@J14-Lutviyanti
@J28-Arvia
@Startup-J09
@Proyek-J10
@Startup-J09
@Proyek-J10
ABSTRAK
Manusia
sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan keinginan dan
kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya membeli produk atau
barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau kegunaan dari
produk tersebut. Keinginan dan kebutuhan manusia itu sifatnya tidak terbatas ,
tetapi sumber daya yang dimiliki terbatas. Untuk mendapatkan suatu barang untuk
memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut maka seseorang rela mengorbankan
benda atau barang yang dimilikinya.
Kata Kunci : Manusia, Konsumen , dan Produk, Manjemen Pemasaran
PENDAHULUAN
Pemasaran adalah suatu
proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan
produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut
penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Pemasaran
merupakan suatu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para perusahaan
baik itu perusahaan barang atau pun perusahaan jasa dalam rangka mengembangkan
usahanya, untuk memperoleh laba, serta untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya tersebut.
PEMBAHASAN
- Pengertian
manajamen pemasaran adalah
Proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap suatu program.Mengutip (Dharmmesta & Handok (1982) mendefinisikan manajamen pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Manajemen pemasaran merupakan suatu faktor yang penting dalam berbisnis. Karena secara tidak lagsung memperkenalkan produk/jasa yang akan kita tawarkan pada pasar.
- Dalam
memanajemen pemasaran terdapat konsep, berikut kutipan konsepnya:
Menurut Manurut Stanton (1978) Konsep pemasaran merupakan sebuah flasafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi serta sosial untuk kelangsungan hidup dari perusahaan, Ada 3 unsur pokoknya:
- Orientasi pada pelanggan
- Penyusunan dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan secara integral
- Kepuasan terhadap pelanggan
- Fungsi PemasaranDikutip Sofjan Assauri (1987:19) fungsi pemasaran diklasifikasikan menjadi tiga yaitu:
1.
Fungsi penjualan serta pembelian
2.
Fungsi suply fisik, yaitu menyangkut distribusi serta penyimpanan
3.
Fungsi penunjang, yaitu pengamanan, standarisasi serta grading, penanggungan
terhadap resiko yang ada, informasi pasar, serta keuangan.
Fungsinya
untuk mencapai tujuan marketing/pemasaran dalam suatu pasar tertentu.
Ada
8 point penting dalam konsep marketing mixing yaitu:
1. Product Elements adalah semua
hal/komponen yang mempengaruhi kinerja layanan (jasa ataupun produk) sehingga
menciptakan suatu nilai (kepuasan) tertentu bagi pelanggan.
2. Place, Cyberspace, and time adalah keputusan yang
diambil oleh pihak perusahaan (manajemen) mengenai tempat, waktu, serta
bagaimana membuat suatu layanan terbaik bagi konsumen.
3. Promotion and education adalah aktivitas
promosi/memperkenalkan produk/jasa perusahaan kepada konsumen melalui aktivitas
komunikasi 2 arah (perusahaan dengan konsumen) secara insentif guna membangun
persepsi pelanggan yang dikehendaki oleh perusahaan. Dan goal/tujuan utamanya
adalah mereka mau menggunakan layanan kita.
4. Price and other user outlayss adalah
pengeluaran dalam bentuk uang ataupun yang lain (waktu, dll) yang dilakukan
oleh pelanggan saat membeli ataupun menggunakan jasa dari perusahaan tawarkan.
Dari sinilah persepsi positif harus dibangun agar menciptakan pelanggan yang
loyal.
5. Process adalah suatu rangkaian
tindakan/pengoperasian yang dibutuhkan untuk menyajikan/memberikan pelayanan
terbaik (jasa ataupun produk) bagi pelanggan.
6. Productivity and quality, produktivitas ialah
efesiensi sejauh mana masukan-masukan terhadap layanan perusahaan
ditransformasikan terhadap hasil layanan yang lebih baik sehingga dapat
menambah nilai yang positif (persepsi) si pelanggan.Sedangkan kualitas ialah
nilai atau derajat suatu layanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.
Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan maka nilai kualitasnya semakin
tinggi.
7. People adalah orang (pelanggan
dan karyawan) yang terlibat dalam kegiatan produksi/pemakaian produk (service
production).
8. Physical Evidence ialah
perangkat-perngkat/variabel yang dibutuhkan untuk menyajikan secara nyata /real terhadap kualitas
layanan ataupun produk yang disajikan.
KESIMPULAN
Konsep pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang
menekankan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan
keinginan pasar dan selanjutnya memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut
sehingga dicapai tingkat kepuasan pelanggan yang melebihi dari kepuasan yang
diberikan oleh para saingan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan loyalitas
pelanggan pada suatu perusahaan
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar