Oleh :
Erlangga Maulana Sakhi (M10-Erlangga)
Abstrak
Dunia ini
terus berkembang pesat, peluang usaha akan terus terbuka untuk menuju
kesuksesan. Peluang usaha ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang mampu
melihat dan dapat mengatur dirinya untuk dapat mengambil peluang tersebut. Peluang
itu akan hilang begitu saja jika tidak mampu atau tidak dapat mengatur atau
memenjemen dirinya dan kegiatan lainnya.
Kata kunci :
peluang usaha bisnis, manusia, menejmen
Anonym
(2019) ,Pengertian menejemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan
oleh sekelompok orang atau organisasi untuk
mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan
sumber daya yang dimiliki. Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan,
pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah untuk mencapai tujuan sesuai perencanaan
dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir.
Dalam
dunia bisnis menejemen menjadi hal vital, karena manajemen mampu menentukan
berhasil atau tidaknya sebuah bisnis yang sedang dijalankan mau dalam tahap
perencanaan. Fungsi utamanya adalah mengatur atau menentukan dari biaya, SDM,
material dan sebagainya dalam dunia bisnis agar dapat mendapatkan keuntungan.
Terdapat
banyak cabang-cabang manejemen diantaranya adalah :
1. Menejemen sumberdaya manusia adalah pengaturan terhadap pekerja didalam
sebuah perusahaan. Pemilihan tenaga kerja didalam dunia bisnis sangatlah penting,
karena smber daya manusia jika tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan
kerugian bagi pelaku bisnis. Oleh karena itu pemilihan seseorang atau pekerja
sangatlah perlu pertimbangan atau pengaturan agar tidak rugi dikemudian hari.
2. Menejemen operasi dan produksi
menurut saya adalah cara bagaimana mengatur atau menentukan metode, material,
dan keuangan dalam sebuah perusahaan. Jika ada sbuah perusahaan yang memiliki
sistem produksi “make to order” maka manajemen operasi dan produksi sangatlah
penting diperhatikan. Karena penentuan metode, pemilihan material dan perhitungan
keuangan dapat dilakukan terlebih dahulu sebelum membuat barang tersebut. Dengan
kata lain menggunakan prinsip POAC (planning, organitation, actualitation , controlling).
3. Menejemen pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan
perusahaan yang menjadi ujung tombak perusahaan untuk bertahan dan juga
berkembang serta mendapatkan keuntungan.Manajemen pemasaran dapat di defiisikan
sebagai proses penetapan tujuan pemasaran sebuah organisasi dengan
mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dan juga peluang pasar. Hal yang harus di pertimbangkan adalah perencanaan dan
juga pelaksanaan untuk mencapai tujuan serta mengukiur pencapaiannya.
4. Manajemen
keuangan
Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan,
pemeriksaan, penganggaran, pengelolaan, pencarian, pengendalian dan juga
penyimpanan dana yang dimiliki perusahaan atau organisasi.
5.
Manajemen Informasi
Manajemen informasi dapat di artikan sebagai pengelolaan data yang di
dalamnya terdiri dari proses mencari, menyusun, proses klasifikasi serta
memperlihatkan semua data yang terkait dengan kegiatan perusahaan.
Kesimpulan
manajemen sangatlah penting dalam kehidupan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari
maupun dalam dunia usaha. Mulailah dari hal kecil sebelum kehal yang besar.
DAFTAR PUSTAKA
·
Natasha,Rara. 2013. Fungsi Manajemen. Dalam https://raranatasha.wordpress.com/2013/01/09/manajemen-fungsional/ , diakses pada (20 Juni 2019)
·
Anonym. 2019. Pengertian Menejemen : Fungsi, Tujuan,
Unsur, dan Jenis-Jenis menejemem. Dalam https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen.html , diakses pada (20 Juni 2019).
·
Pahlevi.
2018. Macam-Macam Manajemen. Dalam https://www.pahlevi.net/macam-macam-manajemen/
, diakses pada (20 juni 2019).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar