Manajemen Pemasaran dalam Organisasi Bisnis
1. Ellyza
Anggraini @L21-Ellyza
2. Novia
Nila Sutarman @L22-Novia
3. Chairunnisa @L23-Nisa
Proyek-L10
Abstrak
Manajemen menjadi semakin
penting seiring dengan perkembangan zaman, begitu juga organisasi tanpa
manajemen akan menjadi sulit. Organisasi diselenggarakan karena adanya
kepentingan tujuan yang dicapai, setiap organisasi mempunyai keterbatasan akan
sumber daya manusia, uang dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi.
Keberhasilan mencapai tujuan tergantung pada pemilihan tujuan yang akan dicapai
dengan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi sesuai
dengan apa yang diharapakan.
Kata
kunci:manajemen
pemasaran, organisasi bisnis.
Pendahuluan
Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya
manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi
sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi
(Griffin,2002)
Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendali an dan
pengawasan.proses yang menyangkut bagaimana
strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam
sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam
organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan
organisasi.
Rumusan
Masalah
1. Apa yang di maksud Organiasasi Bisnis ?
Pembahasan
Manajemen Pemasaran adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya
berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,
dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Fungsi manajemen
pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan
produk,komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semuakegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan
memuaskan kebutuhan konsumen.
Konsep dasar dalam manajemen
bisnis yaitu:
1.
Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah
organisasi bisnis.
2.
Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan
perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan
pengawasan.
3.
Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang
mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau
operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.
Organisasi
adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu
dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).Sekumpulan orang atau
kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya
tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Kesimpulan
Sebagai kegiatan yang
sistematis, setiap elemen yang membentuk organisasi diatas harus berinteraksi
dan membentuk satu kesatuan yang integral. Sebuah sistem tidak bisa berfungsi
dengan baik jika elemen-elemen yang ada tidak terintegrasi melalui interaksi
yang baik. Dan untuk mencapai kerja sama yang harmoni dan sinergis,
dibutuhkan sistem pengatur yang pada intinya terdiri dari aturan-aturan dan
pengatur pihak yang menjalankan dan menegakkan aturan.
Daftar
pustaka
·
Fauziyah, Ainul. 2014. Organisasi Manajemen Bisnis. http://ainainulfauziyah.blogspot.com/2014/11/makalah-organisasi-manajemen-bisnis.html
.
·
Walker,
O., and Ruekert, R. 1987. ”Marketing’s Role in the Implementation of Business
strategies: a Critical Review and Conceptual Framework,” Journal of Marketing,
51 (3):15-33.
·
Sirumapea, Winda. 2012. Manajemen Bisnis.https://windasirumapea.wordpress.com/2012/12/03/manajemen-dan-organisasi-bisnis/.
·
Herlina. Jurnal Hubungan
Tipe Strategi Bisnis dan Strategi Pemasaran Dalam Menciptakan Keunggulan
Bersaing Perusahaan Dengan Menggunakan Manajemen Tenaga Penjual. Jurnal
Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar