@K23-Muslikhul, @K26-Luthfi, @K35-Emir, @Proyek-K07, @Startup-K12,
Abstrak
Bisnis merupakan kegiatan yang dapat
memberikan banyak keuntungan bagi kamu yang dapat memenejemen bisnisnya dengan
baik. Lantas apakah kalian tahu pengertian manajemen bisnis dan
strategi yang harus di jalankan untuk memulai suatu bisnis?, Artikel ini dibuat
bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan bagaimana cara penerapan manajemen kedalam
memulai sebuah bisnis.
Kata Kunci : Manajemen, Bisnis, Penyusunan
Latar
Belakang
Manajemen bisnis ialah kegiatan
dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. dia
mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis
untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha
kecil pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju usaha kamu mempunyai
target dan dapat memenuhinya.
Rumusan
Masalah
•
Apa itu Manajemen Bisnis ?
•
Bagaimana perencanaan dalam manajemen bisnis ?
•
Bagaimana Cara Menyusun Manajemen Bisnis ?
Pembahasan
Pengertian
Manajemen
Apabila
ditinjau dari sisi etimologis, manajemen sebetulnya berasal dari Bahasa
Perancis kuno, yakni “management”, yang
memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dari arti etimologis tersebut,
beberapa ahli dalam ilmu manajemen mengembangkannya menjadi definisi yang lebih
panjang.
Ricky
W. Griffin, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efisien. Hal ini sejalan dengan Henry Fayol yang
mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu yang mengandung lima gagasan atau fungsi
utama, yakni merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan, dan
mengoordinasi.
Ada
pula George R. Terry yang menyebut manajemen sebagai proses khas yang terdiri
dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan
pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang
telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber
lain.
Nah,
dari berbagai definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah
sebuah proses merencanakan, mengarahkan, mengorganisir, dan
mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien melalui
pemanfaatan sumber daya organisasi.
Pengertian Bisnis
Bisnis
adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi dimana barang dan jasa
dipertukarkan satu sama lain atau untuk sejumlah uang. Setiap bisnis
membutuhkan beberapa bentuk investasi dan jumlah pelanggan yang mencukupi
kepada siapa hasil produksi bisa dijual secara konsisten agar bisa menghasilkan
keuntungan. Bisnis bisa dimiliki secara pribadi, tidak untuk profit atau
dimiliki oleh negara.
Tujuan dari bisnis adalah untuk menawarkan suatu nilai (melalui produk atau jasa) kepada para pelanggan, yang membayar untuk nilai tersebut dengan sejumlah uang atau yang setara dengannya. Minimalnya, uang yang diterima bisa menutup biaya operasional bisnis kalau tidak bisa mendapatkan keuntungan.
Sejumlah uang kelebihan yang didapatkan dari menjual barang dan jasa (profit atau keuntungan) bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut; untuk diinvestasikan kembali demi masa depan perusahaan; atau bisa pula digunakan untuk kegiatan filantropis.
Tujuan dari bisnis adalah untuk menawarkan suatu nilai (melalui produk atau jasa) kepada para pelanggan, yang membayar untuk nilai tersebut dengan sejumlah uang atau yang setara dengannya. Minimalnya, uang yang diterima bisa menutup biaya operasional bisnis kalau tidak bisa mendapatkan keuntungan.
Sejumlah uang kelebihan yang didapatkan dari menjual barang dan jasa (profit atau keuntungan) bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut; untuk diinvestasikan kembali demi masa depan perusahaan; atau bisa pula digunakan untuk kegiatan filantropis.
4 Jenis Manajemen yang diperlukan
untuk Bisnis
Agar bisnis dapat berjalan optimal dan sesuai
dengan rencana yang telah ditentukan, diperlukan beberapa jenis manajemen lain
untuk diterapkan, yaitu:
•
Manajemen keuangan
Sesuai
namanya, manajemen keuangan berfungsi untuk mengatur keuangan perusahaan agar arus
kas berjalan stabil sehingga pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan
bisnis. Dengan adanya pengelolaan keuangan, seluruh komponen keuangan bisnis
juga akan terdata secara rapi, memudahkan Anda untuk melakukan analisis dan
meningkatkan peluang untuk pengambilan keputusan yang lebih akurat dan
strategis.
Agar
lebih optimal, penggunaan teknologi seperti Sleekr Accounting sangat
disarankan karena dapat melakukan integrasi perbankan dengan sistem yang
otomatis. Seluruh data keuangan, mulai dari profit margin hingga utang piutang juga
tersedia secara real time sehingga
Anda bisa selalu mendapatkan data terbaru.
•
Manajemen
SDM
Ada
banyak unsur yang berperan dalam kesuksesan bisnis. Salah satu yang terpenting
adalah sumber daya manusia (SDM). Manusia lah yang menjadi pemegang kontrol
terhadap unsur-unsur lainnya, contohnya seperti uang, material, atau mesin.
Karena perannya yang amat krusial, diperlukan penanganan khusus yang disebut
juga dengan manajemen SDM. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, SDM diharapkan
bisa saling bekerja sama secara baik, efektif, dan efisien sehingga tujuan
dapat tercapai.
•
Manajemen
operasional
Dalam bisnis, manajemen operasional
dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa kegiatan operasional sehari-hari berjalan sesuai
rencana dan kebijakan yang berlaku. Kegiatan
operasional ini mencakup segala hal yang berhubungan dengan proses produksi,
mulai dari bahan baku, mesin, teknologi hingga metode yang diterapkan dalam
mengubah bahan baku menjadi produk tertentu.
Dengan
adanya pengelolaan operasional, Anda bisa memastikan kualitas terbaik untuk
bahan baku, mengetahui jumlah bahan baku yang harus disediakan, waktu yang
dibutuhkan dalam proses produksi, bagaimana cara melakukan efisiensi waktu
serta tenaga, dan masih banyak yang lainnya.
•
Manajemen
pemasaran
Agar
produk bisa sampai di tangan pengguna, Anda membutuhkan pemasaran. Terlebih
jika produk Anda tergolong baru, maka Anda harus menjadi pihak yang lebih aktif
melakukan promosi untuk membuat target market
mengetahui kehadiran produk Anda. Proses pemasaran lah yang bisa membantu
Anda dalam hal ini, yakni melalui beberapa strategi pilihan yang memiliki peluang
paling tinggi untuk membawa kesuksesan.
Rencana dalam Manajemen Bisnis
Rencana
dalam berbisnis tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam
kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau
senior, manajemen bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah
yang lebih baik juga. Selain itu ketahanan akan segala jenis tantangan dan
hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda.
strategi dalam berbisnis pun harus bisa disusun untuk bisa mengetahui tren di
pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.
Mengingat
rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala
semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan
pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target
pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya sehingga hal ini bisa
berpengaruh terhadap tata kelola dan manajemen bisnis yang akan Anda
jalankan. Perencanaan secara keseluruhan dengan detil dan matang akan membuat
gambaran dari bisnis bisa lebih tampak nyata yang membuat Anda lebih mudah dalam
menjalankannya.
Komponen Penting Dalam Menyusun
Manajemen Bisnis
•
Deskripsi
usaha jelas
Apapun
bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi nya secara
jelas yang mampu dipahami secara mudah dan jelas oleh semua orang. deskripsi
bisnis ini harus mencakup bentuk usaha, produk nantinya yang akan dijual atau
penawaran jasa, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga
sistem kerjanya. Sertakan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin
dicapai. Jangan lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti, lokasi usaha,
konsep dari manajemen, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.
•
Lakukan
analisa pesaing
Selanjutnya,
Anda juga perlu melakukan analisa terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Hal ini
ditujukan agar Anda bisa menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis
Anda. Lakukan analisa serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari
segi kelemahan dan kekuatan pesaing.
•
Strategi
pemasaran
Dengan
strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan
di pasaran bisa didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis anda
dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga
media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda
bisa menghitung segala kemungkinan yang ada.
•
Laporan
keuangan
Jangan
sampai Anda menyepelekan perihal laporan keuangan perusahaan Anda karena hal
ini merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk mempelajarinya terlebih
dahulu. Laporan keuangan tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda bisa
membuatnya secara sederhana, asalkan mampu mencakup semuanya.
Pengelolaan
anggaran juga menjadi faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik.
Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda bisa mudah membuat
laporan keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan
keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
•
Menjaga
kualitas produk dan jasa
Produk
atau jasa yang Anda tawarkan menjadi poin penting dalam perjalanan manajemen
bisnis. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan jasa yang membuat banyak
konsumennya puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan
setia. Namun jangan sampai karena loyalitas konsumen tersebut membuat Anda
menjadi puas diri sehingga kualitas produk atau jasa yang dijual menjadi
semakin berkurang. Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap
dipercaya oleh konsumen.
Pastikan
untuk merencanakan segalanya hingga ke detil terkecil dari mulai strategi
hingga manajemen bisnis dalam menjalankannya. Jangan sampai ada detil
penting yang tertinggal yang membuat Anda kesulitan nantinya dalam menjalankan
bisnis tersebut.
Chairul Tanjung
Menjadi seorang pengusaha sukses
tidak selalu hanya karena faktor kepemilikan modal yang besar, namun juga
karena faktor manajemen keuangan yang baik. Bisa saja sebuah produk sangat
laris dipasaran dan mendatangkan sebuah keuntungan yang besar. Tetapi jika pengusaha
tersebut tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik, maka bisa dipastikan
bahwa keuntungan tersebut tidak akan diputar menjadi investasi baru untuk
membesarkan usaha.
Chairul Tanjung, seorang pengusaha
sukses yang tercatat sebagai orang terkaya ke 6 di Indonesia menyadari akan
pentingnya manajemen keuangan bisnis untuk membuat bisnis tersebut berkembang.
Saat ini, Chairul Tanjung telah memiliki beberapa perusahaan baik di bidang
properti, keuangan, dan multimedia. Bagaimana konsep manajemen keuangan yang
dimilikinya hingga bisa sukses seperti saat ini. Berikut adalah konsep yang
dimiliki Chairul Tanjung.
1.
Disiplin dalam Memutar Uang
2.
Menjadikan Modal untuk Menciptakan Peluang
3.
Mengembangkan Modal dengan Partner Usaha
4.
Disiplin Mengatur & Mencatat Keuangan
Kesimpulan
Manajemen adalah suatu proses
forecasting (Peramalan), planning (perencanaan),Organizing (pengorganisasian),
staffing (penempatan),actuating (menggerakkan/melaksanakan),coordinating
(koordinasi),commanding atau directing,leading,motivating,reporting,dan controlling,yang
dilakukan oleh manajer kepada bawahannya. Sementara itu Bisnis atau perusahaan
adalah suatu badan hukum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan
pelanggan, dimana para wiraswasta ini memegang peran yang kritis untuk
mengembangkan bisnis baru karena mereka karena mereka menciptakan produk baru (
atau memperbaiki produk yang telah ada ) yang diperlukan oleh pelanggan. Bisnis
sangat erat hubungannya dengan mamajemen, karena manajemen merupakan penentu
apakah perusahaan itu bai atau jelek. Apabila dalam suatu perusahaan itu system
manajemennya baik maka perusahaan itu pun akan baik dan akan berkembang,akan
tetapi jika manajemen dalam suatu perusahaan itu kurang baik maka perusahaan
tersebut juga kurang baik perkembangan nya bahkan bisa-bisa perusahaan itu akan
mengalami kerugian.
Dari pengertian manajemen dan
pengeritan bisnis di atas dapat simpulkan bahwa manajemen bisnis adalah suatu
kegiatan mengatur penjualan produk-produk berupa barang atau jasa yang dapat
memberikan keuntungan sebesar-besarnya pada pelaku usaha/bisnis-nya.
Pentingnya manajemen bisnis dalam
usaha karena pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien
untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus
menggunakan prinsip manajemen. jika tidak memakai prinsip menajemen maka
perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau
beroperasi dengan baik.
Dapat disimpulkan bahwa manajemen
bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya
sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis
tersebut.
Daftar Pustaka
PT Mid Solusi Nusantara. “Mengenal Lebih Jauh tentang Manajemen dalam Bisnis: Definisi, Fungsi, dan Unsur”. March 1, 2018 . https://sleekr.co/blog/mengenal-manajemen-definisi-fungsi-dan-unsur/
Hafidzj. “Pengertian Manajemen Bisnis dan Strategi Terbaik untuk Bisnis Anda”. January 27, 2017. https://uangteman.com/blog/bisnis/strategi-manajemen-bisnis/
Weiss, Alan. “The Purpose of A Business”. January 30, 2013. http://www.contrarianconsulting.com/the-purpose-of-a-business/
Hidayat, Nurul. “Manajemen adalah Jantungnya Bisnis”.
May 11, 2017. http://masnurulhidayat.blogspot.co.id/p/makalah-manajemen-adalah-jantungnya.html
“Dasar
Manjemen dan Fungsi Manajemen Dalam Organisasi Bisnis”. Makalah Kewirausahaan
9. Universitas Mercu Buana. 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar