Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@s24-PRATAMA)
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh semua perusahaan yang tujuannya adalah untuk bisa mengenalkan produk yang telah dibuat atau diproduksi oleh perusahaaan tersebut. Pemasaran ini juga dilakukan oleh perusahaan supaya kegiatan yang berjalan didalam perusahaan tersebut berjalan dengan lancar karena pemasaran manfaatnya supaya bisa memasarkan produk kepada masyarakat atau calon konsumen produk tersebut. Menurut Stanton definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan
dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa
yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan
berpengaruh terehadap suatu bisnis atau usaha. Maka tidak heran jika setiap
perusahaan melakukan berbagai macam strategi pemasaran agar dapat
meningkatkatkan volume penjualannya. Dengan meningkatnya volume penjualan
tersebut, maka perusahaan juga akan mendapat laba yang diinginkan. Semakin
baik strategi pemasaran yang digunakan perusahaan tersebut maka akan semakin
besar peluang perusahaan tersebut untuk memperluas pangsa pasar.
Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala
persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas.
Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut
tempat pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan
dapat menjual produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang membutuhkan.
Untuk itu perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi
pemasaran yang telah di kuasai dengan baik.
Strategi merupakan tindakan yang bersifat senantiasa meningkat dan terus
menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang
diharapkan oleh para pelanggan dimasa depan. Dengan demikian, strategi
hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari
apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inivasi pasar yang baru dan
perubahan pola konsumen memerlukan kompetisi inti. Perusahaan perlu
mencari kompetensi inti dalam bisnis yang dilakukan. Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai
faktor sosial, budaya, politik, ekonomi dan menejerial. Akibat dari
pengaruh bebrbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu
maupun kelompok mendapat kebutuhan dan keinginan dengan
menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai
komoditas.
Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dari melakukan promosi maka
ada beberapa cara untuk melakukan promosi antara lain: melalui e-mail, melalui
sms, melalui pembicaraan, melalui iklan, dan masih banyak media yang dapat
digunakan. Dari semua media yang dapat digunakan, penelitian ini akan
membahas pada promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui iklan.
Terdapat bermacam-macam perusahaan yang memasang iklan baris di
surat kabar untuk memberi informasi kepada konsumen tentang produk atau jasa
yang ditawarkan oleh produsen. Iklan merupakan sarana yang digunakan untuk
menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada
konsumen. Dengan iklan produsen juga dapat menunjukan keunggulankeunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan sehingga memberi pengaruh
kepada konsumen dalam keputusan pembelian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar