PERMINTAN DALAM EKONOMI MIKRO
Oleh : Mia Lestari (S01-Mia)
Pendahuluan
Permintaan pasar (market demand) adalah penjumlahan permintaan individu di pasar
pada harga yang diberikan. Dalam ilmu ekonomi, ekonom mendefinisikan permintaan
sebagai kesediaan dan kemampuan kita sebagai konsumen untuk membeli barang atau
jasa untuk setiap kombinasi harga yang diberikan. Semakin banyak
konsumen tersedia di pasar, semakin besar permintaan. Untuk angka agregat, itu
biasanya dikaitkan dengan total populasi. Populasi yang besar menunjukkan
potensial permintaan yang tinggi.
Sebagaimana definisi, permintaan memiliki dua kata kunci:
kemauan dan kemampuan untuk membayar. Kemauan menunjukkan konsumen menginginkan
barang. Kemampuan berarti didukung dengan sumber daya (memiliki uang yang
cukup). Sehingga, ketika anda menginginkan sebuah barang dan memiliki uang
untuk membeli, itu akan mengarah ke permintaan. Tapi, jika kita hanya memiliki
keinginan tapi tidak memiliki uang, atau kita memiliki uang tapi tidak
menginginkan barang tersebut, itu tidak mengarah ke permintaan.
Pembahasan
Faktor-faktor teori permintaan
- ·
Harga komoditas itu
sendiri
- ·
Harga komoditas lain yang
berkaitan erat dengan komoditas tersebut
- ·
Pendapatan rumah tangga
dan pendapatan rata-rata masyarakat
- ·
Corak distribusi
pendapatan dalam masyarakat
- ·
Citarasa masyarakat
- ·
Jumlah penduduk
Analisis dan curva permintaan
- ·
Permintaan adalah jumlah
barang atau jasa yang ingin dibeli konsumen pada tingkat harga selamat periode
tertentu
- ·
Jumlah yang diminta
jumlah barang atas jasa yang ingin dineli oleh konsumen pada tingkat harga
tertentu. Jumlah ini mungkin tidak sama dengan jumlah yang benar-benar dibeli
Dalam usaha mikro ini konsumen selalu
melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan.Permintaan
yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka untuk memperoleh kepuasan dalam
memenuhi kebutuhannya. Tentu saja dalam melakukan permintaan, konsumen
harus menyesuaikan permintaan yang dilakukan dengan pendapatan yang mereka
peroleh. Jika pendapatan mereka tinggi maka permintaan dapat dilakukan dalam
jumlah yang besar, dan sebaliknya, jika pendapatan mereka rendah maka
permintaan yang dapat dilakukan jumlahnya kecil.
Harga pun sangat mempengaruhi permintaan
konsumen terhadap barang atau jasa. Semakin mahal harga barang atau jasa,
konsumen akan mengurangi konsumsi barang atau jasa tersebut atau beralih
mencari barang atau jasa yang sama meskipun dilihat dari pendapatannya,
konsumen masih mampu membeli barang atau jasa tersebut. Dan sebaliknya, semakin
murah harga barang atau jasa, konsumen akan loyal dalam mengkonsumsi barang
atau jasa itu dan tidak akan mencari barang atau jasa yang lain.
Daftar Pustaka
https://cerdasco.com/permintaan-pasar/
https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/02/163229869/teori-permintaan-pengertian-dan-faktornya
https://media.neliti.com/media/publications/271657-permintaan-dalam-ekonomi-mikro-9ad80137.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar