Oleh : Annisa suci k
(@S08-ANNISA)
Abstrak
Memahami apa itu market demand atau
permintaan pasar sangat penting untuk menentukan ide produk yang akan
diluncurkan. Permintaan pasar sendiri bisa diartikan sebagai seberapa banyak
konsumen yang menginginkan produk dan bersedia membayarnya dalam periode
tertentu.Permintaan ini ditentukan oleh banyak faktor seperti jumlah
orang yang mencari produk, berapa banyak yang akan mereka keluarkan untuk
produk tersebut, dan berapa banyak produk yang tersedia untuk konsumen tadi.
Ketersediaan produk ini bisa dari mana saja bahkan pesaing.Pengetahuan
tentang market
demand sangat penting bagi
usaha-usaha start-up
Kata kunci : market demand
Pembahasan
A.
Pengertian Market
Demand
Demand adalah jumlah keseluruhan barang
dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga.
Dalam hukum permintaan mengatakan bahwa jumlah barang yang diminta akan selalu
berbanding terbalik dengan harganya. Artinya jika harga barang naik, maka
jumlah barang yang diminta akan berkurang. Sebaliknya, jika harga barang turun,
maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.
B.
Jenis-Jenis Demand
· Permintaan efektif Adalah permintaan terhadap suatu
barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
· Permintaan absolut Adalah permintaan terhadap suatu barang
yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
· Permintaan
potensial Adalah permintaan yang memiliki kemampuan membeli tetapi belum
C.
Faktor-Faktor Demand
Permintaan suatu barang dipengaruhi oleh banyak faktor,
antara lain sebagai berikut:
·
Pendapatan atau penghasilan
masyarakat.
·
Distribusi pendapatan masyarakat.
·
Selera konsumen terhadap barang. Jumlah
penduduk.
·
Harga barang lain yang
berhubungan dengan barang tersebut.
·
Prediksi masyarakat tentang kondisi di masa
yang akan dating
·
. Adanya barang substitusi.
Kegunaan akan suatu barang.
Strategi
Mengelola Permintaan Pasar untuk Start-Up
1. Melakukan Survey ke Toko Offline
Toko
offline bisa berwujud minimarket, pasar, mall dan jenis-jenis toko konvensional
lainnya. Perhatikan apa yang laku diburu orang di sana
2. Rajin-rajin Berselancar di Situs Jual-Beli Online
Berselancar
di e-commerce, marketplace, atau online store bisa menambah referensi tentang
produk dari produsen atau penjual lain. Biasanya, produk-produk terbaru akan
langsung terpampang di halaman paling depan situs jual-beli online ini
3.Lihat Review Pelanggan
dan Testimoni Influencer
Influencer bisa dijadikan
center point dalam mengukur apa yang sedang trend. Produk baru sering diberi
testimony atau di-endorse oleh seorang influencer. Jangan lupakan juga review
dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Lihat bagaimana mereka menginginkan
produk yang telah mereka beli itu
SUMBER
REFERENSI
https://money.kompas.com/read/2021/08/14/141000626/
https://bikinartikel.com/market-demand/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar