ABSTRAK
Perkembangan teknologi menyebabkan
terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut
“information age” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk
melakukan komunikasi dan bisnis. E commerce merupakan extension dari
commerce dengan mengeksploitasi media elektronik.
PENDAHULUAN
Saat ini perkembangan bisnis secara global cukup pesat terjadi, hal ini
bekaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya internet.
Dari perkembangan internet yang luar biasa, memunculkan system bisnis yang
potensial, yaitu E-commerce. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terdapat
tantangan sekaligus hambatan yang perlu dihadapi oleh para pemilik e-commerce
yang menargetkan target pasarnya di Indonesia.
Permasalahan:
1. Apa
itu bisnis?
2. Apa
itu bisnis waralaba?
3. Apa
itu bisnis e commerce?
4. Apa
itu bisnis konvensional?
Pembahasan :
Menurut Huat, T Chwee (1990) Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum
yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang &
jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi
barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then
simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our
society. Menurut Steinford ( 1979) Business is an institution which
produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu
lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat
pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
1. Bisnis Konvensional
Konvensional atau yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah
kegiatan atau
transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan
pembeli.
transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan
pembeli.
2. Bisnis waralaba
waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan
jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis
atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak
kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem
operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha
dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu
dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta
adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas,
dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem
tersebut itulah yang disebut dengan waralaba
3. Bisnis e-commerce
Perdagangan elektronik (Electronic commerce atau e-commerce ) yaitu
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektonik seperti internet, televisi, website, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Sedangkan E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau
dalam 4 perspektif berikut:
Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan,
informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan
elektronik lainnya.
Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi
yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi
keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan
(service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan
layanan pengiriman.
Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan
menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
3.. Sanirizky. https://sanirizky.wordpress.com/2016/04/24/pengertian- proses bentuk-bisnis-e-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar