Abstrak
Perusahaan yang membuat produk berupa
jasa dan barang, dibutuhkan proses kegiatan pemasaran.
Kata kunci
Pemasaran, manajemen Pemasaran,
Pendahuluan
Kegiatan Pemasaran
adanya manajemen ataupun strategi pemasaran yang harus dipikirkan secara sistematis,
agar sampai kepada target pasar
Pembahasan
Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya, menurut American Marketing Association
Layanan konsumen mengarah pada aktivitas pelayanan pratransaksi, saat transaksi, dan pascatransaksi. Kegiatan sebelum transaksi akan turut mempengaruhi kegiatan transaksi dan setelah transaksi. Tujuan dari aktivitas ini adalah agar konsumen memberi respon yang positif dan menunjukan loyalitas yang tinggi.
Pemasaran Sebagai Upaya Memenangkan Pasar Produk dan Jasa
Pemasaran tidak hanya sebatas menjual produk kepada pembali, namun jauh lebih luas dari itu. Produk yang terjual laris saat ini, belum tentu mendatangkan totalitas manfaat yang sebenarnya dibutuhkan oleh perusahaan. Pada pemasaran kita bukan membicarakan keuntungan jangka pendek, namun manfaat jangka panjang yang terus menerus memberikan benefit bagu bisnis.
Product
Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan ke suatu
pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Perusahaan yang menawarkan produknya kepada pasar memiliki
kegunaan yang diperuntukkan kepada target pasar, menjadikan produk yang
bermanfaat, memiliki nilai dan tentunya dapat memuaskan pelanggan
Price
Penetuan harga berhubungan dengan pendapatan dan turut
memengaruhi penawaran atau saluran pemasaran. Akan tetapi hal terpenting adalah
keputusan dalam penentuan harga harus konsisten dengan strategi marketing
secara keseluruhan.
Place
Tempat dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan
keputusan saluran distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara
penyampaian jasa kepada konsumen dan dimana lokasi yang strategis.
Promotion
Pada hakekatnya promosi merupakan suatu aktivitas yang
mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.
People
Elemen-elemen dari
people adalah pegawai perusahaan, konsumen dan
konsumen lain dalam lingkungan
jasa. Dalam hubungan dengan pemasaran jasa, maka orang yang berfungsi sebagai
penyedia jasa sangat mempengaruhi kualitas jasa
yang diberikan, keputusan
mengenai orang ini
berarti berhubungan dengan seleksi,
pelatihan, motivasi dan manajemen sumber daya manusia
Process
Proses merupakan gabungan semua aktivitas umumnya terdiri
atas prosedur, jadwal pekerjaan,
mekanisme, aktivitas, dan hal-hal
rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampikan pada konsumen.
Psycal Evidence
Physical Evidence atau bukti fisik adalah lingkungan tempat
jasa disampaikan dan tempat penyedia jasa dengan konsumen berinteraksi. Beserta
dengan semua komponen lainnya yang mendukung terwujudnya atau terkomunikasinya
jasa. Elemen dari Physical Evidence termasuk seluruh aspek fasilitas fisik dari
organisasi jasa yang terdiri dari atribut eksterior dan interior serta hal
berwujud lainnya.
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran#cite_note-1 diakses pada 26 Juni 2018
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-strategi-pemasaran/13588 diakses pada 26 juni 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar