Pemasaran
organisasi
Abstraksi
Pemasaran merupakan proses dari sebuah organisasi untuk
menawarkan barang dan jasanya kepada pembeli, adapun pemasaran organisasi
meliputi konsep pemasaran organisasi, strategi pemasaran organisasi, dan peran
pemasaran organisasi.
Pengertian Pemasaran Organisasi
Pemasaran (bahasa
Inggris: marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan
proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran
yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Di dalam KBBI organisasi
adalah kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai
tujuan bersama.
Organisasi
pemasaran adalah pola hubungan kerja antara dua orang atau lebih dalam susunan
hierarki dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan di bidang pemasaran.
Konsep Pemasaran Organisasi
Menurut Kotler dan
Armstrong (2012:30-32), pemasaran bersandar pada konsep inti berikut:
1.
Kebutuhan, Keinginan, dan
Permintaan (Needs, Wants, and Demands)
2. Penawaran Pasar – Produk, Pelayanan, dan Pengalaman (Market
Offerings – Products, Services, and Experiences)
3. Nilai Pelanggan dan Kepuasan (Customer Value and Satisfaction)
4. Pertukaran dan Hubungan (Exchanges and Relationships)
5. Pasar (Markets)
Strategi Pemasaran
Berikut
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran:
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh.
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan.
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan.
4. Target
Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki.
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan.
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan.
6. Marketing
Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi.
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi.
7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet.
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet.
8. Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut.
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut.
9. Promosi
dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil.
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil.
10. Customer
Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.
Peran Pemasaran Dalam Organisasi
1. Peran
Pemasaran dalam Sektor Bisnis
Secara umum, pemasaran paling cepat
menyebar di perusahaan-perusahaan penghasil barang konsumen dalam kemasan
(Consumer Packaged/Goods), perusahaan-perusahaan penghasil barang konsumen
tahan lama (Consumer Durable-Goods), dan perusahaan-perusahaan peralatan industri.
2. Peran
Pemasaran dalam Sektor Non-Profit
Pemasaran semakin menarik minat
organisasi non profit seperti perguruan tinggi, rumah sakit, gereja, dan kelompok
kesenian, instansi
pemerintah dan lembaga non profit swasta juga meluncurkan kampanye pemasaran
sosial untuk mengurangi merokok, minum alcohol.
3. Peran
Pemasaran dalam Sektor Internasional
Perusahaan multi nasional banyak
menanamkan modalnya untuk meningkatkan kemampuan pemasaran globalnya.
Kesimpulan
Pemasaran organisasi menjadi
strategi tersendiri bagi organisasi dalam mencapai tujuan karena untuk menjual
produk baik berupa barang maupun jasa memerlukan pemasaran. Pemasaran
memerlukan beberapa konsep untuk
mengabstraksi suatu strategi, sedangkan strategi bertindak sebagai cara
mengatur suatu pemasaran untuk mencapai tujuan. Adapula seorang pengusaha perlu
mengetahui peran dari pemasaran itu sendiri supaya dapat menjalankan pemasaran
organisasi sesuai dengan peran-peran dari pemasaran.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar