ABSTRAK
Bisnis
adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang di dalam bidang
perindustrian. Teori manajemen banyak ragamnya, demikian pula fungsi-fungsinya,
dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks maka dari itu dibuat model manajemen
dalam suatu organisasi. Artikel berikut akan membahas mengenai manajemen dan
fungsinya
KATA
KUNCI: dasar manajemen dan fungsi-fungsinya
Definisi manajemen
didefinisikan secara beragam
berdasarkan pakar manajemen. Teori manajemen banyak ragamnya,
demikian pula fungsi-fungsinya, dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks
maka dari itu dibuat model manajemen dalam suatu organisasi. Ilmu manajemen
dapat diterapkan bagi semua bentuk organisasi, seperti perusahaan, pemerintah,
pendidikan, sosial, politik, keagamaan, dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa, seseorang mempelajari manajemen diharapkan memiliki pengetahuan dasar
manajemen dan dapat menerapkannya pada situasi yang ada, dan mampu fleksibel
terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.
Mengapa Manajemen dibutuhkan :
- Untuk
mencapai tujuan
- Untuk
menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
- Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas
Secara
etimologi, kata Manajemen berasal
dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang
memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Manajemen adalah suatu
cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Untuk mencapai
tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang bersifat masif, kompleks dan
bernilai tinggi tentulah sangat dibutuhkan manajemen. Sebagai contoh,
karya-karya seni peradaban manusia seperti menara Eifel, tembok besar Cina,
candi Borobudur dan lain sebagainya merupakan hasil dari suatu proses manajemen
yang sukses. Ilmu Manajemen sudah ada
sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Piramida
di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20
tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada orang yang
melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang harus dilakukan,
mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para
pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala
sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Ricky W. Griffin
mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan
perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara
benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Kegiatan
– kegiatan dalam fungsi manajemen, menurut Nickels, Mc Hugh and Mc Hugh tahun
1997, beberapa kegiatan yang terkait dengan setiap fungsi manajemen adalah :
- Fungsi
perencanaan (planning)
·
Menetapkan tujuan dan target bisnis
·
Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan
target bisnis
·
Menentukan sumber – sumber daya yang di
perlukan
·
Menetapkan standar atau indicator keberhasilan
dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
- Fungsi
pengorganisasian (organizing)
·
Mengaaan umber daya, mermuskan dan menetapkan
tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
·
Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan
adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·
Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan
dan pengenbangan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
- Fungsi
kepemimpinan (leading)
·
Mengimplementasikan proses kepemimpinan ,
pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja
secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
·
Memberikan tugas dan penjelasan mengenai
pekerjaan
·
Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
- Fungsi
pengawasan (controlling)
·
Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian
tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan.
·
Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas
penyimpangan yang mungkin ditemukan.
·
Melakukan berbagai alternative solusi atas
berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
KESIMPULAN
Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara
efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan
perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara
benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Fungsi kepemimpinan merupakan
kunci yang paling utama dalam kegiatan manajemen, maka dari itu peran seorang
manajer sangatlah penting. Untuk membuat orang lain mengerjakan sesuatu
mencapai suatu tujuan organisasi tentu bukanlah hal yang mudah, karena
dibutuhkan seni dan skill dari seorang manajer yang handal. Manajer handal yang
baik adalah manajer yang mampu membentuk orang lain sebagai pengganti dirinya.
Keberadaan manajer yang handal merupakan aset terbesar sebuah organisasi atau
perusahaan yang sangat bernilai.
DAFTAR PUSTAKA
·
Anonim. “modul
kewirausahaan I:dasar manajemen dan fungsi manajemen dalam organisasi” (diunduh
20 juni 2019)
·
Z, Umanansyah. 2015. “fungsi
manajemen” dalam http://digilib.uinsby.ac.id/4084/5/Bab%202.pdf
(diunduh 20 juni 2019)
·
Wijaya, Yoga Permana.
2014. “pengertian dasar-dasar manajemen” dalam https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/09/14/pengertian-dan-dasar-dasar-manajemen/
(diakses 20 juni 2019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar