Pendahuluan
Perkembangan internet tidak
hanya untuk sarana informasi maupun entertainment, namun saat ini banyak digunakan
untuk transaksi secara online. Perkembangan ini didukung oleh industri hardware
(perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang tidak lepas dari semakin tingginya
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan internet.
Pemanfaatan internet dalam dunia bisnis lebih dikenal dengan istilah ‘electronic commerce’. Definisi electronic commerce (e-commerce) menurut Laudon & Laudon (2009) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan.
Pemanfaatan internet dalam dunia bisnis lebih dikenal dengan istilah ‘electronic commerce’. Definisi electronic commerce (e-commerce) menurut Laudon & Laudon (2009) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-commerce berguna dalam mengurangi biaya administrasi dan waktu siklus proses bisnis, dan meningkatkan hubungan dengan kedua mitra bisnis dan pelanggan.
Bisnis E-commerce
E-commerce didefinisikan
sebagai proses pembelian, penjualan, mentransfer atau bertukar produk, jasa
atau informasi melalui jaringan komputer melalui internet (Kozinets et al.,
2010).
Telah disebutkan, bahwa
teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pemasaran apapun dengan
bantuan internet. Oleh karena itu, dunia mengakui konsep baru aktivitas bisnis,
yaitu dengan cara online. Salah satu keuntungan dalam menggunakan sumber
internet untuk berhubungan dengan pelanggan adalah pengiriman data yang cepat
dan informasi antara orang yang terlibat (Kozinets et al., 2010).
Dalam banyak kasus, sebuah
perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk
saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat
waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan
infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga
kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian
yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi
barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus
seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian
khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas
untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan
perdagangan
Enam dimensi keberhasilan
sistem informasi menurut DeLone & McLean (2004) Yang dapat diterapkan juga
pada lingkungan e-commerce adalah sebagai berikut:
1. Kualitas Sistem dalam
lingkungan Internet. Dimana karakteristik sistem e-commerce dapat diukur sesuai
kegunaan, ketersediaan, kehandalan, kemampuan beradaptasi, dan waktu respon
(misalnya, waktu download dan proses data).
2. Kualitas Informasi dalam
menangkap isu konten e-commerce. Jaringan konten harus dipersonalisasi,
lengkap, relevan, mudah dimengerti, dan aman jika calon pembeli atau pemasok
memulai transaksi melalui internet.
3. Kualitas layanan. Dukungan
keseluruhan disampaikan oleh penyedia layanan, terlepas dari apakah dukungan
tersebut disampaikan oleh departemen sistem informasi atau unit organisasi baru
atau mungkin secara outsourcing ke penyedia layanan internet.
Contoh Kasus
Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan
daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia
memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola
toko daring.
Daftar Pustaka
Pradana, 2015. Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Universitas Telkom Bandung. Vol. 9. Dalam : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=433592&val=7695&title=KLASIFIKASI%20JENIS-JENIS%20BISNIS%20E-COMMERCE%20%20DI%20INDONESIA
(diunduh, 25 Maret 2018)
Wibowo, 2011. Peluang Bisnis. Bisnis Online Website E-Commerce. STMIK
AMIKOM YOGYAKARTA. Dalam : download.portalgaruda.org/article.php?article=90523&val=5001
(diunduh, 25 Maret 2018)
Suherman, 2010. Bisnis Internet (E-Commerce). STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Dalam : https://anzdoc.com/bisnis-internet-e-commerce.html
(diunduh, 25 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar