Oleh
: Tri Rizky Maulana (@R21-TRI)
Secara umum
kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu
yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi
orang lain dan bernilai tambah.
Ada juga yang menjelaskan definisi
kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas,
aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat
bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk
menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga
risiko.
Apa saja sih ciri-ciri
kewirausahaan :
1. Keyakinan
Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil adalah mengenai
keyakinan. Seorang wirausahawan yang sukses akan yakin dengan produk yang
dimilikinya. Hal ini disebabkan karena dalam pengambilan ide wirausahawan yang
sukses sudah yakin betul bahwa produk yang dimilikinya akan laris di
pasaran karena memberikan ide dan solusi untuk masalah dalam masyarakat.
2. Dekat dengan kompetitor
Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil lainnya adalah
mengenai kompetitor. Sebuah kewirausahaan yang baik adalah kewirausahaan yang
mengetahui bagaimana kondisi dan apa yang ditawarkan oleh kompetitornya. Ia
tidak meniru kompetitornya tapi mencari apa yang kurang darinya.
Oleh karena itu seorang pelaku kewirausahaan yang sukses pasti
memiliki wawasan yang luas terlebih dalam bidang yang ia geluti karena ia perlu
mengenal banyak produk kompetitor setelah mengamatinya
3. Orientasi masa depan
Satu lagi ciri kewirausahaan yang sukses adalah mengenai
orientasinya. Sebuah kewirausahaan yang sukses memiliki orientasi ke masa depan
bukan hanya apa yang akan laku dijual saat ini.
Bisnis dalam kewirausahaan yang sukses mempertimbangkan bagaimana
popularitas produknya di masa depan dan juga kegunaan produknya di masa depan.
Jadi jangan harap untuk berjualan es kepal milo untuk waktu yang lama dan
menjadi wirausahawan yang sukses. Sebaliknya ciptakan produk yang menguntungkan
dan memiliki nafas bisnis yang panjang.
Tahapan-tahapan pertumbuhan dalam
berwirausahaan :
1. Tahapan Imitasi
Tahapan ini adalah tahapan permulaan dimana wirausahawan hanya
mencari barang yang bagus dan melakukan duplikasi karena sudah terbukti banyak
orang menyukainya. Biasanya dalam tahap ini wirausahawan akan menggunakan
strategi barang lebih murah untuk mendapatkan perhatian pasar.
2. Tahap Duplikasi dan Pengembangan
Dalam tahapan ini wirausahawan sudah mulai melakukan pengembangan
ide-ide. Masih memiliki unsur duplikat tapi karena sudah mengetahui bagaimana
reaksi pasar wirausahawan akan lebih berani dalam mengambil keputusan untuk
mengembangkan produk.
3. Tahap Creating
Tahap ini adalah tahap ketika sebuah kewirausahaan sudah
benar-benar bisa berdiri dengan kakinya. Ia sudah banyak dipercaya sehingga
berani melakukan resiko lebih besar untuk menciptakan barang miliknya sendiri.
Disini biasanya inovasi mulai dilakukan.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar