ABSTRAK
Artikel ini bertujuan menambah wawasan secara empiris
mengenai pentingnya merubah pola pikir meciptakan kesuksesan berwirausaha.
Kata Kunci: pola pikir, motivasi berwirausaha, wirausahawan.
PENDAHULUAN
Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang
bertingkah laku. Dorongan ini berada pada diri seseorang yang menggerakkan
untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan dalam dirinya.
Oleh karena itu, perbuatan seseorang yang didasarkan atas
motivasi tertentu mangandung tema sesuai dengan motivasi yang mendasarinya.
Motivasi adalah kekuatan, baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong
seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.
PEMBAHASAN
Mengubah Pola Pikir
Professor Carlo S. Dweck (Professor of Psychology at
Stanford University) menulis buku yang berjudul Mindset, yang berarti pola
pikir seseorang bahwa kita harus mengubah pola pikir kita yang kaku, dan selalu
mengatakan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu di saat kita belum
mencobanya salah satunya adalah membuka usaha. Berikut ini adalah beberapa pola
pikir orang sukses yang harus kita miliki yang dapat menjadi tolak ukur untuk
sukses:
Ø Berani gagal dan
belajar dari ke gagalan tersebut
Ø Focus pada apa yang
kita kerjakan
Ø Konsisten dan sabar
dengan apa yang tengah kita jalani
Ø Komitmen dengan apa
yang kita lakukan
Ø Tidak pernah
menyerah dan terus menoba
Ø Mau bekerja keras
untuk mencapai keinginanya
Ø Selalu berfikir
positif
Definisi dan Teori Motivasi
Motivasi merupakan kondisi atau energi yang menggerakkan
diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi
perusahaan. Sikap mental karyawan yang pro dan positif terhadap situasi kerja
itulah yang memperkuat motivasi kerjanya untuk mencapai kinerja maksimal
(Mangkunegara (2005,61).
Teori Motivasi:
1. Teori Drive Reinforcement
Merupakan sifat ketergantungan manusia yang berkaitan dengan
hubungan antara perilaku dan kejadian yang mengikuti perilaku tersebut.
2. Teori Harapan
Menunjukkan pengharapan berargumen bahwa kekuatan dari suatu
kecenderungan untuk bertindak dengan suatu cara tertentu bergantung pada
kekuatan dari suatu pengharapan.
3. Teori Tujuan
Menjelaskan bahwa kita akan bergerak jika kita memiliki
tujuan yang jelas dan pasti. Dari teori ini muncul bahwa seseorang akan
memiliki motivasi yang tinggi jika dia memiliki tujuan yang jelas.
Faktor Pengaruh dan Alasan Berwirausaha
Faktor yang mendorong timbulya kemauan seseorang untuk
berwirausaha oleh Yuyun Wirasasmita (1994:8) yaitu:
Ø Faktor ekonomi
Ø Faktor sosial
Ø Faktor pelayanan
Ø Faktor kebutuhan
diri
Perilaku kewirausahaan menurut Kuncara (2008:1) yaitu:
Faktor internal, yaitu kecakapan pribadi yang menyangkut
soal bagaimana kita mengelola diri sendiri. 3 unsur penting kecakapan pribadi:
ØKesadaran diri
Ø Pengaturan diri
Ø Motivasi
Faktor eksternal, yaitu kecakapan sosial yang menyangkut
soal bagaimana kita menangani suatu hubungan. 2 unsur penting kecakapan sosial:
Ø Empati
Ø Keterampilan sosial
KESIMPULAN
Tak dapat dipungkiri bahwa kewirausahaan memerlukan motivasi
dan juga pola pikir yang positive demi terciptanya keberhasilan berwirausaha.
Keberhasilan dalam berwirausaha tercipta dengan menanamkan keyakinan dalam diri
pengusaha. Dengan memiliki pikiran yang positif bahwa ia yakin dirinya mampu
melakukannya maka ia akan sukses. Dan
juga faktor internal dan faktor eksternal merupakan bagian dari keberhasilan
seseorang dalam berwirausaha. Apabila faktor internal dan eksternal itu
bersifat sebaliknya, maka dapat menyebabkan kegagalan.
DAFTAR PUSTAKA
Yuyun Wirasasmita, 1994. Kewirausahaan: Buku Pegangan.
Jatinangor: UPT-Penerbitan IKOPIN
Rahmat, 2012. Rahasia Pola Pikir Orang Sukses dan Kaya
https://www.motivasi-islami.com/rahasia- pola-pikir- orang-sukses- dan-kaya/ (di unduh 10/04/2018)
http://belajarbisnisinternet.com/7-mindset- yang-perlu-
anda-miliki- untuk-sukses- di-apapun/ (di unduh 10/04/2018)
Finansialku.com. https://www.finansialku.com/kisah-sukses-
dea-valencia- pemilik-batik- kultur/ (di unduh 10/04/2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar