Pemanfaatan internet dalam dunia bisnis lebih dikenal dengan istilah ‘electronic commerce’.
Definisi electronic commerce (e-commerce) menurut Laudon & Laudon (2009) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan.
Bisnis E-commerce
E-commerce didefinisikan
sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa
atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet (Kozinets et al.,
2010).
Telah disebutkan, bahwa
teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pemasaran apapun dengan
bantuan internet. Oleh karena itu, dunia mengakui konsep baru aktivitas bisnis,
yaitu dengan cara online. Salah satu keuntungan dalam menggunakan sumber
internet untuk berhubungan dengan pelanggan adalah pengiriman data yang cepat
dan informasi antara orang yang terlibat (Kozinets et al., 2010).
Dalam banyak kasus, sebuah
perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk
saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat
waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan
infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga
kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian
yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi
barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus
seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian
khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas
untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan
perdagangan
Enam dimensi keberhasilan
sistem informasi menurut DeLone & McLean (2004) Yang dapat diterapkan juga
pada lingkungan e-commerce adalah sebagai berikut:
1. Kualitas Sistem dalam
lingkungan Internet. Dimana karakteristik sistem e-commerce dapat diukur sesuai
kegunaan, ketersediaan, kehandalan, kemampuan beradaptasi, dan waktu respon
(misalnya, waktu download dan proses data).
2. Kualitas Informasi dalam
menangkap isu konten e-commerce. Jaringan konten harus dipersonalisasi,
lengkap, relevan, mudah dimengerti, dan aman jika calon pembeli atau pemasok
memulai transaksi melalui internet.
3. Kualitas layanan. Dukungan
keseluruhan disampaikan oleh penyedia layanan, terlepas dari apakah dukungan
tersebut disampaikan oleh departemen sistem informasi atau unit organisasi baru
atau mungkin secara outsourcing ke penyedia layanan internet.
Contoh Kasus
Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan
daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia
memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola
toko daring.
Daftar Pustaka
Pradana, 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Universitas Telkom Bandung. Vol. 9. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=433592&val=7695&title=KLASIFIKASI%20JENIS-JENIS%20BISNIS%20E-COMMERCE%20%20DI%20INDONESIA
(diunduh, 25 Maret 2018)
Wibowo, 2011. Peluang Bisnis. Bisnis Online Website E-Commerce. STMIK
AMIKOM YOGYAKARTA. Dalam : download.portalgaruda.org/article.php?article=90523&val=5001
(diunduh, 25 Maret 2018)
Nama : Muhammad Husein Rifa'i
BalasHapusNim : 41617110054
Sangat bermanfaat sekali, thanks
NAMA : Anggi Wahyu Guntara
BalasHapusNIM : 41117110111
Memang benar untuk jaman sekarang ini sudah memasuki milenial.. dimana segala sesuatu akan dibikin jadi mudah dan se efisien mungkin,. contohnya yang lagi marak saat ini seperti bisnis e-commerce, dimana kita di mudahkan melalui internet seperti berbelanja online.
NAMA:YORGIGANDA
BalasHapusNIM:41916120058
menurut saya program e-commerce sangat memudahkan kita menjadi lebih praktis dan melek teknologi
Nama: Muhammad Refiansyah
BalasHapusNIM: 41617110113
artikel ini sangat bagus, untuk memahami betapa mudahnya hidup kita karna adanya e-commerce
Nama : Saripudin
BalasHapusNim: 41617110111
Bagus, Tapi menurut saya akan lebih lengkap kalau di perjelas dan perbnyak jenis dan contohnya pada bisnis e-comerce.
sebagai contoh :
Toko Online di Media sosial : Berjualan di Face book dan Instagram.
Banyaknya konsumen yang bisa dijangkau melalui media sosial juga membuat bisnis e-commerce ini cukup populer di kalangan pebisnis.
Nama : Ricco Yudistira
BalasHapusNim : 41617110077
artikel ini sangat bagus, untuk memahami E commerce
Nama: Rosliana jhon febri s
BalasHapusNIM: 43117110141
artikel yang bagus, menerangkan untuk electronic commerce (e-commerce)Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi jual, beli dan transafer secara online.
Nama : Anenaya Nurul Afifah
BalasHapusNIM : 43218110265
Menurut saya artikel inii sangat bagus karena pada saat ini perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online.
Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
BalasHapusNIM : 43218110083
Saat ini bisnis e-commerce memang sedang banyak digandrungi untuk membeli dan menjual produk secara online. Selain itu e-commerce sangat praktis serta mengutamakan efisiensi.
Nama : Satriya Ramahdika Utama
BalasHapusNIM : 41413120157
Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.
Nama : Feralvin Satria Lanusa H
BalasHapusNIM : 41617110045
Artikel yang cukup bagus.
Nama : Rima Apriyana
BalasHapusNim : 43117110171
Dapat kita simpulkan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini bisa digunakan untuk transaksi secara online. Dengan adanya E-commerce dapat mempermudah proses jual-beli.
Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
BalasHapusNim : 41617110063
Artikel yang sangat bermanfaat dan dimana segala sesuatu akan menjadi mudah/praktis dan se efisien mungkin.dimana saat ini banyak digunakan untuk transaksi jual, beli dan transafer secara online.
Nama: Devi Widya Winata
BalasHapusNIM : 43217120173
Artikel yang bagus dapat memberikan wawasan bagi kita dalam belajar bisnis di e-commerce.
Nama : Nurring Tyas
BalasHapusNim : 41617110119
saya setuju dengan artikel diatas, dimana Perkembangan internet tidak hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan untuk transaksi secara online. Perkembangan ini didukung oleh industri hardware dan software, dengan adanya kemudahan itu menjadikan banyaknya aplikasi e-commerce diluncurkan.
NAMA : IRMA JELITA NURAINI
BalasHapusNIM : 44218120122
Artikel yang cukup menarik, menjelaskan bahwa seiring perkembangan teknologi dan informasi kegiatan transaksi dan jual beli berbagai produk bisa dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Berbagai platform layanan internet pun mulai bermunculan dengan berbagai kemudahan. Sebagian besar masyarakat saat ini pastinya sudah memulai bisnis melalui internet.
Nama : Avip Wijayanto
BalasHapusNim : 4161711053
Artikel ini sangat bagus karena mampu mengenalkan bisnis yang sekarang ada tetapi tidak mengetahui pengertian dari bisnis tersebut. E-Commerce adalah langkah untuk menuju perekonomian dengan kemauan teknologi.