Oleh : Annisa Suci Kurniawati_41619110008
@S08-ANNISA
Email:annisasucik0712@gmail.com
Abstrak
Pada artikel ini saya akan membahas,mengenai inovasi rasa pada usaha fuddgy brownies. Di mana inovasi ini dicoba dengan membuat fuddgy brownnies yang biasanya berbahan dasar terigu serta coklat dirubah dengan menggunakan bahan dasar talas tanpa mengurangi cita rasanya. Talas yang berkualitas menjadi salah satu bahan utama dalam pengolahan. Kelebihan dari fuddgy brownies talas ini adalah kandungan protein yang terkandung lebih besar dibanding dengan terigu.
Kata
kunci :Fuddgy brownies,Talas,Terigu
Pendahuluan
Pada era globalisasi
dewasa ini,salah satu Industri yang berkambang sangat pesat adalah bisnis
olahan makanan dan minuman atau kuliner. Hal ini dibuktikan dengan semakin
banyaknya tempat pariwisata yang terkenal akan wisata kuliner. Usaha kuliner
seperti restoran ini merupakan salah
satu aspek yang berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi
tingkat pengangguran serta menciptakan kesejahteraan masyarakat.
Ditambah lagi sejak
beberapa dekade terakhir semenjak pemerintah menetapkan kasus pandemic COVID 19
tinggi dan semua pekerjaan
dilakukan dirumah.orang-orang mulai berlomba menciptakan jenis kreasi makanan
baru untuk menambah kebutuhan ekonomi. Dengan adanya restoran baru, maka
terbitlah olahan menu makanan baru, sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang
bersifat wajib, demi menunjang kebutuhannya,ada pula makanan yang dimakan untuk
menemani di kala santai.
Salah
satu produk cemilan yang digemari
oleh banyak kalangan adalah kuliner
olahan pastry and bakery. Yaitu cake
Menurut Syarbini (2014) cake
merupakan bagian dari
produk bakery yang memiliki karakteristik berbeda dengan produk bakery
lainnya. Secara definisi, cake termasuk dalam produk baked confectionery,
artinya cake merupakan produk makanan
manis yang banyak mengandung gula
yang terbuat dari
4 bahan utama
yaitu tepung terigu,
gula, telur, dan margarin.
Pembuatannya pun melalui
proses pemanggangan, tetapi dalam perkembangannya di
Indonesia, cake tidak hanya melalui
proses pemanggangan, tetapi juga
melalui proses pengukusan. Maka cake atau kue bolu dikenal luas dengan produk bolu kukus dan
brownies kukus maupun
panggang yang saat
ini menjadi salah satu
produk terlaris di pasar kue Indonesia. Menurut Syarbini
(2014) brownies adalah makanan
manis yang terbuat
dari campuran tepung terigu, butter, gula,
telur dan cokelat
dengan bentuk padat
dan datar. Tekstur brownies
merupakan perpaduan antara tekstur cake dan cookies, sehingga
terkesan agak padat namun tetap empuk dan moist.
Salah satu yang tercipta adalah fuddgy
brownies cemilan coklat yang sedang memenuhi kebutuhan trend makanan saat ini merupakan
salah satu bentuk evolusi dari brownies kukus, perbedaanya hanya pada segi pengovenan
dan segi tata hias dimana kue dengan bahan dasar coklat dan tepung ini memiliki
tekstur lebih cruncy, namun kali ini tepung yang digunakan diubah dengan
talas,untuk menciptakan sebuah inovasi dari rasa dan perbedaan pada fuddgy
brownies sebelumnya, selain itu fuddy brownies memiliki beberapa varian toping
yang bisa direquest sesuai dengan keinginan. Yang membuat produk ini ungul
adalah dalam segi pengemasan yang dipotong sesuai dengan kebutuhan membuat fuddgy
brownies memiliki daya tarik tersendiri untuk teman minum kopi dan bersantai semua
kalangan
Permasalahan
Adapun masalah yang dihadapi terdapat pada proses:
1. 1. Pengujian pengolahan masih perlu dikaji kembali,
disamping terdapat perbedaan pada bahan dasar yang digunakan antara terigu dan
talas
2. 2. Peluang pasar yang ada sehingga ide produk yang sedang
diinovasikan dan dikembangkan dapat lebih menghasilkan
3.
Aspek pemasaran dan sumber daya,pembuatan fuddgy
brownies masih belum memilik logo atau identitas yang tepat, karena bersifat
home industri, pemasaran hanya dilakukan door to door sehingga membuat pemilik
usaha belum berani menyetok fuddy brownies, disamping minim modal dan waktu
serta tempat
Metode yang tepat sebagai solusi
Dari
perumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya, tentunya dibutuhkan metode
yang tepat sehingga mampu menyelesaikan persoalan tersebut. Berikut ini
merupakan metode yang kami pakai dalam menyelesaikan masalah tersebut:
INOVASI
PEMBUATAN FUDDGY BROWNIES
DENGAN
TEPUNG TALAS
Masalah yang dapat diselesaikan
1. Pembuatan brownies ini perlu dikaji secara matang dan
dilakukan berulang kali demi menghasilkan produk yang unggul
2. Pembisnis perlu mendalami peluang pasar dan pola
konsumtif pembeli
3.
Pembuatan merk atau brand yang berkesinambungan dengan
sumber daya dan aspek pemasaran merek adalah tanda yang ditampilkan berupa
logo, gambar, kata, huruf, susunan warna baik dalam bentuk 2 dimensi maupun 3
dimensi untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi.Umumnya, produk yang
dihasilkan oleh suatu perusahaan, perorangan, maupun organisasi bisa kita
bedakan melalui merek, baik itu berupa barang maupun jasa.Nama brand tersebut
dibuat dari salah satu singkatan nama pemilik usaha,dengan harapan produk
tersebut bisa dikenal oleh masyarakat luas dan mampu bersaing di pasaran.
Berikut adalah tampilan desain dari brand kami :
Diharapkan produk akan mempunyai daya
tarik tersendiri dan berdampak pada loyalitas pelanggan. Sehingga di masa depan.
Strategi Pemasaran ke
konsumen
Pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang
berkaitan dengan arus penyerahan barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke
konsumen.Dengan demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan
kegiatan usaha demi tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan
pemasaran hal yang perlu di perhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa
target dari pemsaran tersebut.
Sehubungan dengan produk yang kami buat
yaitu “Mocho Cake ”, maka
tempat pemasaran yang tepat untuk produk yang diproduksi adalah daerah sekitar
tempat tinggal.
Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang diinginkan :
1. Tempat dimana digemari
masyarakat
2. Lingkungan
yang mendukung
3. Akses
yang mudah dijangkau
4. Pengiriman
dan Tempat pembelian bahan baku yang mudah
5. Mudah dijangkau konsumen
Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang direncanakan
:
l Rekan kerja dan Teman Kampus
l
Lingungan sekitar tempat tinggal
l Toko
dan Warung makanan
l Lingkungan
bekerja dan Kampus
Promosi yang akan kami lakukan dengan
menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Facebook, Twitter, Whatsapp,
Instagram, serta melayani COD (Cash On Delivery). Selain itu karena produk adalah makanan sehingga
pengiriman harus cepat supaya menjaga kondisi dan kualitas dari produk.
Setelah berhasil pada usaha pertama ini. Kami akan mencoba memasarkan melalui platform
Instagram, WhatsApp dan Gojek. Go Food dalah salah satu sasaran dimana
masyarakat menggunakannya untuk transaksi di era pandemi maupun dunia kerja
yang sibuk.
Dalam proses pembuatan Fuddgy brownies perlu ditetapkan beberapa
hal, alat dan bahan yang digunakan diantaranya yaitu:
Alat dan bahan yang digunakan
·
Bahan-bahan
yang diperlukan dalam pembuatan yaitu:
·
Bahan – bahan :
·
120 gram butter
·
225 gram coklat batang
·
3 sdm coklat bubuk
·
200 gram gula pasir
·
3 butir telur ukuran besar
·
¼ sdm garam
·
130 gram tepung terigu
·
1 sdt vanila cair
·
Varian toping :
·
Kenari/almond
·
Keju/chocolate cip
·
Alat-alat
yang digunakan :
·
Wadah
untuk adonan
·
mixer
·
saringan
pengayak terigu
·
spatula
·
pisau
·
sendok
makan dan sendok teh
·
oven
listrik
·
loyang
uk. 20 X 20 cm
A.
Pemasaran
Produk cake dari “Mocho Cake ” bisa dinikmati semua kalangan.
Cake termasuk
makanan yang sudah populer bagi
masyakarakat Indonesia sehingga sehingga cukup baik untuk memasarkan produk
ini. Harga jual produk kopi ini disesuaikan dengan harga para pesaing
dan dari modal awal yakni seharga
Rp. 65.000 - 90.000 untuk toping bisa disesuaikan dengan pesanan dan. untuk satu kardus isi 25 skat,
Sasaran Pembeli
Sasaran
pembeli dari produk Mocho Cake ini adalah para penikmat Cake dan coklat yang
biasanya adalah remaja, dewasa dan orangtua . Karena kebanyakan penikmat cake
adalah saat kumpul – kumpul atau nongkrong maupun sedang santai di rumah, maka
pemasaran cake dilakukan dengan cara promosi ke masyarakat sekitar . Selain itu
juga masuk ke media sosial seperti Instagram dan WhatsApp supaya dapat menarik
minat dari luar daerah tempat sehingga akan menarik konsumen lebih banyak.
Tentunya sasaran utama adalah anak muda dan keluarga.
Deskripsi
dan Jenis Produk
Cake merupakan merupakan bagian dari
produk bakery yang memiliki karakteristik berbeda dengan produk bakery
lainnya. Secara definisi, cake termasuk dalam produk baked confectionery, artinya
cake merupakan produk makanan
manis yang banyak mengandung gula
yang terbuat dari 4 bahan
utama yaitu tepung
terigu, gula, telur, dan
margarin. Pembuatannya pun
melalui proses pemanggangan, tetapi
dalam perkembangannya di Indonesia, cake tidak hanya
melalui proses pemanggangan, tetapi juga melalui proses
pengukusan
Mocho Cake punya beberapa jenis varian , yaitu:
1.Nama
Produk Pisang Bolen
Definisi
Produk :
Perpaduan tekstur yang lembut dengan isian pisang yang manis melebur
dengan nikmatnya cokelat maupun keju, mampu membuat hati bahagia saat memakan
camilan satu ini.
2. Nama
Produk Fuddgy Brownies
Definisi
Produk :
Fuddgy brownies cemilan coklat yang
sedang memenuhi kebutuhan trend makanan saat ini merupakan salah satu bentuk evolusi
dari brownies kukus, perbedaanya hanya pada segi pengovenan dan segi tata hias dimana
kue dengan bahan dasar coklat dan tepung yang diubah menjadi talas ini memiliki
tekstur lebih cruncy serta memiliki banyak toping yang bias direquest sesuai dengan
keinginan
Mind
mapping
Kemasan
Kesimpulan
Dengan melihat peluang yang ada dipasaran, dimana cake ini sudah menjadi salah satu makanan yang sangat disukai, kami berinovasi untuk membuat jajanan sederhana khas Indonesia ini
bisa dapat terus berkembang di pasaran. Usaha cake ini cukup menjanjikan selain dikarenakan peluang pasar
yang ada, serta tingginya peminat cake membuat peluang bsinis cake semakin diperhitungkan dimana menawarkan laba yang
terbilang besar. Sebenarnya usaha cake sudah ada , namun hingga kini usaha ini sangatlah menjanjikan. Modal
yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis cake tidaklah besar namun ada resiko kegagalan adonan. Dimana bisnis kopi dapat dimulai dengan langkah
yang mudah dan menguntungkan. Diharapkan bisnis ini bisa bersaing dengan produk cake dan menjadi suatu trend yang dapat
disukai di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat dan unik bagi
masyarakat.
Saran
Dari rencana model bisnis ini
diharapkan usaha ini dapat berjalan lancar, sesuai yangdiharapkan dan banyak
diminati konsumen. Saran yaitu dalam berbisnis apapun yang kita
miliki harus dapat mempunyai sikap kreatifitas dan inovasi yang tinggi,
sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang
kita buat. Karena untuk modern ini , jika kita tidak berkreasi sebaik mungkin, kita dapat terkalahkan oleh para pesaing yang sebenarnya
setara kemampuannya dengan diri kita. Dalam berbisnis ide kuliner fudgy
brownies ini kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak
konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat
masyarakat untuk pengembangan produk kita, dan juga kita harus mengingat
bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli.
Daftar pustaka
tp://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/09/tepung-talas/ht
https://patendo.co.id/pengertian-merek/
https://accurate.id/akuntansi/pengertian-modal/
http://repository.unpas.ac.id/27580/4/BAB%20I.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar