Muhammad Farhan N
ABSTRAK
Berfikir Kreatif, itulah yang harus dimiliki
setiap orang. Mungkin tanpa Berfikir Kreatif orang akan kesulitan dalam
pemenuhan kebutuhan hidup di dunia.
Kekreatifan akan membedakan manusia satu dengan yang lain sebab memang orang yang kreatif itu lebih maju daripada teman-temannya dan banyak idenya kelihatan aneh atau tidak mungkin bagi mereka.
Kekreatifan akan membedakan manusia satu dengan yang lain sebab memang orang yang kreatif itu lebih maju daripada teman-temannya dan banyak idenya kelihatan aneh atau tidak mungkin bagi mereka.
Berfikir Kreatif
bukanlah suatu yang baru. Ahli-ahli fikir kreatif telah ada ribuan tahun
yang lalu, mungkin jauh sebelum menusia menemukan api dan roda. Para ahli fikir
tersebut memberdayakan akal pikirannya dan kemampuan kreatifitasnya untuk
menghasilkan sesuatu yang baru. Maka dari itu bukan tidak mungkin bagi kita
untuk memaksimalkan kemampuan kreatifitas kita sehingga menghasilkan prestasi.
Kata Kunci: Kreatif, Inovatif
Rumusan Masalah :
1. Bagaimana proses terjadinya suatu
kreatifitas ?
2. Apa yang dimaksud kreatifitas wirausaha ?
3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi
kreativitas manusia?
PEMBAHASAN
KREATIVITAS
Istilah kreativitas
menunjukkan kemampuan dalam menciptakan hasil karya baru yang merupakan
produk-produk kreasi. Ada beberapa perbedaan pandangan mengenai definisi kreativitas.
Santrock (2008:366) kreativitas ialah kemampuan berpikir
tentang sesuatu dengan cara baru dan tak biasa dan menghasilkan solusi yang
unik atas suatu problem.
Samsunuwiyati
(2010:175) berpendapat bahwa kreativitas merupakan konsep yang majemuk
dan multi-dimensional, sehingga sulit didefinisikan secara operasional.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka kreativitas dapat dirumuskan
sebagai suatu proses aktivitas kognitif seseorang untuk melahirkan sesuatu yang
baru, baik berupa karya baru maupun karya kombinasi yang semuanya itu relatif
berbeda dengan apa yang ada sebelumnya.
INOVASI
Inovasi
merupakan ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh manusia atau unit
adopsi lainnya. Teori ini meyakini bahwa sebuah inovasi terdifusi ke seluruh masyarakat
dalam pola yang bisa diprediksi.
Everett M. Rogers Mendefisisikan bahwa
inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan
diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk
diadopsi.
Menurut Stephen Robbins inovasi sebagai suatu
gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk
atau proses dan jasa.
PROSES KREATIVITAS
Kreativitas dapat ditingkatkan dengan cara memahami bahwa proses kreatif
terdiri dari empat tahap yang masing-masing membutuhkan kerja keras.
1. Persiapan : proses mengumpulkan informasi, menganalisa dan
mengeksplor solusi. Langkah ini mencakup persiapan akal untuk siap berfikir
kreatif, Pelatihan formal, pelatihan saat kerja, pengalaman bekerja dan
mengambil peluang belajar lainnya. Pelatihan ini memberikan dasar cara membangun
kreatifitas dan inovasi.
2. Inkubasi : Alam bawah sadar memerlukan waktu untuk merefleksi
informasi yang dikumpulkan
3. Penerangan : inspirasi tidak datang saat seseorang sedang memikirkan suatu masalah, melainkan ketika dia berada dalam keadaan yang rileks. fase
dalam proses kreatif ini terjadi selama fase inkubasi ketika terobosan spontan menyebabkan
seorang tersebut mendapatkan suatu pencerahan
4. Verifikasi : Bagi wirausahawan,
menguji ide memastikan akurasi dan manfaatnya, dijalankan dengan melakukan
percobaan, menjalankan simulasi, menguji pemasaran produk atau jasa, menetapkan
program pemandu dalam skala kecil, membuat prototype dan banyak kegiatan
lainnya yang dirancang untuk memverifikasi bahwa ide baru tersebut bisa diterapkan
dengan berhasil dan praktis.
KREATIVITAS WIRAUSAHA
Kreativitas merupakan
daya menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian, kemauan, kerja
keras dan ketekunan. Menurut Sulaiman Sahlan dan Maswan,
kreativitas adalah ide atau gagasan dan kemampuan berpikir kreatif.
Dari
definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan
seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif
untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja
keras dan ketekunan.
Dalam
konteks manajemen, peran fungsi kreativitas dalam proses inovasi merupakan
pembangkitan ide yang menghasilkan penyempurnaan efektivitas dan efisiensi pada
suatu sistem.
Ada
2 sumber kreatifitas diantaranya :
1. Imajinasi dan Ide
2. Sifat Proses Kreatif
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KREATIVITAS MANUSIA
Menurut Rogers (dalam Munandar, 2009), faktor-faktor
yang dapat mendorong terwujudnya kreativitas individu diantaranya:
a. Dorongan dari dalam diri sendiri (motivasi
intrinsik)
setiap individu memiliki kecenderungan atau
dorongan dari dalam dirinya untuk berkreativitas, mewujudkan potensi,
mengungkapkan dan mengaktifkan semua kapasitas yang dimilikinya.
b. Dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik)
Munandar (2009) mengemukakan bahwa
lingkungan yang dapat mempengaruhi kreativitas individu dapat berupa lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat. Lingkungan keluarga merupakan kekuatan yang
penting dan merupakan sumber pertama dan utama dalam pengembangan kreativitas
individu.
KESIMPULAN :
Berpikir kreatif adalah suatu cara berpikir dimana seseorang mencoba
menemukan
hubungan-hubungan baru untuk memperoleh jawaban baru terhadap masalah.
Dalam berpikir kreatif, seseorang dituntut untuk dapat memperoleh lebih dari
satu jawaban terhadap suatu persoalan dan untuk itu maka diperlukan imajinasi.
Sebenarnya dalam menghadapi masalah kita membutuhkan
kedua jenis berpikir tersebut, yaitu berpikir logis-analitis dan berpikir
kreatif. Sementara itu berpikir kreatif sering disebut sebagai berpikir
divergen, karena disini pikiran didorong untuk menyebar jauh dan meluas dalam
mencari ide-ide baru. Dalam berpikir kreatif proses yang terjadi ternyata
melalui beberapa tahapan tertentu.
DAFTAR PUSTAKA:
Suryana, 2001, Kewirausahaan.
Jakarta: Salemba Empat
Sahlan Sulaiman, Wasman, Multi, 1998 Dimensi
Sumber Kreatifitas Manusia. Bandung ,Sinar Baru .
Adair, John.2009. Berpikir Kreatif,
Berfikir Sukses, Terjemahan oleh Izi Ibrahim dari buku The Art of Creative Thinking.
2007. Kogen Page, London and Philadelphia. Rumpun, Yogyakarta.
Donal G. 1972. Anatomi Inovasi yang Berhasil. Membina
Program Kewirausahaaan dan Mengantar Majalah Inovasi: American Management
Association.
Mangunhardjono, AM. 1986. Mengembangkan
kreativitas. Yogyakarta: Kanisius. Mudjiran, Dkk. 2007.
Buku Ajar; Perkembangan Peserta Didik. Padang:
UNP Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar