ABSTRAK
Artikel
ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen pemasaran dalam
bisnis dan mendeskripsikan
konsep manajemen pemasaran agar memahami bagaiamana merancang strategi dengan
baik dalam memasarkan produk.
KATA
KUNCI
Manajemen Pemasaran, Perencannaan,
penganalisaan
Pendahuluan
konsumen
tidak hanya membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah
manfaat atau kegunaan dari produk tersebut. Keinginan dan kebutuhan manusia itu
sifatnya tidak terbatas, tetapi sumber daya yang dimiliki terbatas. Oleh karena
itu demi mendapatkan suatu barang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan
tersebut maka seseorang akan rela menukarkan atau mengorbankan benda atau
barang yang dimiliki, seperti uang atau benda-benda lainnya. Manajemen seringkali diartikan sebagai suatu
proses perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan untuk bisa
mencapai tujuan atau target yang sudah ditentukan. Sedangkan pemasaran adalah
kegiatan yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menciptakan nilai ekonomi
PERMASALAHAN
Apa
pengertian manajemen pemasaran ?
Apa konsep manajemen pemasaran ?
PEMBAHASAN
Pengertian manajemen pemasaran
·
Manajemen
Pemasaran adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk
mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
·
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum
barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan
pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika
menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang
lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
·
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi,
dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli
sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
·
American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang
dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya
menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
·
Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis,
Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu:
Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan
produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
·
Definisi Pemasaran menurut William J. Stanton adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep Manajemen
Pemasaran
Falsafah
konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep
pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.
Secara
definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
·
Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
·
Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
·
Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen
Konsep Manajemen pada
hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka
untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar