Abstrak Maraknya
bisnis online terjadi dikerenakan berkembangan tingkat
pengetahuan manusia serta berkembang teknologi yang membuat peluang usaha
semakin besar. Namun sebelum maraknya bisnis online, terdapat bisnis
konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis. Selain itu ada pula bisnis
warabala.
Kata Kunci: Model Bisnis, Konvensional, E-Commerce, Waralaba
Masih ingatkah kalian? Pada jaman dahulu kita bertransaksi
menggunakan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan. Jaman
terus berganti dan semakin maju, kini semua orang telah mengenal sistem mata
uang dan mulailah dikenal kosakata harga. Harga adalah sebuah jumlah yang harus
dibayarkan seseorang untuk mendapatkan sebuah barang. Jika pada jaman dahulu
kegiatan jual-beli banyak dilakukan di pasar atau pusat-pusat perbelanjaan,
maka kini tempat untuk berjualan telah merambah ke dunia maya. Kita dapat
melakukan aktifitas jual-beli hanya dengan terhubung dengan dunia maya. Hal ini
sangat membantu bagi manusia, khususnya untuk para business karena mendapat profit
lebih dibandingkan dengan bisnis offline.
Konvensional atau yang lebih sering dikenal dengan
bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara
langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli. (Wahono, 2017).
Bisnis offline ini memiliki tempat usaha sendiri dan memiliki
stok produk yang lumayan banyak sehingga tidak perlu khawatir kehabisan. Selain
itu kelebihan dari bisnis offline ini adalah pembeli dapat melihat sendiri kualitas
dan kuantitas produk yang akan dibeli dan lebih mampu menjaga kepercayaan, kualitas serta loyalitas konsumen,
karena minimnya penipuan yang terjadi.
Namun untuk membuka bisnis konvensional ini membutuhkan modal yang tidak
sedikit karena bisnis ini membutuhkan tempat dan juga produk yang tidak
sedikit. Lalu, bisnis konvensional memiliki jangkauan pemasaran yang terbatas
karena untuk memperluas pemasaran dibutuhkan pembukaan cabang didaerah lain serta
bisnis ini masih direpotkan dengan segala perizinan untuk menjalani usaha.
Kemudian dijaman ini ada pula bisnis yang
melibatkan transaksi online yaitu bisnis E-Commerce. E-commerce adalah
pendekatan baru dalam dunia bisnis secara elektronik dan menggunakan jaringan
dan internet. Dengan cara ini proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan
informasi melalui komputer melakukan komunikasi dan jaringan termasuk internet
(Turban et al., 2006 dalam Pradana, 2015).
E-commerce didefinisikan sebagai proses
pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi
melalui jaringan komputer melalui internet. Dengan aktivitas bisnis secara
e-commerce, maka perusahaan dapat memperluas aktivitas dan menjangkau konsumen
dengan lebih mudah. Juga proses transaksi yang selama ini sifatnya konvensional
menjadi lebih modern dengan tersedianya transaksi online. (Pradana, 2015)
Kelebihan lainnya adalah bisnis ini tidak perlu
memiliki modal yang besar dan cocok untuk para pemula bisnis. Namun bisnis ini
lebih memakan waktu karena membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengirimkan
kepada konsumen, lalu tingkat kepercayaan pembeli masih belum kuat karena
produk yang dijual tidak dapat dilihat langsung oleh pembeli. Selain itu
pengaruh maraknya penipuan bisnis online menjadi rintangan dalam bisnis,
sehingga peluang usaha secara online masih rawan penipuan baik pembeli maupun
penjual.
Selain bisnis konvensioal dan E-Commerce,
usaha waralaba atau franchise juga sangat diminati. Awalnya usaha ini tidak
dikenali oleh warga Indonesia namun. Karena pengaruh globalisasi, maka franchise
masuk dalam tatanan hukum dan budaya masyarakat Indonesia. Istilah franchise
selanjutnya menjadi istilah yang akrab denggan masyarakat, khususnya masyarakat
bisnis Indonesia dan menarik perhatianbanyakpihakuntukmendalaminya.
Kemudian istilah franchise dicoba
diIndonesia-kan dengan istilah “waralaba” yang diperkenalkan pertama kali oleh
Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LPPM). Waralaba berasal dari
kata “wara” (lebih atau istimewa) dan “laba” (untung), sehingga waralaba
berarti usaha yang memberikan laba lebih atau istimewa (Sutedi, 2008).
Menurut Gurnick dalam Margono dan Angkasa dalam
Rivai (2012), waralaba adalah model yang paling disukai para pelaku bisnis
karena metodenya yang efektif dalam menyuplai sebuah model khusus kepada pasar
dengan cara pembelian hak untuk mengcopy kekayaan intelektual yang dimiliki
franchisor yang berupa merupa merk dagang, produk dan informasi rahasia dengan
memberikan dukungan kepada franchisee dalam bentuk memberikan dukungan pelatihan,
stratategi pemasaran, grup periklanan dan pengaturan pembeliannya.
Contoh waralaba yang sekarang sedang
berkembang pesat ialah Indomaret dan Alfamart, bahkan keduanya saling bersaing dan
menjadi polemik yang berkepanjangan dalam pengembangan bisnis retail/eceran antara
retail modern, pedagang pasar tradisional dan pedagang warungan serta pedagang
kaki lima (PKL).
Banyak
keuntungan dalam berbisnis waralaba diantaranya adalah:
1. Telah terbangunnya managemen bisnis, karena berbisnis di
bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide,
penamaan dan manajemen suatu bisnis telah di uji coba sebelumnya dan siap untuk
di implementasikan pada lokasi yang baru
2. Dikenal masyarakat Pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis
sebelumnya lebih terdahulu di kenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan
tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih
sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.
3. Kemudahan dalam manajemen finansial. Investor cenderung
lebih suka untuk memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi
finansial dan jaringan pemasaran. Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem
manajeman finansial telah di tetapkan oleh pemilik waralaba utama, sehingga
kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan manajemen finansial seperti membangun
bisnis baru.
4. Telah terbangunnya
kerjasama bisnis. Orang yang membeli waralaba bisa mendapatkan keuntungan
kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Contohnya
kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.
5. Kuatnya dukungan
dan keamanan. Pemilik waralaba biasanya akan memberikan pelatihan seperti
manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain. Hal – hal seperti ini
biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.
Selain
keuntungan dalam berbisnis waralaba tentunya ada pula kekurangannya, diantaranya
adalah:
1. Kurang
kendali. Salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah kurangnya kendali
dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri, karena semua sistem telah
ditentukan oleh pemilik waralaba. Sehingga ruang gerak pembeli waralaba sangat
terbatas. Ide-ide untuk berkreatifitas pun terkadang tidak bisa diaplikasikan,
karena adanya perjanjian-perjanjian khusus.
2. Terikat
dengan supplier. Untuk mendapatkan keuntungan yang mencukupi, tentunya setiap
pengusaha menginginkan modal yang kecil. Salah satu caranya adalah mencari
supplier yang murah. Dengan menggunakan sistem waralaba, pihak pemasok barang
pun telah ditentukan. Sehingga kita tidak bisa memilih lagi supplier yang lebih
murah.
3. Ketergantungan
pada reputasi. Salah satu kekurangan terbesar dari waralaba adalah
tergantungnya reputasi waralaba terhadap waralaba yang lain. Jika waralaba yang
lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal ini
juga akan mempengaruhi waralaba yang anda kelola.
4. Biaya
waralaba. Pihak pemilik waralaba akan mengajukan biaya awal untuk membeli
perjanjian waralaba. Kemudian biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi
para pembeli waralaba.
5. Pemotongan
keuntungan. Pembeli waralaba di haruskan untuk membayar royalti dari sejumlah
keuntungan yang didapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan sedikit, berarti
keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.
Kesimpulan
Dari
artikel ini telah kita ketahui bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis
konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini
memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Namun apapun model bisnis yang
kita pilih untuk kita jalani, akan berhasil jika dimanage dengan tepat.
Daftar Pustaka
Pradana, Mahir. 2015.
Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce
Di Indonesia. Jurnal Neo-bis.
Volume 9, No. 2, Desember 2015. Dalam http://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/download/1271/1095 (Diakses
04 April 2019)
Wahono,
Budi. 2017. Pengertian Bisnis Online dan Bisnis Konvensional. Dalam
https://www.budiwahono.com/pengertian-bisnis-online-dan-bisnis-konvensional/ (Diakses
03 April 2019)
Rivai, M. Muchtar. 2015. Pengaturan Waralaba
Di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Jurnal Liquidity. Vol. 1, No.2,
Juli-Desember 2012. Htm 159-166. Dalam http://ojs.stiead.ac.id/index.php/LQ/article/download/146/111/
(Diakses
03 April 2019)
Anonim.
2018. Mengenal Perbedaan Bisnis Konvensional VS Digital, Lebih Efektif Mana?. Dalam
https://www.smartbisnis.co.id/content/read/belajar-bisnis/implementasi-bisnis/mengenal-perbedaan-bisnis-konvensional-vs-digital-lebih-efektif-mana
(Diakses 03 April 2019)
Anonim.
2019. Tips Keuntunagn Dan Kekurangan Bisnis Waralaba. Dalam https://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Keuntungan-Dan-Kekurangan-Bisnis-Waralaba/
(Diakses 03 April 2019)
Nama: Suhardianto Noor
BalasHapusNim: 43217120172
Artikel tersebut sangat bagus, karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.
Nama : Rosada Tri Asnada
BalasHapusNIM : 41415110052
Artikel yang bagus yang lengkap. Sangat menarik.
Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
BalasHapusNIM : 41118110154
Artikel yang sangat bermanfaat dan membantu karena kita bisa mengetahui jenis-jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya, sehingga menambah wawasan pembaca.
Nama : Puspa Rahayu
BalasHapusdari artikel di atas kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .
Nama : Cindy
BalasHapusNIM : 43218110114
menurut saya artikel ini sangat lengkap karena dijelaskan berbagai jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya.
Nama : Natan
BalasHapusNIM : 43117110110
artikel nya sangat bagus.
NAMA : SANDRO HANDIKA
BalasHapusNIM : 41617110108
Artikel yang cukup bagus karna mengandung penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis dan keuntungan dan kelebihannya
Nama : Helena Mutiara H
BalasHapusNIM : 43218110214
Artikel ini cukup bagus dengan penjelasan yang terperinci.
Nama : Sulistianto
BalasHapusNIM : 41617110021
Artikel ini cukup bagus karena kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .
Nama : Muhammad Husein Rifa'i
BalasHapusNim : 41617110054
Artikel yang cukup bagus dan sangat menambah wawasan
Nama : abdul Hadi hadzami
BalasHapusNim : 41318110064
Artikel yang sangat bermanfaat dan membantu karena kita bisa mengetahui jenis-jenis bisnis serta keuntungan dan kelebihannya, sehingga menambah wawasan pembacanya.
Nama : Yusup Maulana
BalasHapusNIM : 41416120114
Setelh membaca artikel ini sangat menguntungkan bagi saya untuk mengetahuin apa saja model-model bisnis. Dan tentunya sangt bermanfaat untuk para pembaca yang lainnya
Nama : Anggi Wahyu Guuntara
BalasHapusNim : 41117110111
Artikel yang bagus dan bermanfaat.
menambah wawasan
Nama : Muhammad Refiansyah
BalasHapusNIM : 41617110113
Artikel ini cukup bagus karena kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba
Nama : Ricco Yudistira
BalasHapusNim : 41617110077
Arikelnya bagus kita jadi tau model model bisnin
Nama: Rosliana jhon febri s
BalasHapusNIM: 43117110141
artikel yang bagus, dari artikel di atas menurut saya menerangkan berbagai model bisnis dari jaman dahulu sampai sekarang yang terus berkembang karena perkembangan jaman dan teknologi sampai pada sekarang menjadi bisnis e-commerce yang didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet.
nama : Dinda Juliskha Yanti
BalasHapusNim : 43218110220
Menurut saya ,
Artikel tersebut sangat bagus, karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.
Terimakasih .
Nama : Satriya Ramahdika Utama
BalasHapusNIM : 41413120157
Mnurut saya kreatifitas adalah modal untuk berinovasi.. tentunya untuk mendapatkan ide ide yang kreatif setiap orang buat penyemangat contohnya seperti , kata kata bijak yang dapat memacu agar seorang dapat berpikir dengan tenang.
Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
BalasHapusNim : 41617110063
Artikel yang cukup bagus karna membahas penjelasan mengenai jenis-jenis bisnis dan kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba
Nama : Rima Apriyana
BalasHapusNim 43117110171
Dari artikel bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiganya memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Tergantung bagaimana kita sebagai pelaku binis.
Nama : Ezra Feroza Dwi Antono
BalasHapusNIM : 41617120059
Artikel ini sangat menarik bahwa tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Bgaimana kita mengolah jenis bisnis tersebut,sukses ditentukan oleh diri kita sendiri.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Nurring Tyas
BalasHapusNim : 41617110119
artikel ini penyampaiannya cukup mudah untuk dimengerti, dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia memunculkan teknologi yang dapat membantu masyarakat modern, yaitu e- commerce. banyak orang yang telah memilih berbelanja di e-commerce daripada konvesional. karena cukup dirasa praktis dan dapat mengcompare harga dari satu toko ke toko yang lainnya.
Nama: Devi Widya Winata
BalasHapusNIM : 43217120173
Sangat Bagus, dari artikel ini telah kita ketahui bahwa ada tiga jenis bisnis yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. Ketiga model bisnis ini memiliki keuntungan dan kelebihannya sendiri. Namun apapun model bisnis yang kita pilih untuk kita jalani, akan berhasil jika dimanage dengan tepat.
NAMA : IRMA JELITA NURAINI
BalasHapusNIM : 44218120122
Cukup menambah wawasan dengan banyaknya orang yang memanfaatkan internet secara online baik melalui transaksi via email, media sosial, ataupun live chat, maka bisnis pun menjadi lebih mudah dengan adanya fasilitas online yang banyak dipergunakan saat ini. Dan pelajaran yang bisa diambil dari artikel ini adalah satu satu usaha menyikapi maraknya biisnis online yaitu tetap harus berhati - hati karena penipuan online juga bertambah seiring maraknya bisnis online.
nama : yorgi ganda
BalasHapusnim : 41916120058
karena dengan berkembangannya jaman yang makin maju, banyak sekali model bisnis baik itu offline maupun online. Sekarang usaha sudah banyak yang menggunakan sistem online agar lebih mudah dalam bertransaksi jual belinya.dari artikel di atas kita bisa tahu macam-macam jenis bisnis, yaitu bisnis konvensional, bisnis E-commerce dan bisnis waralaba. dari ketiga bisnis tersebut kita bisa tahu keuntungan dan kelebihan masing" .
Nama: Anggi Yos Indra
BalasHapusNIM: 41617110049
artikel yang bagus, dari artikel di atas menurut saya menerangkan berbagai model bisnis dari jaman dahulu sampai sekarang yang terus berkembang karena perkembangan jaman dan teknologi sampai pada sekarang menjadi bisnis e-commerce yang didefinisikan sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet.dan kita harus beradaptasi dengan sistem tersebut.