Kelompok: (@Startup-J04)
Alifia Ning Anggita, @J08-Alifia
Amanda Afrilla, @J09-Amanda
Sacharissa Alifah, @J18-Sacharissa
Resa Dara Yusita, @J30-Resa
ABSTRAK
Artikel
ini bertujuan untuk menambah wawasan secara empiris mengenai pentingnya
mengubah pola pikir sukses dan motivasi dalam berwirausaha.
Sumber
mengenai kisah inspiratif wirausahawan
muda Dea Valencia yang memulai karirnya dari nol
dengan penjualan batik hingga menjadi pengusaha batik yang sukses.
Kata
Kunci: pola pikir, motivasi berwirausaha,
wirausahawan.
PENDAHULUAN
Motivasi adalah dorongan dasar
yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Dorongan ini berada pada diri
seseorang yang menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan dorongan
dalam dirinya.
Oleh karena itu, perbuatan
seseorang yang didasarkan atas motivasi tertentu mangandung tema sesuai dengan
motivasi yang mendasarinya. Motivasi adalah kekuatan, baik dari dalam maupun
dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah
ditetapkan sebelumnya.
PEMBAHASAN
Mengubah Pola Pikir
Professor Carlo S. Dweck
(Professor of Psychology at Stanford University) menulis buku yang berjudul Mindset,
yang berarti pola pikir seseorang bahwa kita harus mengubah pola pikir kita
yang kaku, dan selalu mengatakan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu di
saat kita belum mencobanya salah satunya adalah membuka usaha. Berikut ini
adalah beberapa pola pikir orang sukses yang harus kita miliki yang dapat
menjadi tolak ukur untuk sukses:
Ø
Berani
gagal dan belajar dari ke gagalan tersebut
Ø
Focus
pada apa yang kita kerjakan
Ø
Konsisten
dan sabar dengan apa yang tengah kita jalani
Ø
Komitmen
dengan apa yang kita lakukan
Ø
Tidak
pernah menyerah dan terus menoba
Ø
Mau
bekerja keras untuk mencapai keinginanya
Ø
Selalu
berfikir positif
Definisi dan Teori Motivasi
Motivasi merupakan kondisi atau energi
yang menggerakkan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan
organisasi perusahaan. Sikap mental karyawan yang pro dan positif terhadap
situasi kerja itulah yang memperkuat motivasi kerjanya untuk mencapai kinerja
maksimal (Mangkunegara (2005,61).
Teori Motivasi:
1. Teori Drive Reinforcement
Merupakan
sifat ketergantungan manusia yang berkaitan dengan hubungan antara perilaku dan
kejadian yang mengikuti perilaku tersebut.
2. Teori Harapan
Menunjukkan
pengharapan berargumen bahwa kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak
dengan suatu cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu pengharapan.
3. Teori Tujuan
Menjelaskan
bahwa kita akan bergerak jika kita memiliki tujuan yang jelas dan pasti. Dari
teori ini muncul bahwa seseorang akan memiliki motivasi yang tinggi jika dia
memiliki tujuan yang jelas.
4. Teori Hierarki Kebutuhan
Maslow (Abraham H. Maslow)
Manusia
mempunyai lima hierarki kebutuhan, yaitu :
·
Kebutuhan
fisiologikal
·
Kebutuhan rasa aman
·
Kebutuhan akan kasih sayang
·
Kebutuhan akan harga diri
·
Aktualisasi
diri
Faktor Pengaruh dan Alasan
Berwirausaha
Faktor yang mendorong timbulya
kemauan seseorang untuk berwirausaha oleh Yuyun Wirasasmita (1994:8) yaitu:
Ø
Faktor ekonomi
Ø
Faktor
sosial
Ø
Faktor
pelayanan
Ø
Faktor
kebutuhan diri
Perilaku kewirausahaan menurut Kuncara (2008:1) yaitu:
Faktor internal, yaitu kecakapan pribadi yang menyangkut soal bagaimana kita
mengelola diri sendiri. 3 unsur penting kecakapan pribadi:
ØKesadaran diri
Ø Pengaturan diri
Ø Motivasi
Faktor eksternal, yaitu kecakapan sosial yang menyangkut soal bagaimana kita
menangani suatu hubungan. 2 unsur penting kecakapan sosial:
Ø Empati
Ø Keterampilan sosial
Kisah Inspiratif Wirausahawan
(Sumber: Google Images) |
Dea Valencia mengawali penjualan batik
dengan berjualan batik pada saat kuliah di semester 3. Dea sukses menjadi
pengusaha setelah mengikuti passion-nya. Cintanya kepada batik yang menuntunnya
mendirikan usaha batik. Misinya adalah membuat kalangan remaja gak menganggap
batik ketinggalan zaman. Karena itu, dia mendesain baju batik yang kekinian.
Dalam usahanya, ia mempekerjakan karyawan tunarungu. Untuk pemasaran, Dea menggunakan
teknologi Internet, termasuk Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.
Menurut Dea, awalnya dia suka
mengoleksi baju batik yang antik. Suatu saat dia memiliki ide
menjual baju batik dengan gaya yang khas. Menurut Finansialku salah satu ciri
khas produknya adalah corak batik yang dibawa kebaju-baju modern. Awalnya
penjualan melalui Facebook dan hanya 20 potong pakaian. Saat ini mencapai 600
potong per bulan. Dea sering kali menggunakan foto pribadinya untuk memasarkan
produknya di internet. Sabar dan disiplin adalah kunci kesuksesannya dalam
berwirausaha.
KESIMPULAN
Tak
dapat dipungkiri bahwa kewirausahaan memerlukan motivasi dan juga pola pikir
yang positive demi terciptanya keberhasilan berwirausaha. Keberhasilan dalam
berwirausaha tercipta dengan menanamkan keyakinan dalam diri pengusaha. Dengan
memiliki pikiran yang positif bahwa ia yakin dirinya mampu melakukannya maka ia
akan sukses. Dan juga faktor internal dan faktor eksternal merupakan
bagian dari keberhasilan seseorang dalam berwirausaha. Apabila faktor
internal dan eksternal itu bersifat sebaliknya, maka dapat menyebabkan
kegagalan.
DAFTAR PUSTAKA
Yuyun Wirasasmita,
1994. Kewirausahaan: Buku Pegangan. Jatinangor: UPT-Penerbitan
IKOPIN
Rahmat, 2012. Rahasia Pola Pikir Orang Sukses dan Kaya
https://www.motivasi-islami.com/rahasia-
pola-pikir- orang-sukses- dan-kaya/ (Di unduh 11 Maret 2018)
http://belajarbisnisinternet.com/7-mindset-
yang-perlu- anda-miliki- untuk-sukses- di-apapun/ (di unduh 11 Maret 2018)
Finansialku.com. https://www.finansialku.com/kisah-sukses-
dea-valencia- pemilik-batik- kultur/ (di unduh 11 Maret 2018)
Artikelnya membantu untuk pemulai bisnis menyadari pentingnya motivasi dan mind building!
BalasHapusMakasih... artikel nya bermanfaat
BalasHapusTrimakasi artikelnya sangat membatu!
BalasHapusterimakasih artikelnya sngat membantu
BalasHapusgreat content
BalasHapus