ORGANISASI BISNIS
Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04, @Proyek-L07
ABSTRAK
Artikel ini ditulis untuk membantu dalam
mengetahui dasar dan fungsi dari manajemen dalam suatu organisasi.
KATA KUNCI
Manajemen, Organisasi, Bisnis, Manajer, Organisasi Bisnis
PENDAHULUAN
Dalam suatu lingkungan bisnis kita memerlukan suatu organisasi yang
akan mengatur jalannya bisnis di dalamnya. Dalam masyarakat yang bergerak maju,
organisasi harus dikelola secara efektif. Oleh sebab itu, dalam rangka
memperoleh tujuan berbisnis tersebut diperlukan peran organisasi yang optimal.
Organisasi bisnis lebih menekankan pada tujuan profit atau keuntungan, karena
dengan keuntungan itu organisasi bisnis dapat mempertahankan kelangsungan
operasinya, organisasi tersebut dikenal dengan nama perusahaan.
PEMBAHASAN
Manajemen dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan (termasuk
perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan
pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja,
keuangan, fisik dan informasi) yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi
dengan cara yang efisien dan efektif (Menurut R.W. Griffin dalam bukunya yang
berjudul Management, 2013:5).
Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yaitu
Mḗnagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”.
Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan
oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien yang
bersifat masif, kompleks dan bernilai tinggi tentulah sangat dibutuhkan
manajemen.
4 fungsi pokok manajemen
1. Planning (merencanakan):
menerapkan tujuan dan menentukan cara-cara untuk mencapai tujuan
2. Organizing (mengorganisasikan):
mengatur pekerjaan-pekerjaan, orang-orang dan sumber-sumber daya untuk mencapai
tujuan
3. Leading (memimpin): memotivasi,
mengarahkan, mendorong dan mempengaruhi orang-orang untuk bekerja keras meraih
tujuan organisasi
4. Controlling (mengontrol):
memantau kinerja, membandingkan dengan tujuan, dan mengambil langkah-langkah
perbaikan
Orang yang bergerak di bidang manajemen disebut “manajer”. Manajer berorientasi
kepada pekerjaan, manusia, sumber daya dan pencapaian.
Untuk dapat berjalan dan mencapai tujuan tertentu, maka manajer
membutuhkan suatu wadah yang disebut dengan organisasi.
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan
kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Griffin,2002).
Seorang manajer yang baik adalah menajer yang mampu membentuk orang
yang dapat menggantikannya.
Baik buruknya kualitas suatu organisasi di tentukan oleh baik buruknya
seorang manajer dalam memilih sumber daya dan orang yang tepat untuk ditunjuk
dan dipercayakan menempati kedudukan dalam organisasi tersebut.
Secara terminologis, bisnis adalah sebuah kegiatan atau usaha. Biasa
juga dikatakan sebagai suatu aktivitas terpadu yang meliputi pertukaran barang,
jasa atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang mempunyai tujuan
untuk memperoleh keuntungan.
KESIMPULAN
Organisasi bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas
ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).
DAFTAR PUSTAKA
Nuansata. 2017. Pengertian Dan Dasar Manajemen, Untuk Memulai Bisnis
Yang Wajib Anda Ketahui. http://nuansatani.com.
Di akses pada tanggal 18 Mei 2018.
Windasirumapea. 2012. Manajemen Dan Organisasi Bisnis. https://windasirumapea.wordpress.com.
Di akses pada tanggal 18 Mei 2018.
DAFTAR LINK
Terimakasih infonya..
BalasHapus