April 21, 2020

5 Design thinking beserta ouputnya

Design thinking adalah metodologi desain yang memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Design thinking ini sangat berguna dalam mengatasi masalah kompleks dengan memahami kebutuhan manusia yang terlibat, dengan membingkai ulang masalah, dengan cara yang berpusat pada manusia, dengan menciptakan banyak ide dalam sesi brainstorming, dan dengan mengadopsi pendekatan langsung dalam pembuatan ide prototipe dan pengujian.



Proses Design Thingking
1.Empati ini sangat dibutuhkan untuk menjalin relasi ,namun bukan berarti kita memiliki sikap empati berlebihan. Empati berlebihan berpotensi membuat orang lain merasa jika sikap yang kita tunjukkan tidak tulus. Membangun empati untuk menjalin relasi selain membutuhkan ketulusan juga membutuhkan cara yang tepat sehingga sikap empati kita dapat diterima dengan tepat oleh orang lain. Yang pertama saya lakukan adalah belajar mendengarkan orang lain, adalah langkah pertama supaya saya dapat membangun empati untuk menjalin relasi dengan orang yang telah say a kenal sebelumnya. Dengan adanya relasi saya jadi banyak menemukan orang yang kita kenal dan disitulah kita promosikan barang yang saya ingin jual.nantinya orang yang saya tidak kenal pun akan mengetahui barang yang saya akan jual itulah gunanya relasi atau belajar mendengarkan orang lain.belajar mendengarkan orang lain juga bisa diartikan sebagai masukan dari orang lain untuk bisnis saya entah itu kekurangnya atau kelebihan produk yang saya jual itu.disini juga alasan kenapa saya memulai bisnis dimsum ini karena saya melihat sekitar saya suka dengan makanan instant ini.disni saya jual melihat orang orang sekitar suka jajanan ringan,maka dari itu saya membuat makanan instan ini(dimsum).saya juga meliaht anak anak kecil suka dengan mkanan yang lembut atau makanan ringan tapi bikin kenyang yaitu (bapau)disini saya jual menjual bapau ini tidak ditargetkan untuk anak dibawah umur ini juga bisa dimakan untuk semua kalangan masyarakat. Selain itu, saya telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini, dan hasilnya ialah masih banyak warga sekitar yang ingin merasakan “Chinese food“. Warga juga ingin mencoba makanan Chinese food karena rasa keunikan dari masakan Chinese ini sangatlah menarik daripada masakan yang berasal dari negara lain. Dan juga cita rasa yang dimiliki dari makanan ini tidak jauh berbeda dengan makanan Indonesia yang sering disantap oleh warga sekitar.  Hal tersebut saya lakukan berdasarkan rasa empati saya terhadap warga sekitar yang ingin memakan makanan “Chinese food” ini. Kemudian saya menjual makanan ini dengan harga yang sangat amat terbilang murah jadi saya tidak menargetkan kalangan atas maupun kalangan bawah, jadi semua kalangan bisa membeli  makanan yang saya jual. Hal tersebut juga saya lakukan karena rasa empati yang besar terhadap warga sekitar. saya juga selalu mendengarkan kekurangan dari makanan yang saya jual,misal dimsum kurang lembut atau kurang banyak isinya,jadi saya bisa menmabhkan lgi isiannaya,jadi inilah yang dimaksud dengan mendengarkan masukan orang lain. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual beli dari dimsum yang saya buat sehingga membuat target penjualan yang saya inginkan tercapai. selain saya mendengarkan  kritik dari orang lain,saya juga mencari referensi dari orang yang mempunyai usaha dimsum dan mencari tahu bagaimana cara mereka mengembangkan usahanya. Saya mempelajari lebih banyak cara memasak yang lebih berkualitas dari referensi-referensi yang saya temukan agar keinginan para konsumen saya tercapai. Dengan tercapainya keinginan konsumen tersebut membuat diri saya untuk bekerja dengan lebih semangat, lebih banyak mencari tahu hal baru agar empati yang saya berikan dapat dirasakan oleh warga sekitar, serta dapat memberikan pengaruh yang kecil maupun besar kepada para pembaca bahwa bisnis dapat dimulai dari rasa empati yang kita miliki. Tanpa harus memikirkan keuntungan bisnis yang kita jalani akan sukses pada waktunya apabila kita tekun dalam bekerja, menemukan hal baru, serta selalu semangat dalam melakukan pekerjaan.
2. Define
Informasi yang telah dikumpulkan selama tahap Empathize, dianalisis dan disintensis untuk menentukan masalah inti yang akan diidentifikasi. Tahap define ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah customer karena telah dilakukan penetapan masalah.
3.Ideate atau ide bisnis Dim sum? Apa sih dim sum itu? Kenapa sih mau menjual mkanan dimsum ?Dim sum adalah olahan makanan yang berasal dari Cina. Selaian di kenal di Hongkong dim sum juga banyak dikenal oleh masyarakat Hongkong. Dim sum sebenarnya olahan makanan yang disajikan dengan menggunakan wadah kukusan supaya tetap hangat. Olahan dim sum memang akan terasa lebih mantap apabila dinikmati selagi hangat. Dim sum biasanya dinikmati bersama dengan teh sambil bersantai dengan keluarga. Jenis dim sum sangat banyak dan beberapa jenis dim sum yang perlu kita  ketahui diantaranya seperti dim sum ceker, bakpao, acar, rice-roll dan masih banyak lagi. Bagi masyarakat  yang menyukai dim sum hendaknya memilih dim sum yang memiliki kandungan lemak yang rendah tetapi kaya akan karbohidrat. Di Indonesia olahan dim sum belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Beberapa pembisnis yang menyajikan dim sum di Indonesia adalah pembisnis makanan dalam skala besar seperti restoran Cina. Bagi masyarakat kecil mendapatkan dim sum di sebuah restoran tentunya akan sangat kesulitan. Selain itu harga dim sum yang disajikan pastinya sangat mahal. Melihat hal ini bagi masyarakat  yang belum memiliki usaha dapat memulai untuk menjalankan peluang bisnis dim sum ini dalam skala kecil. Bisnis dim sum tidak hanya dijalankan dalam skala yang besar saja namun bagi  yang ingin memenuhi kebutuhan masyarakat kecil supaya dapat menikmati dim sum bisa menjalankan bisnis dim sum dalam skala kecil. Menjalankan bisnis dim sum dengan skala kecil lebih mudah dijalani dari pada menjalankan bisnis dim sum dalam skala yang besar dan luas. Resiko yang dihadapi juga tidak terlalu besar. Untuk menjalankan peluang bisnis dim sum dengan skala kecil Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar. Sediakan modal yang sesuai dengan badget yang Anda miliki. Misalnya saja Anda memiliki badget hanya sekitar 2 jutaan rupiah maka dengan modal tersebut Anda harus bisa mengelolah bisnis dim sum hingga dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Sebelum Anda menjalankan bisnis dim sum pastinya Anda tidak akan tahu bisnis tersebut menjanjikan atau tidak. Apalagi jika disekitar lingkungan tempat tinggal Anda belum banyak yang menjalankan bisnis dim sum maka Anda bisa mencoba untuk mengembangkannya. Bisnis dim sum sebagai bisnis lama yang sudah ada sejak zaman dahulu namun belum banyakdikembangkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Nah, bagi Anda yang belum memiliki usaha dan tertarik untuk menjalankan bisnis dim sum bisa mencoba untuk melakukannya. Bagaimana supaya bisnis dim sum yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar? Untuk membuat bisnis dim sum yang Anda jalankan supaya dapat berjalan dengan lancar maka Anda bisa melihat beberapa hal penting yang disediakan di bawah ini.

Mencari Lokasi Bisnis Dim Sum
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin menjalankan dim sum adalah menentukan lokasi yang akan digunakan untuk berjualan dim sum. Pencarian lokasi bisnis dim sum tidak boleh dilakukan dengan sembarangan saja. Jika lokasi bisnis yang dipilih dilakukan dengan sembarangan maka bisnis yang dijalankan juga tidak akan dapat berjalan dengan lancar seperti yang Anda inginkan. Untuk menentukan lokasi bisnis dim sum sebaiknya Anda mencari lokasi yang strategis. Strategis yang dimaksud adalah lokasi yang ramai dan sering dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat secara luas. Selain itu segi persaingan bisnis dim sum juga tidak terlalu ketat. Mengenai pertimbangan lokasi yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis dim sum yaitu seperti di pusat kota dengan membuka tempat makan di pinggir jalan.

Memasang Banner Menarik
Bagi kalian yang ingin  menjalankan bisnis dim sum dengan membuka warung makan di pinggir jalan tentunya harus memasang banner yang menarik supaya masyarakat bisa mengetahui bisnis dim sum yang Anda jalankan. Buat tulisan yang menarik di sebuah banner yang akan di pasang. Tidak lupa tambahkan aneka gambar dim sum yang Anda sajikan supaya lebih menarik. Banner yang digunakan hendaknya diberi warna yang tidak hanya monoton saja. Gunakan warna yang cerah supaya orang semakin penasaran dan membaca banner yang ada di depan warung dim sum Anda.
Menjaga Kebersihan
Sebagai seorang pembisnis makanan apapun seharusnya selalu menjaga kebersihan lokasi bisnis yang digunakan untuk berjualan. Lokasi yang bersih akan berpengaruh terhadap bisnis dim sum yang dijalankan karena masyarakat akan menilai jika tempat yang bersih akan menyajikan olahan makanan yang sehat. Untuk itu selalu jaga kebersihan lokasi bisnis dim sum yang Anda jalankan supaya setiap konsumen puas dengan pelayanan yang Anda berikan.
Mempromosikan Bisnis Dim Sum
Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis dim sum dengan lancar hendaknya selalu mempromosikan bisnis dim sum yang dijalankan. Dengan sering melakukan promosi maka bisnis dim sum yang dijalankan akan mudah dikenal oleh masyarakat secara luas. Cara promosi yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis dim sum bisa dilakukan dengan banyak cara seperti yang saat ini lagi ngetrend di kalangan pembisnis adalah melakukan promosi menggunakan media sosial.
Beberapa sajian hal penting dalam menjalankan bisnis dim sum bisa Anda perhatikan di atas. Selain penjelasan di atas Anda juag harus mengetahui analisa usaha dalam menjalankan bisnis dim sum.
Tujuan saya melaukan ide berjualan dimsum adalah
1. Melakukan perencanaan produksi usaha dim sum
2. Melakukan realisasi perencanaan produksi yang telah dibuat.
3. Melakukan evaluasi terhadap realisasi usaha dim sum

Prototipe produk  adalah bentuk dasar dari sebuah produk merupakan tahapan yang sangat penting dalam rencana pembuatan produk karena menyangkut keunggulan produk yang akan menentukan kemajuan suatu usaha di masa mendatang. Dikatakan sebagai tahapan yang sangat penting karena prototipe dibuat untuk diserahkan pada pelanggan (lead–user) agar pelanggan dapat mencoba kinerja prototipe tersebut. Selanjutnya jika pelanggan memiliki komplain ataupun masukan mengenai protipe tersebut maka industri mendokumentasikannya untuk proses perbaikan prototipe tersebut. Sehingga menciptakan suatu sistem inovasi produk yang dibangun bersama-sama antara industri dan pelanggan sebagai upaya pemenuhan kepuasan pelanggan (customers).
Prototipe adalah sebuah contoh atau model awal dari produk. Prototipe membuat ide yang abstrak menjadi bentuk nyata yang lebih kongkrit. Dalam design thinking, tidak cukup hanya memikirkan ide, mendiskusikan dan membicarakannya saja. Perlu langkah konkrit untuk membuatnya menjadi nyata. Membuat prototipe adalah caranya.
Tujuan membuat prototipe bukanlah untuk menguji produk yang sudah selesai, tujuan membuat prototipe adalah untuk belajar. Menemukan kesalahan dan kegagalan sebelum produk benar-benar diluncurkan ke pasar.

Test
Tujuan dari Testing adalah agar produk dan layanan Anda bisa menghasilkan solusi dengan tiga kriteria, Desirability, Feasibility, dan Viability. Desirability berkaitan dengan fokus pada pengguna. Solusi yang dibuat harus memenuhi kebtuhan, emosi dari perilaku pengguna. Pengujian adalah kesempatan untuk mengeluarkan produk ke dunia, mengujinya di kehidupan nyata, dan mengujinya secara langsung. Misalnya,saya disini menjual produk dimsum yang dimana saya akan turun ke pasar untuk menguji makanan ini.Selama fase ini saya dan tim memiliki kesempatan untuk melihat apakah kita  telah merumuskan masalah dengan benar.jika umpan masyraka baik terhadap prototype kita maka design thingking kita berakhir disini tapi jika portorype kita masih kurang layak diperjualkan maka kita masih harus mempertimbangkan umpan balik mereka..Tim saya nantinya dapat menghasilkan umpan balik dari pengguna khusus untuk prototipe, dan umpan balik ini akan memperdalam pemahaman kita tentang pengguna.dan nantinya Tim kami akan menemukan ide-ide yang dihasilkan akan diberikan ke semua tahapan proses selama iterasi.


Output yang didapat dari design thingking ini adalah :
1.Empathize
Densu Dimsum adalah makanan cepat saji yang biasanya bisa kamu temui di restoran jepang. Namun di Indonesia sudah banyak yang membuka bisnis ini.Dimsum kini menjamur di kalangan industri makanan jaman sekarang. Berbahan dasar yang sangat mudah,dimsum ini layak untuk dijual dikalangan masyrakat.dan cocok untuk menemani kalian yang bekerja maupun kuliah

 2.Define
Kalangan masyarkat setiap harinya pasti suka makanan ringan di sela sela istirahat  kantor maupun , mahasiswa jika sedang tjam kosong dimsum ini cocok untuk cemilan dikala bosan , Makanan khas Jepang ini cocok di makan siang maupun malam hari ditemani dengan teh. Dan memesannya sangat gampang dan bisa diantarkan kerumah jika jarak tidak terlalu jauh


3.Ideate
Dalam langkah menyelesaikan permasalahan yang telah dibahas pada tahap define, Densu Dimsum  memiliki beberapa solusi, yaitu, terus berinovasi dan melakukan promo promo di social media  yang unik  dan memanfaatkan teknologi digital di era sekarang. Kami akan selalu memanfaatkan media sosial untuk  menarik perhatian dan mendapatkan customer agar tertarik dengan makanan ini.

4.Prototype
Densu Dimsum menyediakan akun Instagram sebagai solusi pertama. Dan nantinya densu dimsum akan menyebarkan iklan di social media.

5.Test
Kami sebagai pengelola telah mempromosikan Densu Dimsum melalui akun instagram
Inilah yang dihasilkan Mentai Wijayy setelah melakukan 5 tahap design thinking tersebut :
1.         Inovasi bisnis
2.         memiliki visi misi dalam pengebangan bisnis
3.     sasaran konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar