Abstrak
Saat kita memutuskan
untuk terjun dalam dunia usaha tentunya kita mengharapkan usaha yang kita
dirikan dapat bertahan dan berkembang dengan prospek yang positif. Nah nasib
sebuah perusahaan akan berhasil atau tidak,sangat dipengaruhi oleh kemampuan
perusahaan memasarkan produknya sehingga dapat mencetak laba. Dalam tahap
inilah Manajemen Pemasaran memegang peranan penting, agar
perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat
kuantitas yang diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing
dalam pemasaran.
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud
dengan manajemen pemasaran?
2. Peranan, fungsi dan
strategi dalam manajemen pemasaran?
Pendahuluan
Kegiatan pemasaran berbeda dengan
penjualan, transaksi ataupun perdagangan. Menurut William J.
Stanton, pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan
bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli potensial.
Dengan pemasaran
perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang
diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Peran manajer pemasaran
dibutuhkan, dengan tugas dari manajer pemasaran adalah memilih dan melaksanakan
kegiatan pemasaran adalah memilih dan melaksanakan kegiatan pemasaran yang
dapat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan menurut Philip
Kotler, manajemen pemasaran adalah yang bertugas sebagai penganalisa,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk
mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan.
Pembahasan
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses dan
manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk
yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut
penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.
Peran Pemasaran
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya
menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana
produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan
menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan
menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk
dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang
sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.
Strategi Pemasaran
Hellriegel D &Slocum JW mengemukakan 2
jenis strategi pemasaran, yaitu :
1. Market
penetration strategy, yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar
yang sekarang ada melalui produk yang sekarang telah ada pula. Kegiatan yang
dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, mencoba
menarik konsumen yang sekarang menggunakan produk dari kompetitor/pesaing atau
malahan sekaligus membeli kompetitor tersebut.
2. Market development
strategy yaitu upaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada. Tiga
kegiatan utama mencari pasar baru ini adalah menemukan pasar secara geografis
(contoh : buka cabang di daerah lain), menemukan target market baru (contoh :
video yang tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan
dalam rumah tangga) serta menemukan penggunaan baru dari produk yang ada
(misalnya mobil niaga diubah menjadi mobil keluarga).
Fungsi Manajemen
Pemasaran
Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset
konsumen, pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga
dan pemberian service. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani,
memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Seseorang yang
memanajemen pemasaran adalah manajer pemasaran. Tugas manajer pemasaran
memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit
perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat
menganalisiss kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan
yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
Daftar Pustaka
Ciung, Rian. 2013. Pentingnya
Manajemen Pemasaran dalam Proses Usaha dalam
http://ciungtips.com/2013/09/pentingnya-manajemen-pemasaran-dalam-proses-usaha.html
http://ciungtips.com/2013/09/pentingnya-manajemen-pemasaran-dalam-proses-usaha.html
Rizky,
Nabila Danisa. 2012. Pengertian, Peranan, Konsep & Strategi dalam
http://nabilawirija.blogspot.com/2012/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
Yusuf. 2018. Tugas Manajer
Pemasaran : Tanggung Jawab dan Wewenang dalamhttp://nabilawirija.blogspot.com/2012/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar