I. Pendahuluan
Permintaan
pasar (market demand) adalah penjumlahan permintaan individu di pasar pada harga
yang diberikan. Dalam ilmu ekonomi, ekonom mendefinisikan permintaan sebagai
kesediaan dan kemampuan kita sebagai konsumen untuk membeli barang atau jasa
untuk setiap kombinasi harga yang diberikan.
Semakin banyak konsumen tersedia di pasar, semakin besar
permintaan. Untuk angka agregat, itu biasanya dikaitkan dengan total populasi.
Populasi yang besar menunjukkan potensial permintaan yang tinggi.
Sebagaimana definisi, permintaan memiliki dua kata kunci: kemauan dan kemampuan untuk membayar. Kemauan menunjukkan konsumen menginginkan barang. Kemampuan berarti didukung dengan sumber daya (memiliki uang yang cukup). Sehingga, ketika anda menginginkan sebuah barang dan memiliki uang untuk membeli, itu akan mengarah ke permintaan. Tapi, jika kita hanya memiliki keinginan tapi tidak memiliki uang, atau kita memiliki uang tapi tidak menginginkan barang tersebut, itu tidak mengarah ke permintaan.
II. Pembahasan
Pengertian Permintaan dan
Penawaran
Permintaan
dan Penawaran (Demand and Supply) menggambarkan interaksi
hubungan yang terjadi di antara dua pihak, yakni penjual dan pembeli. Apabila
penjual menerima banyak permintaan produk dari pelanggan, otomatis hal itu
menyebabkan ketidakseimbangan antara pembelian dan produksi. Akibatnya,
kelangkaan dapat terjadi.
Untuk
mengantisipasi kelangkaan dalam produk, penjual memilih untuk menaikkan harga
yang bertujuan untuk menekan ketertarikan tersebut. Dalam kasus ini, pengusaha
memang diuntungkan dengan laba yang lebih besar namun mereka juga harus merasa
rugi karena tidak mampu menyediakan stok dalam jumlah besar.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat
perbandingan antara permintaan dan penawaran di bawah ini:
Apa Itu Penawaran (Supply) ?
Penawaran
(Supply)
adalah jumlah kuantitas produk yang disiapkan oleh pihak pengusaha untuk dijual
kepada para pelanggannya. Dalam menentukan besaran jumlah produk, pengusaha
biasanya akan menentukan melalui beberapa faktor di bawah ini:
1. Keinginan pengusaha untuk menyediakan
produk.
- Permintaan atau
minat pembelian dari pelanggan.
- Perkembangan atau
progress dari produk yang ingin dijual (harga ke depannya).
- Pajak yang harus
dibayarkan.
2. Ketersediaan produk di dalam
gudang.
- Tingkat kecepatan
sebuah produk bisa dibuat atau diproduksi.
- Efisiensi pembuatan
sebuah produk.
- Ketersediaan SDM
dan SDA dalam membuat produk tertentu.
3. Kemampuan dalam menjual produk
- Legalitas sebuah
produk.
- Perhatikan hak
cipta dari produk.
- Keperluan logistik
dalam penjualan.
Apa Itu Permintaan (Demand)?
Permintaan
(Demand)
adalah tingkat keinginan pelanggan untuk membeli sebuah produk atau jasa yang
diberikan oleh penjual. Biasanya, tinggi permintaan bakalan mempengaruhi harga
produk. Sebaliknya, rendahnya permintaan juga bakal membuat harga produk
semakin rendah (re: tidak laku).
Di
bawah ini, terdapat beberapa faktor yang menimbulkan tingginya tingkat
permintaan.
1. Kualitas Produk
Faktor
yang menimbukan tingginya tingkat permintaan yang pertama adalah kualitas
produk atau jasa. Semakin bagus produk atau jasa yang disiapkan pihak penjual,
akan berbanding lurus dengan harga dari produk itu sendiri. Pemilik usaha
pastinya tidak akan ragu untuk meningkatkan harga jual setelah melihat
antusiasme pasarnya.
2. Peningkatan Harga Lainnya
Selain
kualitas produk, peningkatan permintaan juga bisa terjadi lantaran naiknya
harga di kategori yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Dalam ekonomi,
peningkatan harga yang dimaksud terjadi kepada barang substitusi.
Contoh
barang substitusi dapar terlihat pada saat Idul Adha. Harga sebuah kambing
meningkat begitupula dengan sapi (patungan 7 orang). Keduanya memiliki fungsi
yang sama yang dipotong untuk kurban.
3. Daya Beli Konsumen
Meningkatnya permintaan yang terakhir juga bisa terjadi sebab dari daya beli konsumen. Semakin besar pendapatan yang seseorang dapatkan akan mempengaruhi cara ia mempergunakan uang mereka. Hal ini lazim terjadi dan terlihat di dalam kehidupan sehari-hari.
Apa perbedaan permintaan pasar dengan permintaan individu?
Sebagaimana definisi, permintaan individu
berarti datang dari satu konsumen. Itu bisa datang dari satu individu,
perusahaan, atau organisasi lain, tergantung siapa konsumen dari sebuah barang.
Itu mewakili kuantitas yang akan dibelinya pada titik harga tertentu pada titik
waktu tertentu.
Sedangkan, permintaan pasar datang dari
seluruh konsumen, di mana mereka tidak hanya memiliki kemauan untuk membeli
barang tapi juga memiliki kemampuan untuk membayar. Dengan kata lain, itu
mewakili angka agregat dari semua permintaan individu di pasar.
Beberapa faktor mempengaruhi permintaan
individu. Harga adalah penentu utama – dan karena itu, ekonom menggunakannya
untuk menjelaskan teori permintaan. Selain harga, faktor lain yang mempengaruhi
adalah pendapatan, selera, preferensi, harga barang terkait (substitusi dan
komplemen) dan ekspektasi harga di masa depan.
Sementara itu, apa yang menentukan permintaan pasar juga sama dengan faktor-faktor di atas. Hanya saja, itu berada dalam skala yang lebih luas. Jadi, itu tidak hanya tentang pendapatan, selera, kebiasaan seseorang, tapi juga seluruh individu di pasar. Faktor penentu selanjutnya adalah jumlah konsumen di pasar. Semakin besar jumlah konsumen, semakin besar permintaan pasar.
Mengapa permintaan pasar penting dalam pemasaran?
Banyak bisnis melakukan riset
pasar untuk menghitung permintaan pasar potensial dan
karakteristiknya. Itu membantu mereka untuk memperkirakan potensi penjualan dan
juga keuntungan. Ketika permintaan pasar besar, mereka berharap untuk menjual
lebih banyak.
Melalui riset, perusahaan menggali
informasi yang terkait dengan permintaan produk di pasar. Itu tidak hanya
jumlah konsumen tetapi juga terkait dengan profil konsumen di pasar. Dengan
data dan informasi tersebut, mereka dapat mendesain produk dan
mengembangkan bauran pemasaran yang sesuai.
Kamudian, mereka mungkin menawarkan produk
dengan mengembangkan strategi kepemimpinan biaya. Atau, mereka mengadopsi
strategi diferensiasi dengan menonjolkan keunikan untuk mendorong permintaan
dan kesediaan konsumen untuk membayar lebih tinggi.
Perusahaan biasanya fokus pada tiga
variabel dalam menjalankan riset pasar. Mereka adalah:
1.
Ukuran
pasar
2.
Profitabilitas
3.
Tingkat
pertumbuhan
Ukuran pasar mengacu pada
jumlah pelanggan potensial. Semakin besar angkanya, semakin menarik sebuah
pasar. Seringkali, pemasar akan membagi pasar menjadi segmen
pasar dan mengidentifikasi profitabilitas dan prospek pertumbuhannya.
Juga, mereka mengidentifikasi tingkat persaingan di masing-masing segmen
sebelum memilih yang ditargetkan.
Profitabilitas terkait
dengan seberapa menguntungkan pasar untuk dieksploitasi, mempertimbangkan sumber
daya dan kapabilitas perusahaan. Beberapa
pasar mungkin menawarkan margin keuntungan yang relatif kecil, dan konsumen
cenderung sadar harga. Sementara itu, pasar lain menawarkan margin keuntungan
yang tebal karena konsumen bersedia membayar harga premium.
Pertumbuhan biasanya
terkait dengan siklus hidup produk. Pada awal siklus,
pasar menjanjikan peluang pertumbuhan yang besar. Pasar seperti ini menarik
bagi perusahaan karena mereka dapat menghasilkan banyak uang di masa depan.
Sebaliknya, pasar yang matang menawarkan
prospek pertumbuhan yang lebih rendah. Itu kemudian akan memasuki fase menurun.
Di pasar yang matang, persaingan lebih intens daripada fase pertumbuhan.
Masing-masing perusahaan yang ada akan berusaha mempertahankan dominasinya.
Mereka akan berusaha merebut pesaing pelanggan untuk menumbuhkan bisnis.
III. Kesimpulan
Permintaan
yang individual maupun pasar
sangat ditentukan oleh
faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen melakukan pembelian
terhadap produk. Adapun faktor
yang mempengaruhi demand diantaranya
:harga barang itu
sendiri, harga barang substitusi
(pengganti), harga barang komplementer
(pelengkap), jumlah
pendapatan, selera konsumen,
intensitas kebutuhan
konsumen, perkiraan harga
di masa depan, jumlah penduduk.Pendapat yang senada juga
diketengahkan dalam uraian
ini, dimana faktor-faktor yang
mempengaruhi demand adalah
perilaku/selera konsumen, ketersediaan
dan harga barang
sejenis pengganti dan pelengkap,pendapatan/penghasilan konsumen, perkiraan harga
di masa depan dan
banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
https://adoc.pub/analisis-market-demand-function-pada-komoditas-sepeda-motor-.html
https://cerdasco.com/permintaan-pasar/
https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/permintaan-dan-penawaran/
https://cerdasco.com/permintaan-pasar/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar