Abstrak
Perusahaan dalam melaksanakan produksinya, diperlukan
suatu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan keberlangsungan Perusahaan
tersebut, maka dari SDM perlu adanya manajemen. dalam upaya pengaturan dan
pengkoordinasian dalam mensukseskan produksi dan pemasaran
Kata kunci: manajemen SDM, Perusahaan
RumusanMasalah
Apakah definisi dari Manajemen Sumber Daya Manusia,dalam upaya
keberlangsungan Perusahaan
Pembahasan
Landasan
Teori
“Manajemen Sumber Daya Manusia berarti mengatur, mengurus SDM berdasarkan visi
perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum” (Anonymous)
Perusahaan harus mampu menempatkan SDM kedalam
struktur organisasinya, sesuai dengan keahlian SDMnya, tidak hanya itu saja,
mampu menelaah sikap dari pegawai tersebut, secara umum ada 2 pekerjaan utama
yang akan diemban oleh pegawai tersebut
1. PRODUKSI
Dalam
kaitannya Produksi memerlukan Manajemen
atau yang disebut Manajemen Produksi
yaitu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan
menggunakan /koordinasi kegiatan orang lain.
Organisasi yaitu alat untuk mencapai tujuan dalam manajemen.
Manajemen Produksi yaitu kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya.
Produksi diartikan sebagai suatu kegiatan yang mentransformasikan masukan(input) menjadi keluaran(output).
Produksi dimaksudkan sebagai kegiatan pengolaha dalam pabrik, yang hasilnya berupa barang konsumsi dan barang produksi.
Organisasi yaitu alat untuk mencapai tujuan dalam manajemen.
Manajemen Produksi yaitu kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya.
Produksi diartikan sebagai suatu kegiatan yang mentransformasikan masukan(input) menjadi keluaran(output).
Produksi dimaksudkan sebagai kegiatan pengolaha dalam pabrik, yang hasilnya berupa barang konsumsi dan barang produksi.
2. PEMASARAN
Menurut Kotler
(2004:7), “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalam
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain.”
Proses untuk
menawarkan ataupun mengenalkan produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.
Perlu adanya
strategi dalam upaya pemasaran
Berikut ini macam-macam
strategi pemasaran properti yang tepat :
1. Memasarkan via online
Pada saat ini, bisnis properti online mulai banyak peminatnya. Anda dapat menginformasikan produk Anda, memasang iklan bari ataupun banner di situs online lainnya, berbagai informasi mengenai perkembangan bisnis properti di forum-forum online. Pada saat ini pemasaran online banyak dilakukan karena hampir semua orang melakukan pembelian via online.
2. Memilih Tempat Strategis
Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.
3. Strategi Open House
Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.
1. Memasarkan via online
Pada saat ini, bisnis properti online mulai banyak peminatnya. Anda dapat menginformasikan produk Anda, memasang iklan bari ataupun banner di situs online lainnya, berbagai informasi mengenai perkembangan bisnis properti di forum-forum online. Pada saat ini pemasaran online banyak dilakukan karena hampir semua orang melakukan pembelian via online.
2. Memilih Tempat Strategis
Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.
3. Strategi Open House
Strategi open house untuk menciptakan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi langsung lokasi hunian yang ditawarkan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Kesimpulan
Dari
definisi – definisi yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa
Manajemen Sumber Daya Manusia yang baik akan menghasilkan Operasi dan Produksi merupakan serangkaian
proses dalam menciptakan barang dan jasa atau kegiatan mengubah bentuk dengan
menciptakan atau menambah manfaat suatu barang dan jasa yang akan digunakan
untuk memenuhi kebutuhan manusia, dapat mengenalkan produk anda secara baik dan
benar kepada masyarakat
Daftarpustaka
· Rahman, Abd. 2011. JurnalPengaruhManajemenSumberdayaManusiaStrategidanManajemenTransformasiTerhadapKeunggulanBersaing. Vol
08, No 03.
· Alwi, S. 2001.
Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi keunggulan Kompetitif. Badan Penerbit
Fakultas Ekonomi: Yogyakarta.
· Gomes, Faustino
Cardoso. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Penerbit Andi
Offset Yogyakarta.
· Jauch, Lawrence
R, Gluecke, William F, 1997. Manajemen Strategis dan kebijaksanaan Perusahaan.
Erlangga, Jakarta.
· Randall Schuler
dan Jackson Susan. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad 21.
Surabaya: Airlangga.
Nama : Mochamad Zakaria
BalasHapusNim : 41115120047
Di indonesia sendiri banyak SDM yang berkualitas namun masih banyak yang belom terlihat bagi pemimpin perusahaan, dan bagaimana caranya seorang pemimpin bisa mendapatkan SDM itu ??
Dan setiap orang mempunyai kebutuhan masing masing,, bagaimana seorang pemimpin bisa menjaga dan mensejahterakan SDM yang sudah di dapatkan agar bisa bertahan di perusahaan ,,