Belajar Memulai Dari
Dasar Manajemen dan Fungsi Manajemen dalam Oraganisasi Bisnis
Novian Adi Pratama, @M01-Novian, @STARTUP-M01
Manajemen
Bisnis – Manajemen secara umum merupakan suatu proses dari
serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan
pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan
efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi
seseorang yang sedang mengembangkan bisnis. Tujuannya agar bisnis dapat
berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah direncanakan. Dasar-dasar
manajemen dalam bisnis mencakup beberapa hal yang harus dipahami, antara lain
manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran,
manajemen keuangan dan informasi.
5
Dasar
Manajemen Bisnis yang Harus Terpenuhi
1.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Dasar manajemen bisnis yang pertama dan yang harus ada dalam
perencanaan bisnis adalah sumber daya manusia. Selain modal berupa materi,
modal sumber daya manusia juga tidak kalah penting sebagai pondasi
berkembangnya suatu bisnis.
Sumber daya manusia perlu direncanakan dan dikelola dengan baik.
Tidak hanya harus memenuhi kuantitas saja, namun juga mempertimbangkan kualitas
SDM. Dalam bisnis atau perusahaan, ada tiga komponen yang berperan untuk
mengelolan sumber daya manusia, yaitu pihak personalia, human
resource development (HRD) dan human resource management (HRM).
Personalia berfokus pada sesuatu yang bersifat administratif
(hubungan employer dan employee), HRD berperan sebagi perencana strategis
tenaga kerja dan HRM berperan sebagai perencana, pengorganisasi dan
pengendali SDM sebagai aset penting.
2.
Manajemen Produksi
Dasar manajemen produksi juga
tidak kalah penting. Produk merupakan output/keluaran dari suatu perusahaan
atau bisnis yang melibatkan kepuasan konsumen, baik dalam bentuk barang maupun
jasa.
Bisnis yang didirikan tanpa
adanya pengetahuan tentang nilai produksi dapat berakibat pada kerugian secara
materi dalam jumlah besar. Jika output yang dihasilkan ternyata tidak memiliki
nilai jual, ini justru berakibat pada runtuhnya bisnis lebih awal seperti yang
sudah banyak terjadi di masyarakat kita.
Manajamen produksi direncanakan, dikelola dan dikendalika atas dasar sudut
pandang keinginan dan kepuasan konsumen. Dalam hal ini, perlu adanya survei
pendahuluan dengan membagikan kuesioner untuk melihat daya tarik masyarakat.
3.
Manajemen Pemasaran
Pemasaran diartikan sebagai
kegiatan yang menciptakan nilai ekonomi terhadap barang dan jasa. Manajemen
pemasaran berarti suatu metode untuk merencanakan bagaimana suatu produk atau
jasa dapat diterima di tengah masyarakat.
Dasar manajemen ini berperan
dalam mengenalkan perusahaan atau bisnis ke masyarakat. Keberhasilan suatu
bisnis tidak terlepas dari seberapa penting bisnis tersebut dibutuhkan oleh
orang lain. Semakin banyak peminat maka semakin tinggi bisnis berkembang.
Beberapa komponen yang termasuk
dalam dasar manajemen pemasaran mencakup; penggalian informasi terhadap pasar
secara potensial maupun aktual, merancang program pemasaran dan mengevaluasi
program pemasaran perusahaan.
4.
Manajemen Keuangan
Secara singkat, manajemen
keuangan adalah bagaimana cara memperoleh dan bagaimana menggunakan uang
perusahaan. Manajemen keuangan berkaitan dengan proses keluar masuknya uang
baik dan investasi, dana produksi dan sumber dana lain.
Bisnis yang baru berkembang
harus memiliki manajemen keuangan yang baik, karena jika dana perusahaan tidak
dikelola sesuai dengan tujuan bisa berakibat pada inflasi dalam perusahaan,
dimana laju pengeluaran lebih tinggi daripada pemasukan.
Bagian manajemen keuangan
setidaknya mempelajari secara detail bagaimana suatu dana bisa didapatkan,
digunakan dan dikembalikan.
5.
Manajemen Informasi
Manajemen informasi dalam hal
ini merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa bisnis yang sedang dikembangkan
dapat dijalankan dan masih bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.
Manajemen informasi sangat krusial disaat bisnis sedang mengalami masa sulit
diawal perkembangannya dan di tengah kemampuan komputer yang semakin
berkembang.
Jika bisnis kekurangan sumber
informasi dapat berakibat pada ketidakmampuan mengendalikan sumber daya
sehingga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan baik untuk jangka pendek
maupun panjang.
Manajemen informasi yang baik
adalah yang mampu memberikan sumber informasi yang mendukung bisnis untuk
berkembang, seperti informasi terkait pesaing atau kompetitor.
KESIMPULAN
Itulah
jika kalian ingin belajar dasar-dasar dari manajemen bisnis yang harus
ada dalam suatu perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang. Keberhasilan
suatu bisnis tidak hanya ditentukan dari banyaknya modal saja, tapi bagaimana
dapat memberikan manajemen yang baik bagi komponen bisnisnya untuk menciptakan
lingkungan kerja yang efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar