STRATEGI
JITU MARKETING BISNIS
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi-strategi
apa saja yang dapat dilakukan untuk kegiatan Marketing Bisnis. Dimana Marketing
Bisnis sangat berkaitan erat dengan pengaturan atau suatu sistem pemasaran produk
atau jasa didalam usaha yang kita jalani.
PENDAHULUAN
Pemasaran merupakan salah satu dari
kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan
laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada
keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain.
Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan
fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar.
Pada
dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba semaksimal
mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat
dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan
dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kualitas
yang diharapkan, akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama
dalam bidang pemasaran. Oleh karena itu untuk menarik konsumen melakukan
pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang
tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi
pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu riset dan analisa pasar,
keputusan tentang produk, penetapan harga, promosi dan distribusi (marketing
mix).
Banyak sekali para pengusaha pemula tidak mengerti bagaimana strategi kegiatan
Marketing Bisnis atau pemasaran didalam usaha yang mereka jalankan. Maka dari kami sebagai
penulis iingin memberikan informasi mengenai strategi apa saja untuk melakukan
kegiatan Marketing Bisnis atau pemasaran serta tujuan adanya dari strategi itu
sendiri.
PEMBAHASAN
Istilah
pemasaran dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Marketing. Asal kata
pemasaran adalah market yang artinya pasar. Didalamnya tercakup berbagai
kegiatan seperti membeli, menjual, serta mendistribusikannya.
Menurut
Stanton (Umar, 2005, 31) “Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari
kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik
pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.”
Menurut
Kotler ( 2001 ) definisi marketing adalah bekerja dengan pasar sasaran untuk
mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia. Keberhasilan marketing dalam sebuah perusahaan merupakan
kunci dari kesuksesan perusahaan tersebut.
Beberapa
strategi pemasaran, diantaranya yaitu:
1. Konsistensi: Tujuannya agar dapat membantu mengurangi
biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan: Dalam menjalankan konsep marketing untuk
usaha kecil, maka perlu perencanaan yang matang agar memperoleh banyak
pelanggan. Karena itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk merencanakan
strategi marketing yang efektif, anggaran marketing yang dibutuhkan, serta
konsep-konsep.
3. Strategi: Beberapa hal yang biasanya dibahas saat
menyusun rencana strategi adalah siapa target pasar, bagaimana cara membidik
pelanggan, serta bagaimana cara menjaga agar konsumen yang ada menjadi
pelanggan tetap.
4. Target Market: Hal ini bertujuan untuk memperjelas target
pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang ingin
Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan.
5. Anggaran: Sebab
dari anggaran yang telah dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang
dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
6. Marketing Mix: Marketing mix pada umumnya dijelaskan
sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai pengusaha, tentunya Anda
perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa, berapa harga yang sesuai,
bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan produk yang Anda butuhkan,
serta bagaimana cara agar orang lain dapat mengetahui mengenai produk apa yang
sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan digital
marketing untuk memasarkan produk Anda.
7. Website: Sekarang ini, semua usaha bisnis
membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai produk yang sedang Anda
tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang mendapatkan informasinya
melalui internet.
8. Branding: Branding merupakan proses yang
menentukan apakah konsumen menerima produk dari perusahaan yang membuatnya.
Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari gambar, logo serta produk
unggulan yang dihasilkannya agar dapat dikenal oleh masyarakat sehingga semakin
berkembang.
9. SNS Operations: SNS operation merupakan salah satu
strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan iklan.
Melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat suatu akun media sosial
dan melakukan promosi dengan konten yang menarik. Jika perlu gunakan juga media
yang berbayar untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke media sosial Anda, seperti
Keyword Planner, Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan lain-lain.
10. Customer Relations Management: Untuk dapat menciptakan konsumen yang
loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan hubungan yang baik dengan
para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan Anda lari ke perusahaan
lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang baik dengan pelanggan,
seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan memberikan potongan harga
bagi para member tersebut.
11. Mobile Marketing: Dengan meningkatnya pengguna ponsel
pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran dan konten untuk platform
mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan semakin banyaknya
konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli produk menggunakan
smartphone ini.
Tujuan Strategi Marketing untuk bisnis kita, yaitu:
- Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar
individu yang tergabung di dalam tim pemasaran
- Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan
standar prestasi yang telah ditentukan
- Sebagai dasar yang logis dalam setiap
pengambilan keputusan pemasaran
- Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi
jika terdapat perubahan-perubahan dalam pemasaran
CONTOH KASUS
Bambang Mustari Sadino
Sosok sukses
Indonesia ini lebih dikenal dengan panggilan Bob Sadino. Bob dikenal sebagai
sosok yang santai dan tenang. Dia memulai bisnis di bidang pangan dan
peternakan. Beliau adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.
Dari banyak kata yang terucap, pasti banyak yang suka dengan "Orang pintar
belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok berjuang keras untuk sukses
biar bisa bayar para pelamar kerja."
KESIMPULAN
Pada dasarnya strategi marketing dalam dunia bisnis sangatlah di
perlukan. Sebab, tujuan dengan adanya strategi kita dapat mengatur bagaimana
peluang-peluang untuk mendapatkan keuntungan yang kita inginkan. Adapun strategi
marketing dalam dunia bisnis, yaitu:
1. Konsistensi
2. Perencanaan
3. Strategi
4. Target Marketing
5. Anggaran
6. Marketing Mix
7. Website
8. Branding
9. SNS Operation
10. Customer Relation Management
11. Mobile Marketing
Dengan tujuan sebagai:
- Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar
individu yang tergabung di dalam tim pemasaran
- Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan
standar prestasi yang telah ditentukan
- Sebagai dasar yang logis dalam setiap
pengambilan keputusan pemasaran
- Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi
jika terdapat perubahan-perubahan dalam pemasaran
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar