Disusun Oleh :
Aziz Ramadhan (41619110026)
(@S11-AZIZ)
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi
informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam
mendukung berbagai kegiatan bisnis baik pasar besar maupun pasar kecil agar
dapat dikenal secara global. Dampaknya pun dapat meningkatkan volume penjualan
dan profit. Digital Marketing sendiri adalah salah satu media pemasaran yang
sangat memberikan pengaruh besar. Dengan menggunakan digital marketing seperti
media sosial, dapat membantu meningkatkan penjualan para pebisnis atau
pengusaha saat ini. Dengan adanya digital marketing masyarakat dapat mencari
nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun keluarga dengan mudah. Digital
marketing dipandang sebagai media yang paling baik sebagai sarana promosi yang
paling efektif dan efisien serta mampu meningkatkan volume penjualan yang
signifikan.
Apalagi di Era Pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat lebih
memilih berbelanja online daripada offline sehingga berpeluang besar untuk
menggunakan teknologi sosial media sebagai sarana penjualan. Seiring
perkembangan zaman di era globalisasi saat ini teknologi dan informasi semakin
berkembang pesat, terlebih lagi pada marketing yang sangat diperlukan oleh
industri-industri yang bergerak pada bidang penjualan barang dan jasa. Apalagi
saat ini sedang Pandemi Covid-19 berdampak hampir ke segala sektor kehidupan.
Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan
ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih
ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Karena Pandemi, banyak pelaku usaha terpukul, tutup dan merugi. Akan tetapi,
selalu ada harapan di tengah pandemi. Sehingga, Pemasar harus putar otak untuk
bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand
bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan
pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target
konsumennya.
Pemasaran digital adalah solusi yang berkembang dengan sangat
pesat dan murah untuk menjangkau pelanggan secara maksimum tanpa batas apapun.
Melalui penyesuaian digital marketing di mana Anda dapat menyampaikan pesan
Anda hanya kepada pelanggan yang berpotensial dan banyak pelanggan baru dapat
tertarik dengan menggunakan teknik yang berbeda. Pemasaran online memiliki
banyak keuntungan bagi bisnis serta pelanggan, namun di sisi lain ada beberapa
masalah yang berhubungan dengan internet marketing dan penggunaan teknologi dan
popularitasnya di kalangan target pasar.
BAB II
PEMBAHASAN
Apa itu Pemasaran Digital?
Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan dengan
menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon seluler,
atau media digital lainnya.
Ini juga merupakan istilah umum yang mencakup berbagai strategi
pemasaran seperti Pemasaran Media Sosial, Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO),
dan Pemasaran Email.
Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti media
cetak, papan reklame, dan TV, pemasaran digital pada dasarnya didorong oleh
data. Banyak platform periklanan digital populer saat ini menyediakan akses ke
laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif.
Dengan kekuatan gabungan dari internet dan teknologi, Pemasar
Digital saat ini dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari perilaku
pelanggan yang berbeda atau keterlibatan pengguna, memungkinkan mereka untuk
memfasilitasi konten dan iklan yang lebih dipersonalisasi ke arah audiens yang
ditentukan dengan jelas untuk keterlibatan dan hasil yang lebih baik.
Kenapa Harus Pemasaran Digital?
Tidak seperti pemasaran tradisional dan konvensional, pemasaran
digital menawarkan manfaat berikut:
Dapat Dipantau dan Terukur
Kemajuan teknologi telah membuatnya cukup mudah untuk mengukur
keefektifan kampanye pemasaran melalui dasbor analitik digital seperti Google
Analytics, Google Data Studio, atau Adobe Analytics.
Melalui penerapan analitik digital, data yang dikumpulkan selama
periode waktu tertentu berada tepat di ujung jari Anda dan bisa diakses
kapanpun dan dimanapun Anda mau.
Efisiensi dalam Optimasi
Munculnya platform media online telah memungkinkan pemasar untuk
membeli ruang iklan di berbagai situs web dan aplikasi seluler dan meninjau
laporan langsung dalam beberapa jam.
Ini memungkinkan pemasar untuk meninjau kinerja kampanye iklan
dan membuat penyesuaian dengan cepat seperti mengoptimalkan materi iklan untuk
meningkatkan keterlibatan audiens.
Jangkauan Luas dan Tertarget
Dengan miliaran pengguna di platform media sosial seperti
Facebook, YouTube, dan LinkedIn, jangkauan Anda terutama dibatasi oleh anggaran
Anda. Banyak dari platform media sosial ini juga memungkinkan Anda menargetkan
iklan ke audiens tertentu, misalnya menurut demografi, dan minat, dan pola
perilaku misalnya penargetan ulang.
Jenis-jenis Digital Marketing
Secara umum ada dua jenis digital marketing, yaitu:
a) Push digital marketing
Jenis digital marketing ini mengacu pada berbagai upaya
mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen.
Beberapa strategi marketing yang masuk dalam kategori ini adalah pembuatan blog, website,
beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan
juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang. Kelebihan
dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang lebih lengkap, mampu mentarget
calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung secara konsisten dan juga bisa
mengirim konten promosi tepat waktu. Kekurangannya meliputi biaya yang cukup
tinggi, target calon konsumen yang tidak terlalu besar serta ada kemungkinan
untuk sulit ditemukan.
b) Pull digital marketing
Tidak seperti jenis push digital marketing dimana
calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis ini
mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk
atau jasa yang mereka butuhkan.
3 Pilar Pemasaran Digital
Ada 3 Pilar dalam Pemasaran Digital. Hal itu adalah:
- User
Journey
- Saluran
Pemasaran Digital
- Materi
Konten yang Kreatif
1. User Journey
Pilar pertama pemasaran digital adalah perjalanan pengguna atau user
journey.
user journey adalah pertemuan
dan interaksi pelanggan dengan merek Anda di semua saluran digital dan
non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang merek Anda.
Ini biasanya dimulai dari tahap
kesadaran dan berakhir pada tahap pembelian atau advokasi (loyalitas):
- Kesadaran: Pelanggan pertama kali menyadari
merek.
- Pertimbangan (minat / evaluasi): Pelanggan perlu
mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan merek lain.
- Pembelian (Keinginan / tindakan): Pelanggan siap
untuk melakukan pembelian.
- Advocacy (Loyalty): Pelanggan menyebarkan dari
mulut ke mulut dan merekomendasikan merek tersebut kepada teman-temannya.
2. Saluran Pemasaran Digital
Pilar kedua dari pemasaran digital adalah saluran dimana Anda
melakukan pemasaran.
Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi atau
bisnis untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada konsumen.
Dalam digital marketing, saluran digital adalah jalan di mana
pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkannya. Dari
sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal.
Contoh saluran pemasaran digital meliputi:
- Pencarian
Organik (misalnya Google)
- Penelusuran
Berbayar
- Display
ads
- Email
- Media
sosial
- Refferal
(mis. Lalu Lintas melalui situs web lain)
3. Materi Konten yang Kreatif
Pilar ketiga pemasaran digital adalah materi iklan dan konten.
Ini adalah konten dalam bentuk grafik visual, teks, dan video
yang dibuat dan dipasarkan oleh merek Anda yang berinteraksi dan dicerna oleh
pelanggan Anda, juga disebut sebagai content marketing.
Materi iklan berupa:
- Spanduk
iklan
- Iklan
video
- Iklan
teks
Sedangkan Isi berupa:
- Artikel
blog
- Video
- Infografis
Contoh Pemasaran Digital
Ada banyak jenis atau kategori pemasaran digital. Contoh
pemasaran digital meliputi:
- Pemasaran
Media Sosial (SMM)
- Pengoptimalan
Mesin Telusur (SEO)
- Pemasaran
Mesin Telusur (SEM)
- Email
Marketing
- Otomasi
Pemasaran
- Periklanan
Digital
- Pemasaran
Konten
Strategi Digital Marketing di Era Pandemi
Semenjak
wabah Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, perilaku konsumen untuk berbelanja
online mengalami kenaikan. Itulah sebabnya mengapa sebuah bisnis perlu
melakukan strategi digital marketing selama pandemi. Anda harus memastikan
bahwa bisnis Anda dapat ditemukan oleh konsumen ketika mereka mencari sebuah
jasa atau produk di internet. Pada dasarnya, digital marketing atau pemasaran
digital adalah upaya pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui perangkat
elektronik atau internet. Untuk melakukan jenis pemasaran ini, sebuah bisnis
dapat menggunakan mesin pencari (Google), media sosial, email, atau situs web
untuk menjangkau pelanggannya. Menyadari bahwa pandemi Covid-19 belum diketahui
kapan akan berakhir, banyak bisnis yang menggunakan strategi digital marketing
untuk bisa bertahan di masa sulit ini.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam
perkembangannya, sebuah bisnis selalu mengaitkan sosial media sebagai salah
satu alat yang paling efektif untuk berpromosi. Banyangkan saja jika bisnis
yang kita jalankan tanpa adanya dukungan dari media sosial, pastinya marketing
atau pemasaran tidak dapat berjalan dengan efektif dan sempurna.
Sosial
media marketing sangat penting bagi perkembangan bisnis terlebih lagi di era
pandemi saat ini karena selain mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan pelaku
bisnis untuk menjalankan bisnis melalui sosial media juga murah. Serta digital
marketing untuk bisa bertahan di masa sulit ini. Terlebih lagi karena
masyarakat lebih memilih berbelanja online daripada offline atau datang ke toko
terdekat. Pada masa ini, kegiatan pemasaran memerlukan kepekaan terhadap apa
yang terjadi di pasar dan melakukan fleksibilitas untuk mengikuti perubahan
cepat. Itulah sebabnya mengapa digital marketing kini menjadi solusi pemasaran
yang pas khususnya di pandemi seperti saat ini. Setidaknya ada beberapa manfaat
besar yang akan didapat apabila melakukan digital marketing di era Pandemi saat
ini sehingga dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan yang didapat.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.dreambox.id/blog/pemasaran-digital-adalah-pengertian-dan-fungsi-dari-pemasaran-digital/
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-pemasaran-digital-dan-strateginya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar