat ini dan di sesuiakan dengan keinginan konsumen.
Referensi:
Sunarti, Zainal Arifin
dan Dimas Hendika Wibowo,2015, “
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng
Solo)” Dikutip dari: https://media.neliti.com/media/publications/86529-ID-analisis-strategi-pemasaran-untuk-mening.pdf
https://pintek.id/blog/segmentasi-pasar/
https://belajarekonomi.com/posisi-pasar/
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-strategi-positioning-produk-untuk-persaingan-usaha/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar