@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @Proyek-L07, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh
Abstrak
Ketika kita memulai untuk berbisnis
diperlukan suatu aturan-aturan atau sebuah sistem yang akan mengatur jalannya
sebuah rancangan bisnis agar dapat berjalan dengan baik. Bisnis itu sendiri
adalah sebuah organisasi yang tidak dapat kita hindarkan. Mana mungkin sih kita
menjalakan bisnis hanya seorang diri !!! pasti kita memerlukan bantuan atau
tenaga dari orang lain yang dimana itu
merupakn sebuah organisasi. Disini akan dibahas mengenai sistem manajemen yang
baik dalam organisasi bisnis. Yuk kita mulai pembahasannya.
Kata Kunci
Sistem manajemen, Organisasi Bisnis,
Efektif,
PENDAHULUAN
Manajemen menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan
zaman, begitu juga organisasi tanpa manajemen akan menjadi sulit. Organisasi
diselenggarakan karena adanya kepentingan tujuan yang dicapai, setiap
organisasi mempunyai keterbatasan akan sumber daya manusia, uang dan fisik
untuk mencapai tujuan organisasi. Keberhasilan mencapai tujuan tergantung pada
pemilihan tujuan yang akan dicapai dengan cara menggunakan sumber daya untuk
mencapai tujuan organisasi sesuai dengan apa yang diharapakan. Maka salah satu
aspek yang diperhatikan adalah faktor manusia. Tanpa adanya kerjasama sulit
bagi organisasi untuk mencapai sukses dan adapun kiranya untuk mencapai tujuan
tersebut organisasi atau perusahaan seharusnya turut membantu dan menciptakan
prestasi kerja karyawan.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa
yang dimaksud Manajemen ?
2. Apa
konsep dasar manajemen bisnis ?
3. Apa
manfaat manajemen bisnis ?
PEMBAHASAN
DEFINISI
MANAJEMEN
Menurut Wikepidia Kata Manajemen berasal
dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara
universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang
manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan
organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya
untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen
diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup
kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian
dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi
bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau
operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.
MANFAAT MANAJEMEN BISNIS
1. Membantu dalam menyusun
strategi bisnis
Strategi bisnis ini penting untuk menjalankan
bisnis kedepannya. Dimana hal ini berguna untuk mengatasi atau meminimalisir
terjadinya permasalahan-permasalahan yang terjadi. Sebagai contoh, menyusun
strategi untuk melakukan pemasaran barang atau jasa dengan baik. Dengan hal
tersebut maka pelaku bisnis dapat menemukan sebuah solusi dari masalah tersebut
dan cara pencegahan agar bisnis yang dijalan tidak mengalami kemunduran atau
kerugian karena dampak dari strategi yang kurang tepat.
2. Membantu dalam
mengalokasikan sumber daya dan waktu
Manajemen memang sering terkait bagaimana
mengatur berbagai hal seperti mengatur sumber daya dan waktu. Untuk itu ketika
seorang pelaku bisnis memiliki manajemen bisnis yang baik maka juga akan
membawa dampak pada cara alokasi sumber daya dan waktu dengan baik pula.
Sehingga kegiatan-kegiatan bisnis yang akan dijalankan ataupun yang telah
direncanakan dapat berjalan efektif dan efisien.
3. Membantu menciptakan
perilaku bisnis positif
Dalam hal menciptakan perilaku bisnis yang
positif karena dampak dari manajemen bisnis yang baik ini memiliki beberapa
dampak. Seperti misalnya membantu dalam mengintegrasikan perilaku pelaku bisnis
pada suatu organisasi atau kelompok, mendorong pelaku bisnis untuk berfikir
pada masa depan, menjadikan pelaku bisnis menjadi kooperatif, meningkatkan
kedisiplinan dan formalitas pada manajemen bisnis serta banyak hal positif
lainnya.
KESIMPULAN
Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya pasti mengalami
beberapa seperti misalnya terjadi masalah terkait proses pemasaran, produksi
atau ataupun proses penjualan. Dimana masalah-masalah yang timbul tersebut
biasanya terjadi karena manajemen bisnis yang buruk. Manajemen yang buruk dapat
mengakibatkan bisnis yang dijalankan menjadi kacau bahkan mengakibatkan
terjadinya kerugian. Sebagai pelaku bisnis memang harus memahami akan
pentingnya mengenal manajemen bisnis agar tidak terjadi hal yang buruk pada
bisnisnya. Sehingga dengan begitu dapat menemukan sebuah solusi dari
permasalahan secara efektif dan efisien dan terhindar dari masalah yang serius
seperti mengalami kerugian.
DAFTAR
PUSTAKA
- Ainul,Fauziyah.2014. Organisasi manajemen bisnis. Dalam http://ainainulfauziyah.blogspot.co.id/2014/11/makalah-organisasi-manajemen-bisnis.html
- Fitri,Anggarsari.2017.pentingnya mengenal manajemen bisnis. Dalam https://zahiraccounting.com/id/blog/pentingnya-mengenal-manajemen-bisnis/
- Hasibuan, Malayu, Manajemen= Dasar, Pengertian dan Masalah, (PT Bumi Aksara: Jakarta), 2005
- Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta. DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakarta. Solihin Ismail. 2006 . Pengantar Bisnis. Prenada Media : Jakarta http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
- Sugeng.2012. Manajemen bisnis. Dalam https://sugengfarmarindo.wordpress.com/category/artikel-manajemen-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar