Pengelolaan
Perusahaan Dalam Saingan Pemasaran
ABSTRAK
Artikel ini di buat bertujuan untuk
menunjukan bahwa dalam pengelolaan perusahaan dibutuhkan saingan dalam
pemasaran, agar barang yang di jual oleh perusahaan bisa tersebar dan digunakan
oleh para konsumen. Dan barang yang di jual akan mengalami proses penjualan
secara cepat dan bisa berfungsi sebagai ajang promosi barang yang perusahaan
jual.
PENDAHULUAN
Setiap orang
berkeinginan selalu ingin mengembangkan ide kreative nya, untuk perusahaan yang
akan di kembangkan akan tetapi banyak
sekali penghambat yang akan mengganggu ide kreative setiap orang, untuk menjadi orang yang sukses kita harus
pintar menempatkan waktu dimana orang itu akan mengembangkan ide kreativitas
nya , maka dari itu ide kreativitas harus selalu di asah agar wawasan untuk
mengembang ide kreativitas selalu akan berkembang dan menghasilkan sesuatu yang
baru dan berguna untuk semua orang.
Artikel ini
berupaya untuk memberikan bagaimana proses ide kreativitas dapat di kembangkan
dalam pengelolaan perusahaan dan dapat sebagai alat pemecah masalah yang ada di
setiap perusahaan, maka dari itu di sini kreativitas tidak boleh di batasi
karena semua orang akan selalu tumbuh mencari ide kreativitas untuk menghasilkan sesuatu yang baru menjadi
lebih baik.
Rumusan
Masalah
1.
Apa itu pemasaran ?
2.
Bagaimana cara Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan
Pemasaran ?
3.
Faktor penghambat apa saja dalam
startegi pemasaran?
PEMBAHASAN
A. Apa itu pemasaran
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses
menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang
bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.[1]
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang
manusia membutuhkan air dalam
memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya
akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun
juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan
mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botolyang sesuai dengan
kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
B.
Bagaiamana cara Pengelolaan Perusahaan Dalam Saingan
Pemasaran ?
Dalam
dunia pemasaran tentu ada yang namanya persaingan, oleh sebab itu dibutuhkan
pengelolaan strategi pemasaran, dan tentunya strategi pemasaran efektif adalah
salah satu kunci dalam bersaing dengan saingan yang lain.
Adapun
strategi pemasaran yan efektif ialah
1.
Konsistensi: Tujuannya agar dapat membantu mengurangi
biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2.
Perencanaan:
Tentunya dalam bersaing diperlukan perencaan yang matang, luangkan waktu
sebanyak mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran
marketing yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda
dapat berkembang dengan pesat.
3.
Strategi:
Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah
direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun
rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan,
serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
4.
Target
Market: Strategi adalah dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah
direncanakan sebelumnya. Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun
rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan,
serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
5.
Anggaran:
suatu kebutuhan yang dibutuhkan tingkat keakuratan yang tepat dalam
menghitung anggaran marketing yang dibutuhkan. Sebab dari anggaran yang telah
dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan
pemasaran.
6.
Marketing
Mix: Pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga dan tempat promosi.
7.
Website:
sarana yang memudahkan untuk membagikan informasi berkaitan dengan perusahaan,
dan mengenai hal-hal yang terkait perusahaan.
8.
Branding:
proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang
membuatnya.
9.
SNS
Operation: salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan
promosi dan iklan.
10. Customer Relationship Management: Untuk
dapat menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan
hubungan yang baik dengan para pelanggan. Agar dapat menguntungkan
perusahaan.
11. Mobile Banking: Dengan meningkatnya
pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten
untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin
banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk
menggunakan smartphone.
C. Faktor penghambat apa saja dalam menjalankan startegi pemasaran
pertama > kurangnya pengalaman didalam bidang usaha.
kedua > tidak tepat memilih jenis usaha.
ketiga > tidak adanya perencanaan yang tepat.
keempat > permodalan kurang.
kelima > tidak adanya dukungan pemerintah.
keenam > tidak mempunyai keahlian
ketujuh > tidak mempunyai semangat bisnis
kedelapan > tidak percaya kepada kemampuan diri.
kedua > tidak tepat memilih jenis usaha.
ketiga > tidak adanya perencanaan yang tepat.
keempat > permodalan kurang.
kelima > tidak adanya dukungan pemerintah.
keenam > tidak mempunyai keahlian
ketujuh > tidak mempunyai semangat bisnis
kedelapan > tidak percaya kepada kemampuan diri.
KESIMPULAN
Dalam dunia
bisnis selalu ada manajemen, dan banyak
manajemen yang diperlukan di dalam bisnis, dari manajemen waktu, manajemen
sumber daya alam dan manusia, serta
manajemen pemasaran. Dann yang paling penting diantara yaitu salah satunya
manajemen pemasaran. Tanpa ada manajemen pemasaran, maka perusahaan tidak akan
mendapatkan untung dan akan kalah bersaing dalam saingan pemasaran.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar